[Info] Perhitungan Total Nilai pada Tugas Esai

Reyner Jonathan Sep 17, 2021 • 4 min read

ruangkelas - Tutorial untuk Guru_Mengundang guru bergabung-1

Perhitungan Total Nilai pada Tugas Esai

01 - grading essay - berikan penilaian
 
 

Pada halaman pembuatan tugas esai, tentunya Anda sudah melihat kolom bobot soal pada setiap soal. Secara default, bobot soal pada setiap soal bernilai 10. Namun, Anda dapat mengubah bobot soal pada tiap soal sesuai kebutuhan.

02_assignment_buat tugas

Lalu bagaimana perhitungan bobot soal di ruangkelas pada halaman penilaian pekerjaan siswa? Berikut perhitungan Total Nilai untuk setiap tugas esai.

 
 
03-Sep-17-2021-07-28-56-84-AM
 
 

Jika Anda bertanya mengapa total nilai siswa dikalikan 100, hal ini karena sistem penilaian di ruangkelas memiliki nilai maksimum 100. Sehingga nilai maksimal yang bisa Anda berikan kepada siswa pada tugas esai maupun pilihan ganda adalah 100.

Ilustrasi Perhitungan Total Nilai

Untuk mendapatkan informasi lebih detail lagi darimana asal Total Nilai siswa, berikut contoh yang dapat memudahkan Anda mengetahui perhitungan Total Nilai siswa.

 
 
04_assignment_buat tugas (1)
 
 

Misal Bu Fatimah memberikan tugas Bahasa Indonesia sebanyak 5 butir soal dengan bobot soal pada tiap soal seperti gambar di atas. Jika bobot soal dari seluruh soal dijumlahkan maka akan didapatkan Total Bobot Soal sebesar 50. Kemudian Bu Fatimah membagikan tugas tersebut kepada siswa di kelas.

Kemudian, Bu Fatima mengoreksi tugas salah satu siswa bernama Budi. Bu Fatimah memberikan penilaian terhadap jawaban Budi pada setiap soalnya

 
06 - grading essay - soal dengan lampiran
Screen Shot 2021-05-20 at 22.42.12
 

Jika kita lihat pada tabel, maka jumlah Nilai Budi sebesar 45 dengan Bobot Soal pada tugas tersebut sebesar 50. Jika kita melihat kembali perhitungan Total Nilai Soal, maka didapatkan Total Nilai Budi pada tugas tersebut yaitu 90.

7 nilai
 
 
penilaian akhir

 

Profile

Reyner Jonathan

Beri Komentar