Jadwal Belajar UTBK-SNBT 2024: Anak Kelas 12 Kudu Catet!

Pojok Kampus - Timeline Belajar kelas 12 menuju SNBT

Road to UTBK-SNBT 2024, berikut jadwal belajar anak kelas 12 yang bisa kamu coba untuk mempersiapkan diri menuju kampus impian!

 

Cuy, SNBT masih lama nggak, sih? Lets just chill, shall we?”

Yes, betul. Masih beberapa bulan ke depan. Tapi gini, lho, fase jadi anak kelas 12 tuh akan ramai dengan segala ujian. Nggak percaya? Nih, contoh, Ujian Tengah Semester, Ujian Akhir Semester, belum nanti kalau ada Ujian Praktik dari beberapa mata pelajaran. Kalau kamu nggak mempersiapkan sebaik mungkin, khawatir kamu akan menyesal nantinya. 🙁

Sekarang aja udah masuk bulan November. Ayo kita hitung mundur tahun 2023 ini bersisa berapa hari lagi? Apa kamu sudah siap buat perjalanan menuju kampus impian?

Jangan sampai persiapan kamu kurang karena terlalu menganggap enteng waktu, ya. Tiap kesempatan itu penting untuk dimanfaatkan, gengs. Don’t lose it, even for a bit. Pun, kalau kita bicara tentang hasilnya nanti akan seperti apa, itu sudah bukan kuasa kita. Enjoy the process, ya. Jangan terlalu membebani dirimu juga, lho!

So, walaupun tanggal ujian belum ketahuan kapan tepatnya, persiapan yang matang haruslah jadi bekal perjalanan kamu, nih. Cek jadwal belajar anak kelas 12 untuk mempersiapkan diri menuju UTBK-SNBT 2024 yuk, biar kamu makin ngerti harus ngapain dan kapan ini, itu-nya.

Baca Juga: Contoh Soal Tes Skolastik 2023 dan Pembahasannya

 

(September – Oktober) Cari tau informasi jurusan dan kampus yang ingin kamu tuju

Di bulan September dan Oktober, kamu bisa mencari tahu lebih dalam tentang jurusan dan kampus impian yang ingin dituju. Kenapa hal ini penting untuk dicari tahu sedini mungkin? Kalau kita lihat dari seleksi SNMPTN 2022 lalu, pendaftaran dibuka pada bulan Februari. Sedangkan, pengumumannya disampaikan pada bulan Maret.

Dengan segala aktivitas belajar sehari-hari, cobalah menyelipkan waktu untuk menggali lagi kemampuan dan keinginan kamu yang sebenarnya.

“Aku mau belajar apa setelah lulus SMA?”

“Apa yang ingin benar-benar ku kuasai?”

“Selama ini aku ngerasa enjoy dengan pelajaran Akuntansi, nilaiku pun cukup oke. Mungkin jurusan Akuntansi bisa jadi salah satu pilihan yang perlu ku pertimbangkan?”

“Nilai Kimia ku lebih tinggi dibanding dengan mata pelajaran yang lain..”

Cobalah untuk lebih sering ngobrol sama diri sendiri, mau kamu apa dan gimana. Bisa juga lho bertukar pikiran dengan orang tua mengenai minat belajarmu. Tanya-tanya mengenai jurusan yang mau kamu tuju ke kakak, kakak tingkat, atau siapa pun yang kamu percaya, mengenai gimana, sih, rasanya jadi anak kuliah di jurusan tersebut.

Timeline Belajar kelas 12 menuju SNBT

 

(November – Desember) Mulai cicil materi dan latihan soal SNBT

Kaaan. Satu semester hampir selesai! Sambil mempersiapkan untuk Ujian Akhir Semester, kamu juga boleh banget buat nyicil materi latihan soal untuk SNBT tahun depan. Walau memang bisa jadi rezekimu dari jalur SNBP, percaya saja nggak ada waktu yang terbuang sia-sia kalau dipakai untuk belajar.

Menengok ke dua bulan belakang, September dan Oktober, semoga di bulan ini kamu sudah lebih yakin dengan pilihan jurusan yang mau dituju, ya! Dengan begitu, kamu akan lebih fokus belajar dan memperkuat kemampuanmu.

Nggak kalah penting, jangan takut untuk mencoba ikut try out. Kalau sudah belajar dengan maksimal, saatnya kamu tahu sampai mana pemahaman kamu terhadap materi yang sudah dipelajari.

Baca Juga: Tryout UTBK-SNBT Series 2024 Ruangguru, Yuk Ikutan!

 

(Januari – Februari) UTBK semakin dekat, latihan soal dan tryout harus lebih giat

“Libur telah tiba! Hore! Hore! Hore!” (In case kamu gatau, ini lirik lagu Libur Telah Tiba punya Tasya, ya. Iya, aq tahu lagunya jadul..)

Rehat sejenak, tarik napas, rebahan dulu, makan enak, main sama anabul kesayanganmu, do whatever makes you happy. Kalau kamu sudah ngerasa recharged dan siap bertarung lagi, nah hajar terus soal-soal untuk persiapan UTBK-SNBT 2024. Jangan lupa, di bulan Februari kamu perlu menyiapkan persyaratan untuk pendaftaran SNBP.

portofolio snmptn

Portofolio sebagai persyaratan SNMPTN untuk jurusan tertentu. (Sumber: unplash.com @sweetpagesco)

 

Kalau kamu mendaftar ke jurusan yang membutuhkan portofolio khusus, seperti di jurusan Seni Rupa, Desain, Olahraga, Musik, Teater, jangan lupa dipersiapkan secara matang. Cek lagi tiap persyaratan SNBP yang diminta. Minta doa dan restu orang tua nggak kalah penting, guys.

