Kenapa Orang Takut Jarum Suntik? Mungkin Dia Mengidap Trypanophobia!

Kenya Swawikanti Jul 3, 2021 • 5 min read


Trypanophobia

Sudah tahu belum, ternyata phobia jarum suntik itu disebut juga sebagai trypanophobia, lho! Kenapa ya, seseorang bisa mengidap trypanophobia? Yuk, simak pembahasannya bersama!

--

 

“Eh, kamu udah vaksin COVID-19, belum?"

“Belum, nih. Sebenernya pengen vaksin, tapi aku phobia jarum suntik..”

Begitulah cuplikan percakapan yang terjadi antara aku dan salah satu temanku kala itu. Sebut saja namanya Budi.

Temanku yang bernama Budi ini, usianya sudah lebih dari seperempat abad. Sudah bukan usia anak-anak lagi. Tapi, sampai saat ini pun, dia masih menghadapi kesulitan setiap kali bersua dengan sesosok alat medis berujung runcing, yang biasa kita sebut sebagai jarum suntik. Kalau ketemu jarum suntik, si Budi ini akan ketakutan setengah mati, bahkan bisa sampai pusing tujuh keliling.

Pusing Tujuh Keliling (Sumber: giphy.com)

Menurut ilmu medis, Budi bisa jadi mengidap trypanophobia. Trypanophobia adalah ketakutan ekstrem terhadap prosedur medis yang melibatkan suntikan atau jarum suntik. 

Orang-orang dengan trypanophobia akan waspada dan meningkat detak jantungnya setiap kali berhadapan dengan jarum suntik. Ada juga yang sampai mengalami pusing, bahkan jatuh pingsan di tempat kejadian.

Ketakutan pada jarum suntik, sebenarnya lebih sering ditemui pada anak-anak, karena mereka masih belum terbiasa dengan rasa sakit yang timbul akibat disuntik. Seiring bertambahnya usia, biasanya mereka akan mulai terbiasa dan dapat menahan rasa sakit tersebut.

Tapi, tidak dengan Budi.

Bagi sebagian orang, termasuk Budi, ketakutan ini bisa tetap ekstrem sampai mereka bertumbuh dewasa. Budi beserta orang-orang lain seperti dia, masih harus bergumul dengan rasa takut yang luar biasa setiap kali berhadapan dengan jarum suntik.

Huhu.. semangat ya, kawan :(

Gejala Trypanophobia

Orang dengan trypanophobia dapat mengalami salah satu atau beberapa gejala sekaligus, seperti detak jantung meningkat, pusing, hingga jatuh pingsan. Gejala-gejala trypanophobia lainnya bisa kamu lihat pada infografik berikut.

Gejala Trypanophobia

“Kalau kamu, pernah sampai lari dari perawat gitu juga nggak, Budi?”

“Belum pernah sih, pernahnya pingsan di depan perawatnya, hehe..”

Penyebab Trypanophobia 

Kenapa sih, orang-orang bisa mengidap trypanophobia? Apakah bagi mereka jarum suntik memang semenyeramkan itu?

Dokter dan peneliti masih belum mengetahui pasti apa yang menyebabkan seseorang bisa memiliki phobia. Faktor penyebab phobia, baik trypanophobia maupun phobia lainnya, sangat subjektif alias tergantung pada masing-masing penderita. Penyebabnya bisa berbeda antara penderita satu dengan penderita lain. Gejala yang timbul pun juga berbeda-beda.

Baca juga: Hari Valentine, Mimpi Buruk bagi Para Filofobia

Namun, ada beberapa faktor yang seringkali menjadi penyebab utama di balik phobia, tidak terkecuali trypanophobia. Salah satunya yaitu pengalaman buruk atau traumatis yang pernah dialami penderita. 

Penderita phobia cenderung pernah mengalami pengalaman buruk atau traumatis yang berhubungan dengan phobia yang dimiliki. Untuk trypanophobia sendiri, pengalaman buruk atau traumatis tersebut tentunya berhubungan dengan jarum suntik. 

