Kelas Generasi Maju!

Kelas Generasi Maju adalah program pendampingan belajar online khusus siswa SD/MI/Sederajat di seluruh Indonesia untuk meningkatkan performa akademik di sekolah serta menghadapi ujian berstandar nasional secara GRATIS! Program ini merupakan kerjasama antara SGM Eksplor dan Ruangguru.

Pendaftaran Kelas Generasi Maju dibuka sejak 6 April 2021 - 31 Mei 2021 untuk 1000 siswa/i terpilih yang telah melalui serangkaian proses seleksi. Bagi yang berminat dapat langsung mendaftarkan diri.

Frequently Asked Questions (FAQ)


Apa itu Kelas Generasi Maju?

Kelas Generasi Maju adalah program pendampingan belajar online khusus untuk siswa SD/MI/Sederajat Negeri/Swasta di seluruh Indonesia guna meningkatkan motivasi belajar dan performa akademik di sekolah dalam menghadapi ujian di sekolah maupun ujian berskala nasional melalui grup belajar ruangbelajar plus, try out di ruanguji, serta layanan video belajar dan latihan soal di ruangbelajar

Apa persyaratan utama mendaftar program Kelas Generasi Maju?

  • Tercatat aktif sebagai siswa kelas 3, 4, 5 SD/MI/Sederajat Negeri/Swasta di sekolah formal di seluruh Indonesia pada Tahun Ajaran 2020/2021
  • Memiliki nilai rata-rata rapor semester terakhir minimal 75
  • Belum berlangganan Ruangguru atau aplikasi belajar sejenis untuk tahun ajaran 2021/2022
  • Berasal dari keluarga dengan ekonomi menengah ke bawah (ditunjukkan dengan slip gaji/surat keterangan tidak mampu)
  • Berprestasi baik di dalam maupun di luar sekolah (ditunjukkan dengan sertifikat penghargaan)
  • Memiliki motivasi belajar yang tinggi
  • Berkomitmen mengikuti pembelajaran secara aktif selama program berjalan (ditunjukkan dengan mengisi surat komitmen belajar)
  • Mengisi formulir pendaftaran di yang ada di website

Saya sudah pernah/sedang berlangganan Ruangguru, apakah saya masih bisa ikut dalam program Kelas Generasi Maju?

Peserta yang diizinkan untuk mendaftar program Kelas Generasi Maju adalah yang belum berlangganan aplikasi Ruangguru atau aplikasi belajar lain untuk tahun ajaran 2021/2022. Jika sudah pernah berlangganan atau saat ini sedang berlangganan tetap diizinkan mendaftar asal untuk tahun ajaran baru 2021/2022 belum berlangganan. Jika terbukti memalsukan data maka akan otomatis digugurkan dalam proses seleksi atau dapat dicabut hak aksesnya (jika sudah diterima)

Saya sudah mengikuti bimbingan belajar di tempat lain, apakah saya bisa mengikuti program Kelas Generasi Maju?

Peserta yang diizinkan untuk mendaftar program Kelas Generasi Maju adalah yang belum mengikuti bimbingan belajar manapun untuk tahun ajaran 2021/2022. Jika sudah pernah atau saat ini sedang mengikuti bimbingan belajar baik online maupun offline tetap diizinkan mendaftar asal untuk tahun ajaran baru 2021/2022 belum mendaftar bimbingan belajar. Jika terbukti memalsukan data maka akan otomatis digugurkan dalam proses seleksi atau dapat dicabut hak aksesnya (jika sudah diterima).

Saya tidak memiliki prestasi di sekolah, apakah saya masih bisa mengikuti program Kelas Generasi Maju?

Adanya prestasi di sekolah baik akademik maupun non-akademik tentu akan menjadi penilaian tambahan bagi peserta yang mendaftar. Namun jika memang peserta yang mendaftar tidak memiliki prestasi apa pun di sekolah tetap diizinkan untuk mendaftar dan memaksimalkan bagian yang lain

Apakah mengikuti organisasi bisa dianggap memiliki prestasi?

Prestasi siswa tidak hanya terbatas pada hal akademik dan perlombaan. Keikutsertaan pada organisasi tertentu dapat dianggap sebagai prestasi asal dapat dibuktikan dengan sertifikat atau surat keterangan keanggotaan.

Apakah ada kriteria khusus terkait sekolah?

