Tips Menahan Diri Biar Nggak Copy Paste

Kenya Swawikanti Jan 11, 2021 • 7 min read


tips biar nggak copas

Artikel ini membahas tentang tips-tips menahan diri biar nggak copy paste. Penasaran? Baca sampai selesai, ya!

--

Kamu pernah nggak sih, kalau lagi bingung atau udah kehabisan ide, terus larinya ke copas alias copy paste? Misalnya nih, lagi bingung ngerjain tugas, akhirnya copy paste jawaban temen. Lagi pusing mikirin ide karya, akhirnya copy paste karya orang lain. Nah, kalau pernah, coba deh hitung, kira-kira berapa kali kamu melakukan copy paste dalam satu karya? Satu-dua kali? Atau malah berkali-kali? Waduh, gawat tuh!

Copy paste mungkin sudah menjadi kebiasaan yang lumrah di masyarakat karena selain mudah untuk dilakukan, copy paste juga membuat pekerjaan menjadi lebih cepat selesai. Iya sih, copy paste memang mudah dan cepat, tapi terlalu banyak melakukan copy paste bisa membuat kualitas pekerjaan kita jadi meragukan, lho! Selain itu, karya yang kita buat juga bisa dianggap sebagai plagiat. Hayoloh, kamu mau dicap sebagai tukang plagiat?

“Aduh, nggak mau ah, dibilang tukang plagiat! Bisa-bisa nanti dapet sanksi!”

Nah, kalau kamu nggak mau dapet sanksi akibat melakukan plagiat, kamu bisa memulai dari sekarang untuk menahan diri biar nggak copy paste. Mau tau gimana caranya? Simak tips berikut, ya!

 

1. Percaya Diri

 

anak percaya diri

Anak Percaya Diri (Sumber: livingly.com)

Biasakan diri kamu menjadi pribadi yang percaya diri dengan karyamu sendiri. Salah satu cara paling ampuh buat menunjang rasa percaya dirimu adalah dengan memperbanyak riset dan membaca berbagai referensi yang bisa menjadi landasan dari karya kamu. Dengan memperbanyak riset, pengetahuanmu tentang tema yang kamu angkat menjadi karya akan semakin bertambah dan kamu bisa semakin percaya diri dengan kualitas karya kamu.

 

2. Boleh Mengutip, Tapi...

 

kutipan

Kutipan (Sumber: rawpixel.com)

Setelah memperbanyak riset, biasanya kamu akan menemukan beberapa kata atau kalimat yang ingin kamu kutip dan masukkan ke dalam karya kamu. Mengutip sih boleh-boleh aja, tapi ingat! Setiap kali kamu mengutip dari referensi, lakukan parafrase dan cantumkan sumber referensi yang kamu gunakan, ya. Jangan asal copy paste! Dengan begitu, berarti kamu turut menghargai jasa para penulis yang kamu kutip kata-kata atau kalimatnya ke dalam karya kamu dan kamu nggak akan dicap sebagai tukang plagiat.

Baca juga: Copy Paste Jawaban Ujian? Emangnya Masih Zaman? #STOPCOPYPASTE

 

3. Karya Orang Lain Bukan Patokan yang Harus Kamu Tiru Persis

 

dua gambar mirip

Dua Gambar yang Mirip (Sumber: supercoloring.com)

Terkadang, kamu akan menemukan karya orang lain yang temanya mirip-mirip dengan karya kamu. Eits, tapi jangan gunakan karya mereka sebagai patokan, ya! Kamu tidak perlu meniru persis apa yang mereka cantumkan dalam karya mereka. Cukup jadikan karya mereka sebagai referensi, kemudian tentukan sendiri poin-poin yang mau kamu cantumkan dalam karya kamu. Kamu juga bisa mengkombinasikan poin-poin yang kamu dapat dari berbagai macam referensi agar karya kamu jadi lebih kaya. Kemudian, buatlah karya kamu dengan gaya kamu sendiri.

 

4. Minta Pendapat Orang Lain yang Lebih Berpengalaman

 

meminta pendapat

Meminta Pendapat Orang Lain (Sumber: freepik.es)

Kalau udah mentok nggak ada ide, biasanya tangan kita suka gatel buat langsung copy paste aja biar kerjaan jadi cepet kelar. Iya atau iya, hayoo? Nah, daripada copy paste ide orang lain, lebih baik kamu minta pendapat kepada orang yang lebih berpengalaman.