Selain itu, faktor penyebab lainnya adalah keluarga atau kerabat dekat. Menurut penelitian, diperkirakan 80% orang dewasa dengan phobia tertentu, memiliki keluarga atau kerabat dekat yang juga menderita phobia yang sama

Akan tetapi, daripada diwariskan secara biologis, peneliti menyatakan bahwa ketakutan ini lebih mungkin terwariskan akibat dipelajari dan secara tidak sadar diikuti oleh penderita.

Misalnya, seorang ibu yang takut kepada kucing, cenderung memiliki anak yang juga takut kepada kucing. Hal ini terjadi karena ibu tersebut secara tidak sadar selalu melakukan perbuatan yang membuat anaknya terhindar dari kucing, dengan tujuan untuk melindungi si anak dari kucing. Si anak pun tanpa sadar mematuhi dan mengikuti apa yang dilakukan oleh ibunya.

“Awas ada kucing! Nanti kamu dicakar! Cepat lari sekaraaaang!” teriak Sang Ibu kepada anaknya.

Sang Ibu dan anak pun langsung lari terbirit-birit, sementara si Kucing diam di tempat sambil memandang ibu dan anak tersebut dengan heran.

Hooman emang suka aneh-aneh.” ujar si Kucing santai sambil menjilat-jilat kaki depannya.

Cara Mengatasi Trypanophobia

Ketakutan ekstrem terhadap jarum suntik tentunya dapat mengganggu kehidupan penderitanya. Mereka jadi mengalami kesulitan ketika harus menerima prosedur medis yang berhubungan dengan jarum suntik, misalnya seperti vaksinasi COVID-19.

Baca juga: Perbedaan Tes COVID-19: PCR Swab, Rapid Test Antigen, Rapid Test Antibodi, dan GeNose

Kehidupan mereka akan lebih terganggu lagi jika penderita tersebut juga mengidap penyakit lain yang mewajibkan dia untuk rutin berhadapan dengan prosedur medis yang melibatkan jarum suntik. Jadi, sangat penting bagi mereka untuk bisa mengatasi ketakutan ini.

Nah, cara mengatasinya gimana, tuh?

Cara mengatasi trypanophobia kurang lebih sama seperti cara mengatasi phobia lainnya, yaitu dengan berkonsultasi dengan psikiater atau psikolog terkait metode yang paling efektif untuk mengatasi phobia yang dimiliki.

Cara Mengatasi Trypanophobia

Biasanya, treatment untuk penderita phobia melibatkan prosedur psikoterapi, seperti exposure therapy atau cognitive behavioral therapy (CBT). Ada juga yang melibatkan pengobatan dengan resep tertentu untuk membantu penderita mengatasi gejala kecemasan (anxiety) yang timbul akibat phobia yang dimiliki.

Intinya, jangan ragu dan takut untuk mencari bantuan profesional jika kamu memang membutuhkan, ya! They will definitely help you!

Itu tadi pembahasan lengkap kita tentang trypanophobia. Sekarang, sudah nggak penasaran lagi kan, kenapa orang bisa phobia sama jarum suntik? Nah, kamu juga bisa baca artikel-artikel kece ruangbaca melalui aplikasi Ruangguru, lho! Yuk, download aplikasinya sekarang!

New call-to-action

 

Referensi:

Cirino, E. ‘Trypanophobia’, Healthline, [Daring]. Tautan: https://www.healthline.com/health/trypanophobia (Diakses: 29 Juni 2021)

Fritscher, L. ‘What Is Trypanophobia?’, Verywell Mind, [Daring]. Tautan: https://www.verywellmind.com/trypanophobia-2671700 (Diakses: 29 Juni 2021)

Sumber Gambar:

GIF ‘Dizzy Cats’ [Daring]. Tautan: https://giphy.com/gifs/ggo4jmzSzf6VQzydel/links (Diakses: 29 Juni 2021)

Profile

Kenya Swawikanti

A full-time cat person who likes spicy food a bit more than Oreo cheesecake and chocolate ice cream. You can call me Kenya or Kay. Nice to meet you!

Beri Komentar