10 Tips Penting di Tahun Pertama Kuliah Bagi Mahasiswa Baru

Hal Penting yang Harus Kamu Lakukan di Tahun Pertama Kuliah

Kamu mahasiswa baru? Ada 10 tips penting yang harus kamu lakukan di tahun pertama kuliah, agar kuliahmu lebih terasa manfaatnya! Apa aja, tuh? Yuk, simak!

--

 

Memulai sesuatu, biasanya selalu menjadi yang paling berat dari seluruh proses yang ada saat berkegiatan. Setuju? Bagi mahasiswa, salah satu tahun terberat di kampus adalah tahun pertama kuliah. Kok bisa, sih? Bukannya di tahun pertama kuliah, materi kuliahnya masih belum seberat tahun-tahun berikutnya?

Secara materi, memang tahun pertama kuliah bukanlah tahun terberat. Tapi, secara psikologis, tahun pertama kuliah tentu menjadi tahun terberat bagi mahasiswa. Di tahun pertama kuliah, kamu masih berada di lingkungan baru yang terasa asing karena belum pernah kamu ketahui sebelumnya. Kamu merasa belum familiar dengan berbagai hal dan kamu harus bisa beradaptasi dengan lingkungan baru ini.

Lalu, bagaimana sih caranya agar kamu bisa melalui tahun pertama kuliah kamu dengan lancar dan enjoy? Yuk, simak tips penting yang perlu kamu lakukan di tahun pertama kuliah berikut!

 

1. Jangan bolos!

 

attending class

Pastikan kamu selalu hadir di kelas (Sumber: unsplash.com)

 

Saat kuliah, nggak akan ada orang yang memaksa atau mungkin mengingatkan kamu untuk masuk kelas. Kamu dituntut untuk dewasa dan bertanggung jawab atas diri kamu sendiri. Apalagi, hampir semua mata kuliah sangat mementingkan absensi. Walaupun kadang masih banyak mahasiswa yang suka titip absen, tetapi kehadiran kamu di kelas lebih penting. Mendengarkan materi dan mencatat langsung, akan berbeda dengan fotocopy catatan teman. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan banyak info seperti bocoran kisi-kisi ujian, pembagian kelompok belajar, tugas-tugas, dan sebagainya. Dosen kamu juga bisa tiba-tiba memberi kuis mendadak, lho. Bisa gawat kan kalau kamu bolos?

 

2. Memperbaiki skill mencatat

 

taking notes

Perbaiki skill mencatat (Sumber: unsplash.com)

 

Nggak perlu mencatat semua penjelasan dosen. Cukup dengarkan baik-baik penjelasannya, cerna, lalu catat poin-poin penting. Pahami dan jangan hanya menghafal apa yang kamu catat. Dengan mencatat, kamu juga jadi lebih fokus dan nggak mengantuk selama belajar di kelas. Mencatat selama di kuliah itu penting banget, karena saat ujian bahannya nggak hanya dari buku saja, tapi juga dari penjelasan dosen langsung di kelas.

Baca juga: Teknik Mencatat Cornell, Buat Catatan Kamu Lebih Rapi dan Efisien!

 

3. Cari tahu cara belajar yang paling sesuai untukmu

 

studying-1

Cari tahu cara belajar yang paling tepat (Sumber: unsplash.com)

 

Tiap semesternya kamu harus mengambil beberapa mata kuliah. Nah, untuk setiap mata kuliah biasanya selalu akan ada tugas, kuis, dan ujian yang harus kamu kerjakan. Jika kamu nggak tau metode belajar yang paling membuatmu nyaman, kamu bisa kesulitan dalam menyelesaikannya. Apakah itu belajar di tempat sepi sambil mendengarkan musik, di kamar, atau juga bisa di café. Cari cara belajar yang bisa membuat kamu nyaman dan akhirnya membuat kamu rajin belajar.

