Konsentrasi Buyar saat Puasa? Ikuti 10 Tips Ini agar Tetap Fokus dan Produktif

Header - Fakta Seru - Tips Agar Fokus saat Puasa

Saat berpuasa, tubuh sering merasa lemas dan sulit berkonsentrasi. Lalu, bagaimana cara mengatasinya, ya? Simak tips agar tetap fokus dan produktif selama puasa di artikel ini, yuk!

Jika kamu mencari cara agar tetap fokus belajar atau bekerja saat puasa, artikel ini bisa jadi solusi. Tidak bisa kita pungkiri ya, kalau puasa membuat tubuh menjadi lemas dan sulit berkonsentrasi. Karena kita tidak mendapat asupan energi selama berjam-jam setelah sahur.

Namun, hal tersebut tentu tidak boleh menjadi alasan untuk tidak efektif dalam beraktifitas. Apalagi bagi kamu yang sedang menjalani persiapan UTBK-SNBT yang tinggal beberapa bulan lagi. Ibadah puasa dan rutinitas belajar harus sama berkualitasnya. Nah, lalu, bagaimana ya cara agar semangat puasa, serta tetap fokus dan produktif menjalani aktivitas sehari-hari di bulan Ramadan? Yuk, ikuti tips-tips berikut ini!

 

1. Perbanyak konsumsi sayur dan buah

tips agar tetap fokus saat puasa - konsumsi sayur dan buah

Mengkonsumsi sayur dan buah dapat membantu agar tetap fokus saat puasa. (Sumber: mirror.co.uk)

Saat sedang berpuasa, tentu kita harus menjaga kesehatan tubuh dengan baik agar dapat lancar beraktivitas. Kamu bisa memulainya dengan mengonsumsi makanan dan minuman sehat, serta menjaga berat badan yang ideal. Untuk menjaga agar konsentrasi tetap optimal saat puasa, kamu bisa makan makanan dengan nutrisi yang seimbang pada waktu sahur dan berbuka.

Nah, pastikan kamu mengonsumsi jenis makanan yang kaya akan vitamin B, C, E, dan magnesium seperti jeruk, wortel, bayam, atau sayuran hijau lainnya. Makanan ini merupakan pendukung konsentrasi yang baik, serta meningkatkan kekebalan tubuh untuk mendukung aktivitas seharian.

Baca Juga: Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh saat Berpuasa

 

2. Minum air putih yang cukup

Selain menjaga asupan nutrisi saat sahur dan berbuka, minum air putih yang cukup juga bisa membuat tubuh terhindar dari dehidrasi karena harus menahan haus seharian. Kamu tahu tidak, dehidrasi dapat menimbulkan banyak efek negatif bagi tubuh. Di antaranya, menyebabkan kulit terasa kering, mengganggu metabolisme tubuh, pusing, hingga sulit fokus.

Air diperlukan untuk mengedarkan darah ke seluruh tubuh, termasuk otak agar kita dapat berkonsentrasi dengan baik. Oleh sebab itu, saat sahur dan berbuka, jangan banyak minum-minuman yang manis saja. Kamu juga perlu minum air putih, ya!

 

3. Tidur yang cukup dan jangan begadang

tips agar tetap fokus saat puasa - istirahat cukup

Tidur yang cukup saat puasa dapat meningkatkan konsentrasi. (Sumber: healthmagazine.ae)

Tidur yang cukup bisa menjadi cara agar fokus saat puasa berikutnya. Kurang tidur sangat berpengaruh pada kemampuan konsentrasi. Kurang tidur juga dapat mengganggu proses penyimpanan informasi, sehingga kamu menjadi lebih sulit mengingat atau mempelajari hal baru. Wah, tentu hal ini akan sangat menghambat proses belajarmu, ya?

Tidur berperan dalam proses kognitif, yaitu proses belajar dan berpikir. Oleh sebab itu, pastikan agar tidur malam kamu cukup, yaitu sekitar 7-8 jam. Karena kamu harus bangun sahur, maka sebaiknya tidur lebih awal dibandingkan hari biasanya. Sekadar tips, kamu bisa membuat jadwal tidur dan bangun yang disesuaikan dengan bulan Ramadan, atau menggunakan alarm untuk mengingatkan waktu tidur dan bangun.

Baca Juga: Teknik Pernapasan 4-7-8 untuk Mengatasi Susah Tidur

 

4. Jangan tinggalkan sahur

Hayo, siapa di anatara kamu yang masih malas-malasan bangun sahur? Sahur itu penting ya, apalagi ketika kita ingin menjalankan ibadah puasa. Saat sahur, kita bisa makan dan minum yang cukup agar tubuh memiliki asupan energi untuk menjalani aktivitas seharian. Energi ini yang membantu menjaga tubuh tetap fokus dan bisa berkonsentrasi dengan baik, loh!

Jangan-jangan, selama ini kamu lemas karena tidak sahur, atau tidak cukup makan dan minum saat sahur ya? Ayo, tidurnya tidak boleh kemalaman ya, supaya saat waktu sahur tiba, kamu tidak mengantuk.

 

5. Membuat agenda kegiatan

tips agar produktif saat puasa - membuat agenda

Membuat agenda harian dapat meningkatkan fokus dan produktif. (Sumber: pcmag.com)

Tips berikut bisa membuat kamu produktif saat berpuasa, loh! Membuat daftar kegiatan yang akan kamu selesaikan atau kerjakan seharian juga termasuk cara yang efektif untuk menjaga pikiran kamu tetap fokus. Jadi, kamu sudah tahu akan melakukan apa sebelum memulai hari, sehingga dapat meminimalisir kegiatan lain yang kurang efektif. Selain itu, daftar kegiatan yang kamu buat tersebut dapat menjadi alasan yang tepat untuk tetap produktif selama menjalankan ibadah puasa.