Baca Juga: Portofolio SNBP & UTBK-SNBT 2023: Jenis, Format & Cara Upload

 

(Maret – April) Review materi dan evaluasi kelemahanmu

SNBP 2023 diumumkan di bulan Maret. Kemungkinan, tahun 2024 juga tidak jauh berbeda dari jadwal tahun ini. Apapun hasilnya, ingat bahwa itulah yang terbaik untuk kamu di saat itu. Pun ketika hasil belum sesuai harapan, kamu masih ada kesempatan berjuang lagi di SNBT dan Seleksi Mandiri.

Jadwal UTBK-SNBT 2024 diadakan di sekitar bulan Mei. Wajib banget buat kamu untuk terus melatih kemampuan pemahaman materi. Coba lihat lagi ke belakang, materi apa yang perlu kamu tingkatkan, di mana nilai yang masih kurang dan di mana kelebihanmu. Selalu ada kesempatan bagi orang-orang yang tidak putus asa, gengs.

Aturan UTBK-SNBT 2023 lalu, kamu bisa memilih dua jurusan untuk prodi Saintek atau Soshum. Nah, kalau kamu berniat untuk mengambil dua prodi dari Saintek dan Soshum secara bersamaan, berarti kamu akan mengikuti seleksi UTBK prodi Campuran.

 

(Mei) Sambil menunggu pengumuman SNBT, kamu bisa manfaatkan untuk ikut Seleksi Mandiri

Pengumuman UTBK-SNBT 2024 diperkirakan juga dilaksanakan pada bulan Juni. Meski begitu, di tengah-tengah penantianmu ini, masih ada kesempatan yang perlu kamu manfaatkan, yaitu ikut Seleksi Mandiri. Tiap perguruan tinggi memiliki tanggal pelaksanaan Ujian Mandiri masing-masing. Jadi, cek terus informasi tersebut secara berkala, ya.

Hasil dari SNBT nanti juga dapat kamu gunakan untuk mengikuti Seleksi Mandiri. Sebagai contoh, pada 2023 setidaknya ada empat perguruan tinggi yang menggunakan nilai UTBK sebagai syarat pendaftaran. Di antaranya, Institut Teknologi Bandung, Universitas Padjadjaran (Unpad), IPB University, dan Universitas Airlangga (Unair). Meski begitu, ada juga persyaratan lain, seperti ujian yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi terkait sebagai pertimbangan nilai seleksi.

Okeh, itulah gambaran mengenai jadwal belajar UTBK-SNBT yang bisa kamu persiapkan dari sekarang, terutama bagi kamu siswa kelas 12. Wah! Jelas, perjalanan menuju jurusan dan kampus impian kamu akan terasa panjang.

Jangan kaget kalau di tengah perjalanan kamu tersandung atau bahkan jatuh. Nikmati prosesnya, ingat tujuanmu. Kalau kata Mba Via Valen, “Terus fokus, satu titik, hanya itu, titik itu.” Yuk, bisa, yuk. Jangan lupa belajarnya bareng ruangbelajar, ya!

Nah, kalau kamu masih belum yakin dengan pilihan program studi yang mau diambil di SNBP nanti, kamu bisa cari tahu berapa persen peluang masuk PTN dengan Rasionalisasi SNBP Ruangguru. Klik banner di bawah ini untuk informasi lebih lanjut!

Rasionalisasi Ruangguru

Referensi:

Rekomendasi to Do List Pejuang PTN 2022 Check! MasukKampus. https://www.instagram.com/p/CSI5yhYnDGf/?utm_medium=copy_link (Diakses 31 Agustus 2021)

Debora, Yantina. Kebijakan Baru SNMPTN 2021 dan Bedanya dengan SNMPTN 2020. Tirto [daring]. Tautan: https://tirto.id/kebijakan-baru-snmptn-2021-dan-bedanya-dengan-snmptn-2020-f8Pb (Diakses 2 September 2021)

Pengumuman SBMPTN. LTMPT [daring]. Tautan: https://ltmpt.ac.id/?mid=8 (Diakses 2 September 2021)

​​Arnani, Mela. Simak, Ini 6 PTN yang Buka Jalur Seleksi Mandiri dengan Nilai UTBK. Kompas [daring]. Tautan: https://www.kompas.com/tren/read/2021/06/15/093000565/simak-ini-6-ptn-yang-buka-jalur-seleksi-mandiri-dengan-nilai-utbk?page=all (Diakses 2 September 2021)

Sumber foto:

Fadila, Rani Ummi. Dari ITB Hingga Unpad, Begini Teknis Pelaksanaan UTBK 2020 dengan Penerapan Protokol Kesehatan. 2020. Pikiran Rakyat [daring]. Tautan: https://www.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-01585905/dari-itb-hingga-unpad-begini-teknis-pelaksanaan-utbk-2020-dengan-penerapan-protokol-kesehatan

Anggraeni Puspitasari