 

4. Bergabung pada organisasi atau komunitas

 

community

Bergabung dengan komunitas atau organisasi (Sumber: unsplash.com)

 

Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan bergabung di organisasi atau komunitas, di antaranya memperluas pergaulan, mendapatkan pengalaman baru, hingga mendapatkan hardskill atau softskill yang nggak kamu dapat di dalam kelas. Kamu juga bisa mendapatkan rasa sense of belonging, karena bergabung di suatu kelompok dengan minat yang sama.

 

5. Kenalan dengan senior

 

senior

Kenalan dengan senior (Sumber: unsplash.com)

 

Dekat dengan senior bisa memberikan kamu ilmu yang berharga, lho. Misalnya, bagaimana cara menguasai mata kuliah tertentu, bagaimana cara menghadapi dosen galak, info kos-kosan, dan berbagai hal tentang kehidupan kampus yang belum kamu ketahui. Kamu juga bisa meminjam buku atau catatan punya senior. Nah, biasanya, kedekatan dengan senior ini bisa terjalin melalui kegiatan ospek. So, jangan lewatkan kegiatan ospek di kampusmu, ya!

 

6. Perhatikan silabus

 

silabus

Perhatikan silabus (Sumber: unsplash.com)

 

Biasanya, di awal semester dosen akan membagikan silabus atau rancangan pembelajaran. Biasanya, banyak mahasiswa yang tidak memperhatikan silabus dengan baik, atau bahkan langsung lupa di mana meletakkan silabus yang diberikan oleh dosen. Padahal, silabus memuat informasi lengkap mengenai mata kuliah, seperti misalnya persentase pembagian nilai, materi apa saja yang akan dibahas pada setiap kelas, hingga kisi-kisi untuk ujian. Oleh karena itu, simpan dan perhatikan silabus dengan baik ya. Dari silabus, kamu bisa mengetahui skema belajar atau helicopter view untuk mata kuliah tersebut selama satu semester akan seperti apa.

 

7. Jangan malu bertanya

 

asking

Kalau bingung, tanyakan! (Sumber: unsplash.com)

 

Di tahun pertama kuliah, pasti akan ada banyaaakk banget hal yang membuat kamu bingung. Mulai dari materi kuliah, format tugas, tipe-tipe ujian, hingga letak ruangan yang ada di kampus. Berada di lingkungan baru dengan dikelilingi orang-orang baru, sedikit banyak pasti akan berpengaruh dan membuatmu overwhelmed. Salah satu tips menghadapi ini adalah jangan pernah malu untuk bertanya. Apapun yang membuatmu bingung, tanyakan saja! Bingung ruang kelasnya ada di mana? Tanyakan pada satpam atau kakak tingkat. Bingung tentang materi kuliah? Tanyakan pada dosen atau pada asdos alias asisten dosen yang bersangkutan. Banyak bertanya nggak akan membuat kamu terlihat bodoh, justru malah membuat kamu terlihat aktif dan antusias. 

 

8. Belajar bersama teman

 

study together

Belajar rame-rame juga seru, lho! (Sumber: unsplash.com)

 

Untuk memperluas wawasan sekaligus menambah teman, kamu bisa mengajak teman-temanmu di kampus untuk belajar bersama. Misalnya, ada materi sulit yang kamu pelajari di minggu ini, coba saja ajak teman-teman sekelasmu untuk belajar bersama sambil berdiskusi. Kamu bisa mengajak mereka belajar bersama di perpustakaan, atau mungkin di café sambil nongkrong. Kamu bisa juga mengajak teman-temanmu membuat janji dengan asdos untuk meminta bimbingan terkait materi yang ingin dipelajari. Biasanya, asdos lebih senang membimbing mahasiswa dengan jumlah banyak sekaligus daripada harus membimbing satu per satu. Tapi, hal ini juga tergantung dari masing-masing asdos, ya. Coba saja tanyakan kembali kepada asdos yang ada di kampusmu.

