Road to UTBK 2022: Timeline Belajar Anak Kelas 12, Siap-Siap dari Sekarang!

Anggraeni Puspitasari Sep 2, 2021 • 7 min read


PK_-_Timeline_Belajar_untuk_kelas_12_Supaya_Target_Kamu_Tercapai-01

Road to UTBK 2022, timeline perjalanan menuju kampus impian, anak kelas 12 harus siap-siap dari sekarang!

--

Howdy, howdy! Anak kelas 12 mana, niccc? Nggak terasa udah bulan September, hitung mundur sisa tahun 2021 ini bersisa beberapa bulan saja! Sudah siap buat perjalanan menuju kampus impian? Walaupun tanggal ujian belum ketahuan kapan tepatnya, persiapan yang matang haruslah jadi bekal perjalanan kamu, nih. Cek timeline road to UTBK 2022 di bawah ini dulu biar kamu makin ngerti harus ngapain dan kapan ini, itu-nya

Timeline Anak Kelas 12 Biar Belajar Jadi Terarah

Cuy, UTBK masih lama nggak, sih? Lets just chill, shall we?”

Ya, betul. Masih beberapa bulan ke depan. Gini, lho. Fase jadi anak kelas 12 tuh akan ramai dengan segala ujian. Nggak percaya? Nih, contoh, Ujian Tengah Semester, Ujian Akhir Semester, belum nanti kalau ada Ujian Praktik dari beberapa mata pelajaran. Kalau kamu nggak mempersiapkan sebaik mungkin, khawatir kamu akan menyesal nantinya :(

“Andai, aku belajar lebih giat. Usahaku lebih maksimal..” Tiap kesempatan itu penting untuk dimanfaatkan, gengs. Don’t lose it, even for a bit. Pun, kalau kita bicara tentang hasilnya nanti akan seperti apa, itu sudah bukan kuasa kita. Enjoy the process, ya. Jangan terlalu membebani dirimu juga, lho.

Baca juga: Latihan Soal UTBK SBMPTN 2021: Penalaran Umum

 

(September - Oktober) Cari tau informasi jurusan dan kampus yang ingin kamu tuju

Di dua bulan ini, September dan Oktober, kamu bisa mencari tahu lebih dalam tentang jurusan dan kampus impian yang ingin dituju. Kenapa hal ini penting untuk dicari tahu sedini mungkin? Kalau kita lihat dari seleksi SNMPTN 2021 lalu, pendaftaran dibuka pada bulan Februari. Sedangkan, pengumumannya disampaikan pada bulan Maret. 

Dengan segala aktivitas belajar sehari-hari, cobalah menyelipkan waktu untuk menggali lagi kemampuan dan keinginan kamu yang sebenarnya.

“Aku mau belajar apa setelah lulus SMA?” 

“Apa yang ingin benar-benar ku kuasai?” 

“Selama ini aku ngerasa enjoy dengan pelajaran Akuntansi, nilaiku pun cukup oke. Mungkin jurusan Akuntansi bisa jadi salah satu pilihan yang perlu ku pertimbangkan?”

“Nilai Kimia ku lebih tinggi dibanding dengan mata pelajaran yang lain..”

Cobalah untuk lebih sering ngobrol sama diri sendiri, mau kamu apa dan gimana. Bisa juga lho bertukar pikiran dengan orang tua mengenai minat belajarmu. Tanya-tanya mengenai jurusan yang mau kamu tuju ke kakak, kakak tingkat, atau siapa pun yang kamu percaya, mengenai gimana, sih, rasanya jadi anak kuliah di jurusan tersebut.

(November - Desember) Mulai cicil materi dan latihan soal UTBK

Kaaan. Satu semester hampir selesai! Sambil mempersiapkan untuk Ujian Akhir Semester, kamu juga boleh banget buat nyicil materi latihan soal untuk UTBK tahun depan. Walau memang bisa jadi rezekimu dari jalur SNMPTN, percaya saja nggak ada waktu yang terbuang sia-sia kalau dipakai untuk belajar.

Menengok ke dua bulan belakang, September dan Oktober, semoga di bulan ini kamu sudah lebih yakin dengan pilihan jurusan yang mau dituju, ya! Dengan begitu, kamu akan lebih fokus belajar dan memperkuat kemampuanmu. Nggak kalah penting, jangan takut untuk mencoba ikut try out. Kalau sudah belajar dengan maksimal, saatnya kamu tahu sampai mana pemahaman kamu terhadap materi yang sudah dipelajari.

(Januari - Februari) UTBK semakin dekat, latihan soal dan tryout harus lebih giat

“Libur telah tiba! Hore! Hore! Hore!” (In case kamu gatau, ini lirik lagu Libur Telah Tiba punya Tasya, ya. Iya, aq tahu lagunya jadul..

