Tips Bikin Ruang Belajar yang Nyaman di Rumah

Salsabila Nanda Des 31, 2020 • 4 min read


ruang belajar yang nyaman di rumah

Artikel ini memberikan tips cara membuat ruang belajar yang nyaman di rumah. 

--

Who’s missing school?

MEEEEE!

Kangen banget ya sama sekolah? Bangun pagi diantar abang ojek, nungguin bel istirahat, ngambis bareng temen-temen, main di jam kosong, sampai rela antre demi cilok depan gerbang. Meskipun sekolah capek, nyatanya sekolah di rumah lebih capek. Kok bisa gitu ya?

meme kangen sekolah

Kangen sekolah dan teman-teman. (sumber: memegenerator.net)

Jawabannya mungkin karena kamu sendiri, di depan layar dari pagi sampai gelap lagi. Pengen keluar tapi virusnya masih nyebar. Padahal kamu bosen belajar di dalam kamar, mau cari suasana baru biar mood naik lagi.

Jangan bete dong, apalagi sampe marah-marah gara-gara kelamaan libur sekolah. Yuk, balikin mood kamu dengan buat ruang belajar yang nyaman di rumah. Gak ribet kok, ikuti tipsnya di bawah ini!

Hias Dinding Kamar

Yup! Tanpa perlu capek mengecat keseluruhan dinding, kamu bisa memanfaatkan wallpaper untuk sebagian dinding yang akan dijadikan ruang belajar. Atau, jika budget kamu terbatas, pakai sticker juga bisa lho! Temanya bebas, sesuka hati kamu. Mau minimalis, vintage, atau karakter kartun favorit.

dinding kamar

Dinding kamar. (sumber: home-designing.com)

Nggak semua dinding perlu kamu hias. Cukup spot belajar kamu aja, tapi kalau kamu rajin ya silahkan hehehe. Hitung-hitung isi waktu liburan kan? Pasti si Mama takjub deh liat kamu mendadak rajin.

Lengkapi Stationery Belajar

Bukan stasiun kereta api ya, tapi stationery. Isinya pulpen, binder, dan alat tulis yang menunjang aktivitas belajarmu. Buat kamu yang gemar mencatat, gunakan spidol warna warni biar gak ngebosenin untuk dibaca berulang-ulang.

journaling

Stationery. (sumber: instagram.com/qelstudy)

Selain menambah daya ingat, catatan juga berfungsi untuk melatih kreatifitas. Jika bingung harus mulai dari mana, cari inspirasi catatan di Pinterest atau akun belajar seperti @qelstudy dan @coffee.studys. Keren-keren lho!

Baca Juga: Cara Cermat Memahami Pelajaran

Bantal untuk Sandaran

bantal untuk ruang belajar

Bantal sandaran kursi belajar. (sumber: instagram.com/whatsotblog)

 

Berjam-jam di depan laptop pastinya bikin pundak jadi pegal. Oleh sebab itu, kenyamanan belajar tetap jadi nomor 1. Gunakan bantal sebagai sandaran agar badanmu gak kaku gara-gara terlalu lama duduk. Bebas kok, mau bantal leher, beanbag, atau bantal tidur juga gak apa-apa. Asal jangan sampai ketiduran ya.

Musik dan Aromaterapi

Siapa yang suka dengerin BTS sambil ngerjain soal UTBK? Siapa yang suka joget-joget pake lagu Tiktok pas nulis catatan Ekonomi? Mendengarkan musik dapat mempengaruhi mood kita saat belajar. Kamu bisa taruh speaker kecil di sudut meja agar suasana makin asyik.

mendengarkan musik saat belajar

Musik dan Belajar. (sumber: Prosehat.com)

Nah, kalau lagi pengin fokus belajar buat ujian, coba deh pakai aromaterapi di ruangan. Aromaterapi dapat membantu menenangkan pikiran dan meningkatkan konsentrasi kamu dalam menghafal materi pelajaran.

---

Tahun baru, ruang belajar baru juga dong! Gak perlu mahal, asalkan nyaman dan naikin mood kamu buat menghadapi UTBK. Kalau ada kesulitan jangan ragu buat tanya ke Roboguru ya. Dapatkan pembahasan soal beserta rekomendasi video belajar. Happy studying!Roboguru WhatsappSumber Gambar:

Kangen sekolah [Daring]. Tautan: https://memegenerator.net/instance/17449105/futurama-fry-not-sure-if-missing-school-or-just-missing-my-friends-and-classmates 

Dinding kamar [Daring]. Tautan: http://www.home-designing.com/kids-study-room-design-ideas-accessories-tips-inspiration-photos

Stationery [Daring]. Tautan: https://www.instagram.com/p/CEgIR4khwv6/

Bantal [Daring]. Tautan: https://www.instagram.com/p/B9zpP5MAizS/?utm_source=ig_embed

Mendengarkan Musik [Daring]. Tautan: https://www.prosehat.com/page/35?orderby=menu_order

Profile

Salsabila Nanda

Anak broadcasting yang cita-citanya mau jadi PR, tapi malah jadi content writer. Siang kerja, malam nonton teen drama. Terima kasih sudah baca tulisanku!

Beri Komentar