Tips untuk Menjadi Pengajar yang Menyenangkan dan Anti Bosan

Sabtian Adiansyah Okt 8, 2021 • 3 min read


tips jadi pengajar yang menyenangkan

Artikel ini adalah rangkuman acara NGUPAS (Ngumpul Asyik) Vol. 14 oleh tim ruangpengajar pada tanggal 30 Juli 2021 melalui live streaming di Zoom dengan pembicara Sally Arianita Dewi, Training and Development Professional, Former Head Edu Content and Ops Ruangguru dan Ulun Nuha, Sales Director Tupperware Indonesia.

--

Ingin membuat suasana belajar lebih bersemangat dan jauh dari bosan? Menjadi pengajar yang menyenangkan dan memahami kebutuhan murid tentu akan membuat murid lebih bersemangat selama belajar di sekolah. Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern, Anda pun bisa lebih mudah mencari trik dan sumber belajar baru yang lebih menyenangkan. Metode belajar dapat terus diubah dan diperbaharui agar murid tidak bosan dan lebih senang saat menyimak pelajaran.

Tak hanya memberikan metode belajar baru yang lebih menyenangkan, penyampaian komunikasi yang baik juga tidak kalah penting untuk diperhatikan. Teknik komunikasi yang tepat menjadi kunci agar murid mengerti apa yang guru sampaikan dan membuat aktivitas mengajar lebih lancar. 

Nah, bagaimana caranya menciptakan suasana yang menyenangkan di dalam kelas? Ada beberapa tips penting yang harus Anda perhatikan. Salah satunya, pengajar harus lebih cekatan dalam merespons kebutuhan murid, selalu siap untuk berdiskusi dan bisa jadi pendengar yang baik atas masalah belajar murid. Hal yang tak kalah penting, Anda harus bisa memberikan “aturan main” yang jelas, dan berikan kesempatan bagi siswa untuk memberikan umpan balik. 

Baca juga: Siap Mengajar dengan Strategi Pembelajaran Daring yang Efektif

Kedengarannya memang mudah, tetapi bagaimana mempraktikkannya? Ada beberapa cara yang mungkin bisa membantu Anda untuk menciptakan komunikasi yang efektif antara pengajar dan anak didik. Untuk tahu lebih jelasnya, simak beberapa penjelasan di bawah ini yang disajikan dalam bentuk infografis.

apa yang membuat belajar menyenangkan

gaya belajar

kebutuhan siswa berdasarkan ADDIE model

metode pengajaran dan penyampaian

koreksi kesalahan

koreksi kesalahan

pasca kelas

TRUE concept

-----

Demikian pembahasan tentang mengajar dengan strategi pembelajaran daring yang efektif agar lebih menyenangkan dan anti bosan. Semoga pembahasan ini bisa membantu Anda dalam mengajar ya.

Mau mencari pengalaman baru yang lebih seru? Ruangguru mengajak Anda untuk menjadi mitra pengajar di ruangpengajar. Dapatkan penghasilan tambahan hingga jutaan rupiah sekarang juga! Yuk, daftarkan diri Anda dan ajak rekan Anda untuk daftar di ruangpengajar

ruangpengajar

Profile

Sabtian Adiansyah

Beri Komentar