Rehat sejenak, tarik napas, rebahan dulu, makan enak, main sama anabul kesayanganmu, do whatever makes you happy. Kalau kamu sudah ngerasa recharged dan siap bertarung lagi, nah hajar terus soal-soal untuk persiapan UTBK SBMPTN. Jangan lupa, di bulan Februari kamu perlu menyiapkan persyaratan untuk pendaftaran SNMPTN.

portofolio snmptnPortofolio sebagai persyaratan SNMPTN untuk jurusan tertentu.
(Sumber: unplash.com @sweetpagesco)

Kalau kamu mendaftar ke jurusan yang membutuhkan portofolio khusus, seperti di jurusan Seni Rupa, Desain, Olahraga, Musik, Teater, jangan lupa dipersiapkan secara matang. Cek lagi tiap persyaratan SNMPTN yang diminta. Minta doa dan restu orang tua nggak kalah penting, guys.

(Maret - April) Review materi dan evaluasi kelemahanmu

UTBK SBMPTN 2021 diumumkan di bulan Maret. Kemungkinan, tahun 2022 juga tidak jauh berbeda dari jadwal tahun ini. Apapun hasilnya, ingat bahwa itulah yang terbaik untuk kamu di saat itu. Pun ketika hasil belum sesuai harapan, kamu masih ada kesempatan berjuang lagi di UTBK dan Ujian Mandiri.

UTBK SBMPTNPelaksanaan UTBK 2020 (Sumber: pikiran-rakyat.com)

UTBK SBMPTN 2021 diadakan di sekitar bulan April. Wajib banget buat kamu untuk terus melatih kemampuan pemahaman materi. Coba lihat lagi ke belakang, materi apa yang perlu kamu tingkatkan, di mana nilai yang masih kurang dan di mana kelebihanmu. Selalu ada kesempatan bagi orang-orang yang tidak putus asa, gengs.

Aturan UTBK SBMPTN 2021 lalu, kamu bisa memilih dua jurusan untuk prodi Saintek atau Soshum. Nah, kalau kamu berniat untuk mengambil dua prodi dari Saintek dan Soshum secara bersamaan, berarti kamu akan mengikuti seleksi UTBK prodi Campuran. Konsekuensinya kamu harus mengerjakan tes TPS, TKA Saintek dan TKA Soshum.

(Mei) Sambil menunggu pengumuman UTBK, kamu bisa manfaatkan untuk ikut ujian mandiri

Pengumuman UTBK SBMPTN 2021 dilaksanakan pada bulan Juni. Meski begitu, di tengah-tengah penantianmu ini, masih ada kesempatan yang perlu kamu manfaatkan, yaitu ikut Ujian Mandiri. Tiap perguruan tinggi memiliki tanggal pelaksanaan Ujian Mandiri masing-masing. Jadi, cek terus informasi tersebut secara berkala, ya. 

ujian masuk UGMUGM mempertimbangkan nilai UTBK dan CBT-UM UGM sebagai penilaian seleksi masuk mahasiswa. (Sumber: um.ugm.ac.id)

Hasil dari UTBK ini juga dapat kamu gunakan untuk mengikuti Ujian Mandiri. Sebagai contoh, pada 2021 setidaknya ada enam perguruan tinggi yang menggunakan nilai UTBK sebagai syarat pendaftaran: Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Sebelas Maret, Institut Teknologi Bandung, dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Meski begitu, ada juga persyaratan lain, seperti ujian yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi terkait sebagai pertimbangan nilai seleksi.

Wah! Jelas, perjalanan menuju jurusan dan kampus impian kamu akan terasa panjang. Jangan kaget kalau di tengah perjalanan kamu tersandung atau bahkan jatuh. Nikmati prosesnya, ingat tujuanmu. Kalau kata Mba Via Valen, “Terus fokus, satu titik, hanya itu, titik itu.” Yuk, bisa, yuk. Jangan lupa belajarnya bareng ruangbelajar, ya!

New Call-to-action

Referensi:

Rekomendasi to Do List Pejuang PTN 2022 Check! MasukKampus. https://www.instagram.com/p/CSI5yhYnDGf/?utm_medium=copy_link (Diakses 31 Agustus 2021)

Debora, Yantina. Kebijakan Baru SNMPTN 2021 dan Bedanya dengan SNMPTN 2020. Tirto [daring]. Tautan: https://tirto.id/kebijakan-baru-snmptn-2021-dan-bedanya-dengan-snmptn-2020-f8Pb (Diakses 2 September 2021)

Pengumuman SBMPTN. LTMPT [daring]. Tautan: https://ltmpt.ac.id/?mid=8 (Diakses 2 September 2021)

​​Arnani, Mela. Simak, Ini 6 PTN yang Buka Jalur Seleksi Mandiri dengan Nilai UTBK. Kompas [daring]. Tautan: https://www.kompas.com/tren/read/2021/06/15/093000565/simak-ini-6-ptn-yang-buka-jalur-seleksi-mandiri-dengan-nilai-utbk?page=all (Diakses 2 September 2021)

Sumber foto:

Fadila, Rani Ummi. Dari ITB Hingga Unpad, Begini Teknis Pelaksanaan UTBK 2020 dengan Penerapan Protokol Kesehatan. 2020. Pikiran Rakyat [daring]. Tautan: https://www.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-01585905/dari-itb-hingga-unpad-begini-teknis-pelaksanaan-utbk-2020-dengan-penerapan-protokol-kesehatan

Profile

Anggraeni Puspitasari

Beri Komentar