Siswa dari sekolah formal negeri atau swasta diperkenankan untuk mendaftar. Khusus sekolah yang berasrama yang tidak memungkinkan siswanya menggunakan handphone secara aktif setiap hari tidak diperkenankan mendaftar karena proses belajar di Ruangguru akan rutin setiap minggunya 4-5 hari. Sekolah non-formal (PKBM/homeschooling) tidak diizinkan mengikuti program ini. Siswa dari sekolah non-formal bisa mengikuti program lain dari Ruangguru yang dikhususkan untuk kategori ini.

Sekolah saya menggunakan kurikulum international, apakah saya bisa mengikuti program Kelas Generasi Maju?

Kurikulum pembelajaran yang saat ini ada di aplikasi Ruangguru adalah kurikulum nasional (K-13 Revisi, K-13, dan KTSP). Jika sekolah peserta tidak menggunakan salah satu dari kurikulum nasional tersebut, sebaiknya tidak berpartisipasi dalam program Kelas Generasi Maju.

Dokumen apa saja yang perlu saya persiapkan untuk mendaftar Kelas Generasi Maju?

  • Pas foto siswa ukuran 3x4 (background putih/biru/merah)
  • Surat komitmen belajar
  • Scan rapor semester terakhir
  • Scan sertifikat prestasi (jika ada)
  • Scan slip gaji orang tua (jika ada)
  • Scan surat keterangan tidak mampu (sebagai pengganti slip gaji jika tidak ada)

Apa ketentuan terkait pas foto?

Pas foto berukuran 3x4 formal, foto tampak depan (bukan samping atau belakang). Menggunakan pakaian rapi dan formal. Background warna polos (bisa merah/biru/putih). Tidak diperkenankan foto selfie atau berkelompok.

Bagaimana cara membuat surat komitmen belajar?

Surat komitmen belajar dapat langsung diunduh (download) melalui tautan berikut https://tinyurl.com/SuratKomitmenKGM

Bagaimana cara mengisi dan meng-upload surat komitmen di form pendaftaran?

  • Download surat komitmen pada link yang tertera di nomor 11
  • Print surat komitmen kemudian isi secara manual dengan menggunakan pulpen bertinta hitam
  • Scan / foto surat yang telah diisi dan ditanda tangan
  • Upload file di form pendaftaran

Bagaimana jika rapor saya ada di sekolah?

Setiap pendaftar wajib melampirkan rapor semester terakhir. Sehingga jika rapor masih ada di sekolah, dapat menghubungi pihak sekolah untuk meminta scan/foto rapor.

Orangtua saya tidak memiliki slip gaji, apa yang bisa saya lakukan?

Jika orangtua tidak memiliki slip gaji, maka dapat menggantinya dengan mengunggah surat keterangan tidak mampu (SKTM) yang bisa diperoleh dari pihak kelurahan setempat.

Apa format dokumen yang diunggah (upload)?

Semua dokumen yang diunggah dalam formulir pendaftaran diharuskan dalam format foto (PNG/JPG/JPEG) atau file (pdf).

Berapa ukuran maksimum dokumen yang diunggah (upload)?

Dokumen/file yang diunggah dalam formulir pendaftaran maksimal 10 MB untuk setiap item (Kartu Pelajar, Slip Gaji, Rapor, dan Sertifikat Prestasi)

Apa benefit (keuntungan) mengikuti program Kelas Generasi Maju?

  • Mendapatkan 1 buah smartphone yang dilengkapi dengan akses internet selama 2 tahun
  • Pendampingan belajar menggunakan produk ruangbelajar by Ruangguru selama 1 tahun
  • Pendampingan belajar bersama tutor dan fasilitator menggunakan produk ruangbelajar plus by Ruangguru
  • Pendampingan simulasi ujian secara berkala menggunakan fitur ruanguji by Ruangguru
  • Pendampingan belajar oleh para konselor Ruangguru
  • Modul belajar kekinian dengan desain menarik dan sesuai dengan kurikulum terbaru dalam bentuk ebook
  • Rapor perkembangan belajar setiap semester
  • Webinar berkala untuk menunjukkan kemampuan soft skill dan informasi terbaru seputar isu pembelajaran
  • Hadiah menarik di setiap tantangan belajar

Apakah semua peserta yang lolos akan mendapatkan handphone?

Seluruh peserta yang lolos program Kelas Generasi Maju akan mendapatkan semua fasilitas dan benefit yang disediakan dengan catatan bahwa untuk handphone dan paket internet akan diberikan setelah 1-2 bulan program berjalan sesuai dengan hasil evaluasi belajar setiap peserta.