“Aduh malu ah, mau minta pendapat ke yang lebih berpengalaman, nanti malah dikritik, lagi.”

Nope. Nope. Nope.

Kawan, jangan pernah ragu untuk meminta pendapat orang lain yang lebih berpengalaman, ya! Pendapat mereka bisa menjadi masukan bagi kamu untuk memperbaiki dan membuat karya kamu jadi makin baik lagi. Jangan malu dan jangan takut dikritik! Kritik dan saran dari mereka sangat berguna bagi kamu agar tidak melakukan kesalahan yang sama di kemudian hari.

 

5. Jadilah Diri Kamu Sendiri

jadi diri sendiri

Jadi Diri Sendiri (Sumber: clumsycrafter.com)

 

Setelah riset sana-sini, tanya pendapat sana-sini, dikritik sana-sini, in the end of the day, yang tetap harus kamu lakukan adalah menjadi diri kamu sendiri. Jangan sampai banyaknya referensi dan pendapat dari orang lain, malah membuat kamu bingung dan overwhelmed.

Gunakan hal-hal tersebut untuk memperbaiki dan membuat karya kamu menjadi lebih baik, tapi jangan sampai kamu merasa asing dengan karya kamu sendiri, ya! Dengan menjadi diri kamu sendiri, kamu akan memiliki ciri khas yang terselip dalam setiap karya yang kamu buat.

Kalau sudah punya ciri khas, kamu akan otomatis mencegah diri kamu sendiri untuk melakukan copy paste karena kamu nggak ingin karya kamu jadi kehilangan ciri khas. Copy paste karya atau jawaban orang lain itu sama saja dengan tidak menjadi diri kamu sendiri, kawan!

Kamu harus berusaha dengan kemampuanmu sendiri. Tapi, jika kamu merasa kesulitan, kamu bisa banget mencoba fitur roboguru. Kamu bisa tanya apapun ke roboguru dan kamu akan mendapat jawaban berupa konsep agar pemahaman kamu bisa lebih menyeluruh. Ssstt.. roboguru itu gratis, lho! Bisa diakses via WhatsApp, lagi. Yakin nggak mau coba?

Segitu dulu tips menahan diri biar nggak copy paste, sekarang pasti kamu jadi termotivasi buat nggak asal copy paste lagi, kan? Eits, jangan lupa, cobain roboguru sekarang juga, ya!

Roboguru Whatsapp

Referensi:

Calonia, J. ‘How To Avoid Plagiarism’, Grammarly, [Daring]. Tautan: https://www.grammarly.com/blog/5-most-effective-methods-for-avoiding-plagiarism/ (Diakses: 1 Januari 2021)

Deep, M. ‘Avoiding Copy Paste Plagiarism’, Plagramme, [Daring]. Tautan: https://www.plagramme.com/avoiding-copy-paste-plagiarism (Diakses: 1 Januari 2021)

‘5 Tips Menghindari Plagiarisme dalam Menulis’, Gamatechno, [Daring]. Tautan: https://blog.gamatechno.com/5-tips-menghindari-plagiarisme-dalam-menulis/ (Diakses: 1 Januari 2021)

‘Avoiding Plagiarism’, CMSW, [Daring]. Tautan: https://cmsw.mit.edu/writing-and-communication-center/avoiding-plagiarism/ (Diakses: 1 Januari 2021)

Sumber Gambar:

Gambar ‘Anak Percaya Diri’ [Daring]. Tautan: https://www.livingly.com/Secrets+to+Raising+Confident+Girls+in+a+TimesUp+World (Diakses: 1 Januari 2021)

Gambar ‘Dua Gambar yang Mirip’ [Daring]. Tautan: http://www.supercoloring.com/puzzle-games/find-12-differences-between-pictures-of-turtle-puzzle (Diakses: 1 Januari 2021)

Gambar ‘Jadi Diri Sendiri’ [Daring]. Tautan: https://www.clumsycrafter.com/be-you/ (Diakses: 1 Januari 2021)

Gambar ‘Kutipan’ [Daring]. Tautan: https://www.rawpixel.com/image/2481814/free-illustration-psd-quotation-mark-background-quotation-mark-quotation-marks (Diakses: 1 Januari 2021)

Gambar ‘Meminta Pendapat Orang Lain’ [Daring]. Tautan: https://www.freepik.es/foto-gratis/joven-arquitecto-equipo-trabajando-oficina_1233061.htm (Diakses: 1 Januari 2021)

Beri Komentar