Tips Memilih Organisasi Kuliah: Biar CV Kamu Makin Oke!

Salsabila Nanda Feb 11, 2021 • 4 min read



Pojok_Kampus_-_Tips_memilih_organisasi_di_kampus-01

Artikel ini membahas cara memilih organisasi yang bisa dicantumkan di CV

---

Selain UTBK, kamu yang sekarang duduk di kelas 12 juga perlu tau cara memilih organisasi di perkuliahan nanti. Alasannya: kuliah gak melulu perihal IPK dan wisuda tepat waktu, melainkan bagaimana mengembangkan keterampilan melalui kegiatan, termasuk organisasi. 

Sayangnya, gak semua organisasi membawa dampak positif. Program kerja (proker) yang kurang jelas serta kegiatan yang itu-itu aja justru bikin kamu gak berkembang. Padahal, organisasi bisa dicantumkan ke dalam CV dan menjadi poin plus saat melamar magang atau pekerjaan. 

Buat kamu yang siap jadi mahasiswa baru tahun ini, berikut tips memilih organisasi supaya bermanfaat dan gak sia-sia:

1.Sejalan dengan Hobi 

Ini penting banget sih, supaya kamu merasa senang dan tidak terbebani selama menjadi anggota organisasi. Melakukan sesuatu yang kita sukai bisa melepas stres setelah berkutat dengan tugas perkuliahan. 

Kamu suka nyanyi? Masuk paduan suara aja. Atau hobi kamu berhubungan dengan kegiatan fisik? Ikut pecinta alam atau UKM olahraga juga boleh. 

paduan suara universitas padjajaranPaduan Suara Mahasiswa UNPAD (Sumber: unpadchoir.com)

Emangnya organisasi tadi bisa ditaruh di CV? 

Bisa kok. Caranya dengan ikut kejuaraan antar universitas, nasional, atau internasional. Di Indonesia, paduan suara mahasiswa ITS (ITS Choir) dan Paduan Suara Mahasiswa (PSM) UNPAD sering menjuarai kompetisi paduan suara internasional. Keren 'kan? Jalan-jalan ke luar negeri, pulangnya bawa piala. Yeay! 

Baca Juga: Kamu termasuk golongan Fixed Mindset atau Growth Mindset?

2. Kenali Program Kerja dan Anggotanya

Layaknya ekstrakurikuler di sekolah, organisasi di perkuliahan juga melakukan demo di hadapan mahasiswa baru. Momen ini harus kamu manfaatkan untuk menggali info sebanyak mungkin mengenai organisasi yang bakal diikuti. 

Daripada minta username instagram kakak tingkat yang ganteng, kamu bisa tanya seputar achievement yang sudah dicapai oleh organisasi tersebut. Tanyakan juga program kerja, bagaimana proses mereka saat mengikuti kompetisi, serta budaya di dalamnya. 

Budaya di dalam organisasi mempengaruhi interaksi antaranggota. Ada yang santai, kaku, atau cenderung membeda-bedakan antara senior dan junior. Sebelum mendaftar organisasi kampus, pastikan budayanya cocok dengan karaktermu. 

3. Jangan Ikut-Ikutan

Sering terjadi di dunia perkuliahan. Ikut organisasi A biar terus-terusan bareng sama temen. Ikut organisasi B karena liat mayoritas mahasiswa mendaftar ke sana. Sebelum ikut organisasi, coba deh pikir lagi, kira-kira kamu mampu gak buat ngikutin kegiatannya? 

Contoh: Fisikmu lemah, tapi nekat daftar UKM pecinta alam. Jadi membahayakan diri sendiri deh. 

Baca Juga: Passion Bukan Segalanya, Mengapa Demikian?

Pokoknya, sesuaikan dengan kemampuan diri dan kata hati. Jangan sampai mengundurkan diri di tengah jalan. Selain buang-buang waktu, kamu juga dianggap plin-plan dan tidak bisa berkomitmen. 

4. Daftar Organisasi Luar Kampus

Merasa kurang cocok dengan organisasi kampus? It's okay, masih banyak organisasi di luar universitas yang bisa kamu pilih. Bidangnya juga beragam, mulai dari konservasi hewan, pendidikan anak, hingga pemberdayaan perempuan.

Asyiknya nih, kamu bisa bertemu banyak orang dari background yang berbeda. Serta punya kesempatan buat menjalin koneksi dengan mahasiswa luar daerah, belajar ilmu baru, sampai mengajar anak-anak di luar negeri!

Mau dong, caranya gimana?

AIESEC IndonesiaAIESEC Indonesia (Sumber: aiesec.or.id)

AIESEC, Girl Up Community, World Wide Fun (WWF) Indonesia adalah sebagian dari organisasi anak muda yang menawarkan program-program seperti di atas. Selain 3 tadi, masih banyak organisasi atau komunitas yang memiliki program serupa. Kamu hanya perlu rajin mencari informasi di Google atau akun media sosial seperti idvolunteering, magang_id, dan lain-lain.

Oh iya, apapun yang kita lakukan perlu biaya, waktu, serta tenaga. Pertimbangkan juga 3 hal ini sebelum terjun ke dalam organisasi agar tidak jadi kendala di kemudian hari.

Itu dia tips memilih organisasi buat mahasiswa baru. Ingat, kuliah adalah masa-masa yang harus dimanfaatkan dengan bijaksana. Jangan sampai nyesel atau terlalu fokus di satu bidang. Cari ilmu, pengalaman, dan koneksi sebanyak-banyaknya. Buat calon maba, ada tes pengembangan diri di ruangbelajarplus untuk cari tau minat dan passion kamu. Cobain deh, klik banner di bawah ya.

New call-to-action

Sumber Gambar:

Paduan Suara Mahasiswa UNPAD [Daring]. Tautan:

https://www.unpadchoir.com/foto/

AIESEC Indonesia [Daring]. Tautan:

https://aiesec.or.id/globalvolunteer/

Beri Komentar