Apakah ada kemungkinan siswa tidak menerima handphone tersebut?

Pada dasarnya untuk mendapatkan handphone dan paket internet, peserta yang lolos akan melakukan pembelajaran selama 1-2 bulan terlebih dahulu. Jika setelah dievaluasi tingkat partisipasi siswa sangat rendah, maka tidak akan mendapatkan handphone tersebut. Informasi lebih lengkap akan disampaikan pada saat sesi briefing peserta terpilih.

Berapa biaya untuk mengikuti program Kelas Generasi Maju?

Tidak ada pungutan biaya selama mengikuti program Kelas Generasi Maju. Semua biaya ditanggung oleh SGM Eksplor dan Ruangguru mulai dari proses seleksi hingga program berakhir.

Berapa jumlah penerima program Kelas Generasi Maju?

Ruangguru akan memilih 1000 siswa/i kelas 3, 4, 5 SD/MI/Sederajat Negeri/Swasta untuk mendapatkan beasiswa.

Daerah mana saja yang boleh berpartisipasi dalam program Kelas Generasi Maju?

Program Kelas Generasi Maju terbuka untuk siswa SD/MI/Sederajat Negeri/Swasta Tahun Ajaran 2021/2022 di seluruh Indonesia.

Kapan pendaftaran program Kelas Generasi Maju dibuka?

Pendaftaran program Kelas Generasi Maju dibuka mulai tanggal 6 April 2021 pukul 00.00 WIB hingga 31 Mei 2021 pukul 23:59 WIB. Pendaftaran yang dilakukan setelah tanggal penutupan tidak akan lagi diproses oleh tim Ruangguru.

Apa saja tahapan dalam seleksi program Kelas Generasi Maju?

Proses seleksi Kelas Generasi Maju sangatlah mudah. Peserta cukup melengkapi formulir yang ada di website. Menyiapkan semua berkas yang dibutuhkan. Hanya formulir yang lengkap yang akan diproses oleh tim Ruangguru untuk diseleksi.

Kapan peserta yang lolos akan diumumkan?

Peserta yang dinyatakan lolos dalam program Kelas Generasi Maju akan dihubungi secara personal melalui Whatsapp atau email pada rentang Juni 2021

Bagaimana caranya saya tahu lolos/tidaknya dalam proses seleksi program Kelas Generasi Maju?

Peserta yang terpilih dalam program Kelas Generasi Maju akan dihubungi secara personal oleh tim Ruangguru melalui email atau WhatsApp sesuai yang tertera dalam formulir aplikasi. Untuk itu pastikan email dan nomor WhatsApp aktif dan tidak berubah selama proses seleksi berjalan.

Apa yang harus saya lakukan jika saya lolos Kelas Generasi Maju?

Peserta yang dinyatakan lolos akan masuk ke fase berikutnya yaitu preboarding atau penjelasan mengenai program, produk yang digunakan, serta hak dan kewajiban peserta. Informasi lebih lengkapnya akan disampaikan kemudian.

Berapa lama durasi program Kelas Generasi Maju?

Program Kelas Generasi Maju akan dimulai sejak Juli 2021 (awal tahun ajaran) hingga Juni 2022 (akhir tahun ajaran)

Apakah saya bisa mengundurkan diri saat sudah terpilih sebagai peserta program Kelas Generasi Maju?

Siswa yang terpilih dalam program Kelas Generasi Maju tidak dapat mengundurkan diri di tengah program berjalan. Siswa diperkenankan mengundurkan diri di awal program saat belum dibagikan kode akses aplikasi pembelajaran.

Apa konsekuensi yang saya terima jika saya tidak aktif selama program?

Jika selama program berjalan siswa terpilih tidak aktif maka akses belajarnya akan dicabut dan dinonaktifkan oleh tim Ruangguru. Selain itu handphone yang diberikan wajib untuk dikembalikan ke pihak pemberi beasiswa.

Jika masih ada pertanyaan lain, siapa yang bisa dihubungi?

Jika masih ada pertanyaan yang tidak tertera dalam FAQ ini, maka dapat langsung menghubungi kontak person Faisol di WhatsApp +62858-1029-0831 di jam kerja antara pukul 09.00-17.00 WIB. Pertanyaan yang masuk lewat dari jam tersebut akan dibalas keesokan harinya.