UTBK Center: Amunisi Persiapan UTBK SBMPTN dalam Satu Genggaman

Fitur UTBK Center

Mau persiapan UTBK SBMPTN lebih mudah? Yuk, buat persiapanmu lebih mudah dengan UTBK Center, amunisi persiapan UTBK SBMPTN dalam satu genggaman.

“Wah, UTBK bentar lagi nih…udah maksimal belum ya persiapanku.”

“Materi yang belum aku sentuh masih banyak…terus belum tau juga mau pilih jurusan apa..”

Duh, kamu masih galau padahal UTBK SBMPTN tinggal menghitung hari? Memasuki semester baru, kamu yang sekarang ada di kelas 12 pasti lagi sibuk-sibuknya untuk melakukan persiapan ujian. Memang sih, ada banyak banget yang harus kamu persiapkan untuk menyambut UTBK SBMPTN tahun ini.

Nggak hanya persiapan mental, kamu juga harus lebih banyak berlatih soal, mencari tahu peluang jurusan yang sesuai dengan minat bakat kamu, dan masih banyak lagi. Wajar aja, banyak dari kamu yang merasa keteteran menjelang UTBK.

Nah, sekarang kamu nggak perlu khawatir lagi, karena telah hadir UTBK Center di aplikasi Ruangguru. Apa tuh? Buat pejuang UTBK, jangan sampai kelewatan info lengkap tentang UTBK Center berikut ini.

 

Apa itu UTBK Center?

UTBK Center adalah fitur terbaru di aplikasi Ruangguru yang khusus dibuat untuk para pejuang UTBK. Melalui UTBK Center, kamu bisa mengakses semua fitur persiapan UTBK dengan jauh lebih mudah di satu tempat.

UTBK Center menyediakan beragam informasi seputar UTBK. Kamu juga bisa menikmati berbagai fitur-fitur unggulan yang akan membantu persiapan UTBK kamu, mulai dari tes minat bakat, materi belajar UTBK, soal latihan dan pengayaan, hingga tryout yang terjadwal. Semua ini hadir dan siap membantu kamu lolos di PTN impian.

“Wah, mau coba dong, gimana caranya?”

Fitur UTBK Center

 

Gampang banget! Kamu bisa akses fitur ini dengan klik “UTBK Center” yang ada di beranda aplikasi Ruangguru kamu. Setelah itu, kamu bisa akses semua fitur terkait persiapan UTBK. Ada fitur apa aja? Check these out!

 

Fitur-Fitur UTBK Center

 

1. Tes Minat dan Bakat untuk tentukan jurusan

Masih nggak tahu minat dan bakat kamu? Emang seberapa penting sih mengetahui minat dan bakat sebelum memilih jurusan? Penting banget! Jangan sampai kamu memilih jurusan karena ikut-ikutan teman ya. Memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat akan membuat kamu lebih semangat dan menikmati proses belajar selama kuliah.

So, tunggu apalagi, coba tes minat bakat di UTBK Center sekarang. Gimana caranya?

1. Klik UTBK Center

2. Pilih Tes Minat dan Bakat

3. Pilih Tes Minat Kemampuan Umum

fitur tes minat dan kemampuan ruangguru

 

Tes minat bakat ini akan terdiri dari dua bagian, yaitu tes minat dan tes bakat. Tes minat akan dibagi ke dalam tiga bagian pertanyaan, yaitu aktivitas kesukaan, aktivitas dengan kemampuan, dan profesi yang kamu sukai. Hasil tes minat akan memperlihatkan ketertarikan kamu pada kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan minat kamu.

Sementara itu, tes bakat akan terdiri dari lima bagian pertanyaan, yaitu penalaran deduktif, induktif, aritmatika, spasial, dan reasoning. Hasil dari tes bakat akan memperlihatkan penjelasan setiap subtes penalaran yang telah kamu isi beserta 10 rekomendasi jurusan sesuai dengan hasil tes minat dan bakat kamu.