Baca juga: Harus Coba! Tips Menambah Teman Selama Kuliah Online bagi Mahasiswa Baru

 

9. Perluas wawasan terkait jurusan yang kamu ambil

 

reading

Salah satu cara memperluas wawasan adalah dengan membaca buku (Sumber: unsplash.com)

 

Di tahun pertama kuliah, biasanya materi yang akan kamu pelajari tidak akan sekompleks materi di tahun-tahun berikutnya. Tapi, meskipun begitu, nggak ada salahnya lho, kalau kamu mau memulai belajar dan memperluas wawasanmu tentang materi pada jurusan kuliah yang kamu ambil sejak tahun pertama. Kamu bisa memperluas wawasanmu dengan membaca buku atau menonton video-video belajar yang ada di internet. Dengan belajar, tentunya akan mempermudah kamu memahami materi kuliah terlebih dahulu sebelum kamu mempelajarinya di kelas. Kalau kamu rajin belajar sejak sekarang, nanti di tahun-tahun berikutnya, kamu akan lebih mudah dalam memahami materi-materi selanjutnya yang lebih rumit.

 

10. Kenalan dengan dosen

 

teacher

Kenalan dengan dosen (Sumber: unsplash.com)

 

Selain kenalan dengan senior atau kakak tingkat, kamu juga bisa berkenalan dengan dosen yang mengajarmu di kampus. Cara paling mudah untuk berkenalan dengan dosen adalah dengan menjadi ketua kelas. Ketika menjadi ketua kelas, tentunya kamu akan banyak menghubungi dosenmu terkait jalannya perkuliahan. Nah, melalui perkenalan ini, diharapkan, kamu bisa menambah relasi di bidang akademik dan belajar banyak hal dari beliau. Berkenalan dengan banyak dosen akan memudahkan kamu dalam menjalani perkuliahan nantinya. Bisa jadi, di tahun-tahun berikutnya, kamu akan diajak oleh dosenmu untuk mengerjakan project-project penelitian yang dilakukan oleh dosenmu. Project penelitian dosen biasanya bisa digunakan sebagai topik skripsi, lho!

---

Itu tadi 10 tips penting yang harus kamu lakukan di tahun pertama kuliah. Jalani tahun pertama kuliah kamu dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai kamu malas-malasan di tahun pertama, karena akan berakibat ke tahun-tahun selanjutnya. Memperkaya hardskill dan softskill pun, harus kamu mulai dari tahun pertama, tidak terkecuali skill dalam berbahasa Inggris. Mau belajar bahasa Inggris dengan cepat dan mudah? Yuk, gabung di English Academy!

New call-to-action

Sumber Gambar:

Gambar ‘Kuliah’ [Daring]. Tautan: https://unsplash.com/photos/YRMWVcdyhmI (Diakses: 14 Juli 2022)

Gambar ‘Mencatat’ [Daring]. Tautan: https://unsplash.com/photos/5bYxXawHOQg (Diakses: 14 Juli 2022)

Gambar ‘Belajar’ [Daring]. Tautan: https://unsplash.com/photos/RvPiAVE-zWo (Diakses: 14 Juli 2022)

Gambar ‘Komunitas’ [Daring]. Tautan: https://unsplash.com/photos/t0BavJY0M-U (Diakses: 14 Juli 2022)

Gambar ‘Senior’ [Daring]. Tautan: https://unsplash.com/photos/W3Jl3jREpDY (Diakses: 14 Juli 2022)

Gambar ‘Silabus’ [Daring]. Tautan: https://unsplash.com/photos/RLw-UC03Gwc (Diakses: 14 Juli 2022)

Gambar ‘Bertanya’ [Daring]. Tautan: https://unsplash.com/photos/ckVjMurwKIs (Diakses: 14 Juli 2022)

Gambar ‘Belajar Bersama’ [Daring]. Tautan: https://unsplash.com/photos/XkKCui44iM0 (Diakses: 14 Juli 2022)

Gambar ‘Membaca’ [Daring]. Tautan: https://unsplash.com/photos/GnY_mW1Q6Xc (Diakses: 14 Juli 2022)

Gambar ‘Guru’ [Daring]. Tautan: https://unsplash.com/photos/TXxiFuQLBKQ (Diakses: 14 Juli 2022)

Profile

Shabrina Alfari

Content Writer at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two :)