 

6. Menjaga area kerja tetap rapi

Area kerja yang rapi bisa membantu kamu agar semangat belajar atau bekerja, loh! Kamu juga bisa lebih fokus dalam mengerjakan sesuatu. Jika kamar atau meja kerjamu sangat berantakan, yuk bereskan saat ini juga! Pastikan benda-benda tersimpan rapi pada tempatnya. Buanglah sampah dan kotoran. Beri pengharum ruangan agar tubuh lebih rilex dan konsentrasi pun meningkat.

Nah, saat belajar atau bekerja, usahakan juga untuk menjauhkan segala distraksi yang dapat mengganggu fokusmu, ya. Misalnya saja, menghidupkan mode ‘do not disturb‘ pada HP mu. Cara ini cukup efektif loh untuk membantu menjaga konsentrasi saat mengerjakan sesuatu.

 

7. Menyisihkan waktu untuk beristirahat sejenak

tips agar tetap semangat berpuasa - istirahat

Istirahat di sela aktivitas bisa mengembalikan semangat, loh! (Sumber: khoobsurati.com)

Tetap fokus dalam beraktivitas bukan berarti kamu harus terus terpaku untuk belajar atau melakukan kegiatan tanpa beristirahat. Sebaiknya, kamu bisa menyisihkan waktu kurang lebih selama 15 menit disela-sela kegiatan untuk mengembalikan tenaga dan semangat. Saat beristirahat, kamu bisa melakukan beberapa kegiatan lain, seperti mendengarkan lagu, membaca buku, melakukan peregangan ringan, atau keluar ruangan untuk menghirup udara segar.

Baca Juga: Tips agar Semangat Belajar saat Puasa

 

8. Konsumsi multivitamin

Untuk menjaga nutrisi tubuh saat berpuasa, mengonsumsi multivitamin juga bisa jadi solusi. Konsumsi multivitamin saat sahur dan berbuka membantu memelihara stamina tubuh dan konsentrasi. Selain itu, multivitamin juga dapat menjaga daya tahan tubuh. Kamu bisa mencari multivitamin dengan kandungan cukup untuk meningkatkan fungsi syaraf, daya tangkap, dan konsentrasi. 

 

9. Tidak mengonsumsi kafein

Selama berpuasa, kita perlu memperhatikan nutrisi makanan dan minuman, ya. Saat berbuka, jangan kalap! Biasanya, tanpa sadar, kita makan dan minum sembarangan, lebih dari porsi biasanya. Akibatnya, tubuh jadi kaget, kekenyangan, ngantuk, dan malas beribadah di malam harinya.

Nah, salah satu kandungan yang perlu kita hindari saat berpuasa adalah kafein. Kafein biasanya lebih banyak terdapat pada kopi, ya. Jika kamu terbiasa mengonsumsi kafein, yuk kurangi dulu selama 1 bulan ini. Kenapa? Ternyata, kafein bersifat deuretik yang menyebabkan produksi urine meningkat. Akibatnya, kita jadi sering buang air kecil dan berpotensi mengalami dehidrasi. Kalau sudah dehidrasi, fokus kamu juga akan terganggu.

 

10. Melakukan olahraga ringan

tips agar tetap fokus saat puasa - Olahraga

Olahraga dapat membuat tubuh tetap bugar saat puasa. (Sumber: worldofbuzz.com)

Selain menerapkan pola makan sehat dan tidur yang teratur, kamu juga harus menyeimbanginya dengan berolahraga untuk menjaga kebugaran tubuh. Menurut sebuah penelitian dari Universitas Illinois, olahraga dapat meningkatkan fungsi kognitif otak yang berkaitan dengan fokus dan perhatian. Eits, jangan takut batal ya jika berolahraga saat puasa. Kamu bisa melakukan olahraga ringan 15-30 menit setelah sahur, menjelang berbuka puasa, atau setelah berbuka.

Itulah beberapa tips agar fokus dan produktif saat puasa. Intinya, jangan sampai puasa mengganggu aktivitasmu sehari-hari, ya. Kamu tetap bisa produktif kok, walaupun sedang menahan lapar dan haus. Jika belajar dengan cara membaca buku membuat kamu jenuh selama berpuasa, kamu bisa mencari alternatif belajar lain dengan cara menonton video beranimasi di ruangbelajar. Selamat menunaikan ibadah puasa untuk kamu yang menjalankannya!

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Referensi:

Ismi T. 2023. 10 Cara Ampuh Tetap Fokus dan Produktif Bekerja saat Puasa [Daring]. Tautan: https://glints.com/id/lowongan/cara-tetap-fokus-saat-puasa/#.ZCuWcXZBzrc (Diakses pada 4 April 2023)

Sofuroh F. 2021. Sulit Fokus saat Puasa? Ikuti 5 Tips Ini agar Tetap Fokus dan Produktif [Daring]. Tautan: https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5549316/sulit-fokus-saat-puasa-ikuti-5-tips-ini-agar-tetap-fokus–produktif (Diakses pada 4 April 2023) 

Sumber Gambar:

Foto ‘Full Focus at a Coffee Shop’ oleh Tim Gouw [Daring]. Tautan: https://unsplash.com/photos/1K9T5YiZ2WU (Diakses pada 4 April 2023)

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D