 

2. Materi UTBK untuk perkuat konsep

Kamu bisa belajar materi UTBK dengan video beranimasi yang dirancang dengan menarik dan mudah dipahami. Ada fitur unggulan apa saja di video belajar UTBK ini?

a. Melihat persebaran materi UTBK

fitur strategi belajar UTBK ruangguru

 

Mulai belajar dengan melihat video persebaran materi UTBK untuk mengetahui topik yang sering keluar atau jarang keluar di UTBK. Setelah menonton video, kamu jadi bisa menyusun skala prioritas waktu belajar yang efektif sehingga kamu dapat mendahulukan topik mana yang harus kamu pelajari dengan rentang waktu yang ada.

b. Konsep Kilat

fitur konsep kilat ruangguru

 

Mau paham materi lebih cepat? Konsep Kilat akan menyediakan video pembahasan konsep dari materi utama beserta contoh soal yang sering keluar di UTBK. Kamu juga akan mendapatkan tips dan trik mengerjakan soal-soal UTBK secara lebih mudah.

c. Adapto

fitur adapto ruangguru

 

Adapto adalah video belajar adaptif yang alurnya dapat berubah-ubah sesuai dengan tingkat pemahaman kamu. Adapto akan membuat pengalaman belajar kamu lebih interaktif. Kamu bisa memilih secara langsung jawaban yang diberikan oleh guru di video, sehingga kamu juga bisa langsung mengevaluasi pemahaman kamu saat pelajaran berlangsung.

d. Bedah Tipe Soal

fitur bedah tipe soal ruangguru

 

Setelah menonton video belajar, pastinya kamu harus tes pemahaman kamu ‘kan? Nah di Bedah Tipe Soal, kamu akan diminta untuk mengerjakan beberapa soal sebelum materi dimulai. Setelah mengerjakan, video belajar akan menjelaskan kembali soal yang sudah kamu kerjakan, sehingga kamu pun semakin matang dalam berlatih.

e. Pembahasan Soal Tahun-Tahun Sebelumnya

Pembahasan soal tahun sebelumnya

 

Berlatih soal-soal UTBK tahun sebelumnya akan membantu kamu mengetahui trik mengerjakan soal tertentu. Selain itu, kamu juga bisa mengukur kemampuan kamu dan mengetahui materi mana yang sudah kamu kuasai dengan baik atau belum kamu kuasai.

 

3. Latihan Soal dan Pengayaan

Practice, practice, pratice! Yap, penting banget untuk kamu banyak berlatih soal menjelang UTBK. Nah, di UTBK Center ini juga sudah tersedia kumpulan bank soal UTBK dari berbagai kategori soal. Semua soal ini juga bisa kamu print, lho.

fitur bank soal ruangguru

 

Print soal dengan klik “Kerjakan di Kertas”. Apabila kamu mau langsung mengerjakan via aplikasi, maka langsung aja klik “Kerjakan”.

latihan soal utbk

 

Silahkan kerjakan semua soal dengan baik. Kamu bisa melihat waktu pengerjaan, nomor soal, tombol soal selanjutnya, soal selanjutnya, serta pilihan ‘Ragu-ragu’ jika kamu masih ingin mengecek kembali soal tersebut.

hasil latihan soal utbk

Setelah selesai, kamu bisa langsung melihat skor hasil pengerjaanmu dan informasi skor benar yang kamu dapatkan. Kamu juga bisa mengerjakan ulang, atau melihat pembahasan untuk mengevaluasi kembali pemahaman kamu. Nilaimu juga akan dianalisis, apakah berada di atas rata-rata siswa lainnya atau belum.

 

4. Tryout UTBK

Uji kesiapanmu hadapi UTBK dengan ikut tryout reguler, premium, dan flexi dari Ruangguru. Tryout di Ruangguru dirancang seperti UTBK aslinya. Dengan begitu, kamu bisa berlatih untuk mengerjakan UTBK, mulai dari manajemen waktu, konsentrasi, serta mengukur kemampuan dalam menghadapi soal UTBK.

tryout utbk ruangguru

 

Fitur Tryout UTBK Ruangguru:

  • Ada 3 jenis tryout: Reguler, Premium, Flexi
  • Menggunakan sistem penilaian IRT
  • Rasionalisasi Kampus
  • Analisis materi
  • Analisis peluang
  • Grafik tryout
  • Pembahasan per soal (teks)

Ada juga fitur kalender yang bisa kamu buka untuk melihat jadwal tryout yang sedang berlangsung dan akan berjalan, lho. Kamu bisa langsung menambahkan jadwal tryout ini ke Google Calendar kamu dengan klik https://bit.ly/jadwaltoutbkrg.

Lengkap banget kan fiturnya? Nggak perlu berlama-lama lagi, langsung akses UTBK Center di aplikasi Ruangguru kamu sekarang!

IDN CTA Blog UTBK Center Ruangguru 2022

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D