Tips Berkomunikasi Secara Efektif dalam Mengajar

Ruangguru Feb 26, 2021 • 3 min read


SG_-_NGUPAS_Vol-01

Artikel ini adalah rangkuman acara NGUPAS (Ngumpul Asyik) Vol. 8 dari tim ruangpengajar pada tanggal 29 Januari 2021 melalui live streaming di Zoom dengan pembicara Yosef Infan Chandra, Senior Master Teacher Pedagogy (Leadership) di Ruangguru.

---

Komunikasi efektif dalam mengajar merupakan proses transformasi pesan dari pengajar kepada murid, di mana murid mampu memahami maksud pesan sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan, pengajar adalah pihak yang paling bertanggung jawab terhadap berlangsungnya komunikasi yang efektif dalam pembelajaran.

Dalam komunikasi pendidikan, seorang pengajar harus mempunyai komunikasi pribadi yang baik. Hal ini dikarenakan berpengaruh dalam menciptakan hubungan yang harmonis antara pengajar dan muridnya. Seorang pengajar juga harus mempunyai peranan yang penting untuk bisa mengendalikan kondisi kelas yang sehat karena merupakan tolak ukur keberhasilan. 

Dengan menguasai dan mengembangkan beberapa strategi serta teknik berkomunikasi, secara otomatis akan meningkatkan kemampuan untuk berhubungan dengan orang lain. Seorang pengajar bisa menciptakan dan mengembangkan komunikasi yang efektif melalui materi pembelajaran yang bisa diterima dan mudah dipahami oleh murid.

Berikut tips berkomunikasi secara efektif yang bisa diterapkan dalam proses mengajar.

1. Percaya Diri

percaya diri dalam komunikasi - INF 1

 

2. Keramahan

keramahan dalam komunikasi - INF 2

 

3. Focus, Simple, Clear

focus simple clear dalam komunikasi - INF 3

 

4. Empati

empati dalam komunikasi efektif - inf 4

 

5. Pilih Media Ajar yang Tepat

memilih media yang tepat dalam komunikasi - INF 5

Dari kelima tips tersebut, aspek mana saja yang sudah Anda terapkan dalam mengajar? Jika belum, kini saatnya Anda terapkan beberapa tips tersebut guna mengefektifkan komunikasi dalam kegiatan belajar mengajar. Tentunya, dari beberapa tips tersebut masih bisa Anda kembangkan sesuai kebutuhan Anda dan murid yang Anda ajar.

Baca juga: Tips Merencanakan Keuangan Secara Syariah - NGUPAS Vol. 7

Semoga pembahasan kali ini cukup membantu Anda para pengajar dalam memahami komunikasi efektif dalam mengajar. Ruangguru mengajak Anda untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari mengajar hingga jutaan rupiah. Daftarkan diri Anda sekarang dan ajak rekan Anda di ruangpengajar!

ruangpengajar

Profile

Ruangguru

Beri Komentar