Syarat dan Ketentuan Khusus Penggunaan Layanan ruangkelas

Ana Melyana Feb 4, 2021 • 8 min read


ruangkelas - Syarat dan Ketentuan Khusus penggunaan layanan ruangkelas-01

Kami berterima kasih atas kepercayaan Anda terhadap fitur Layanan ruangkelas dalam Platform Ruangguru. Mohon luangkan waktu Anda untuk membaca keseluruhan Syarat dan Ketentuan Khusus Penggunaan Layanan ruangkelas (“Syarat dan Ketentuan Khusus”) ini. Syarat dan Ketentuan Khusus ini merupakan satu kesatuan dan bagian yang tidak terpisahkan dari Syarat dan Ketentuan Umum Penggunaan Platform yang dapat diakses di https://ruangguru.com/other/terms-conditions/student (“Syarat dan Ketentuan Umum”) dan Kebijakan Privasi yang dapat diakses di https://ruangguru.com/other/privacy-policy/policy (“Kebijakan Privasi”). Dengan menggunakan Layanan ruangkelas, Anda akan dianggap telah membaca, memahami dan menyetujui Syarat dan Ketentuan Khusus ini. Oleh karenanya, jika Anda tidak menyetujui bagian apapun dari Syarat dan Ketentuan Khusus ini, mohon agar tidak melanjutkan penggunaan Layanan ruangkelas.

  • DEFINISI

“Platform Ruangguru” adalah situs resmi www.ruangguru.com yang dimiliki dan dikelola oleh Ruangguru, termasuk seluruh microsite resmi dan aplikasi smartphone Ruangguru (berbasis iOS, Android, atau sistem operasi lainnya) yang menyediakan layanan-layanan pendidikan non-formal bagi Pengguna.

“Layanan ruangkelas” adalah salah satu fitur layanan yang tersedia di dalam Platform Ruangguru, yaitu layanan Learning Management System (LMS) berupa fitur ruang kelas virtual dimana Guru dan siswa dapat berinteraksi dengan satu sama lain untuk mendukung kegiatan belajar mengajar secara online.

“Organisasi” adalah fitur pembentukan kelompok belajar yang terdiri dari gabungan Kelas-Kelas dalam Layanan ruangkelas yang dibentuk oleh seorang Admin untuk memfasilitasi kegiatan belajar mengajar secara virtual antara Guru dan siswa.

“Admin” adalah Pengguna yang pertama kali membentuk Organisasi dalam Layanan ruangkelas dan memiliki peran untuk mengatur manajemen dan informasi dalam Organisasi tersebut.

“Guru” adalah Pengguna yang memiliki peran sebagai Guru dalam Layanan ruangkelas dalam Organisasi yang dibentuk pada Layanan ruangkelas.

“Siswa” adalah Pengguna yang memiliki peran sebagai siswa dalam Layanan ruangkelas dalam Organisasi yang dibentuk pada Layanan ruangkelas.

“Pengguna” adalah setiap orang yang memiliki akun Ruangguru dan menggunakan Layanan ruangkelas.

“Kelas” adalah sebuah ruangan virtual pada Organisasi yang dimaksudkan untuk memfasilitasi sesi belajar mengajar yang terdiri dari paling sedikit satu orang Guru dan satu orang siswa.

  • KETENTUAN LAYANAN

Ketentuan Umum

  1. Layanan ruangkelas ini dapat diakses  oleh semua Pengguna Platform Ruangguru baik yang berbayar maupun yang tidak berbayar.
  2. Pengguna dapat membentuk sebuah Organisasi dalam Layanan ruangkelas di mana Pengguna lain dapat bergabung dengan menggunakan kode kelas unik (bagi siswa) atau undangan melalui email (bagi Guru) yang diterbitkan oleh sistem saat pembuatan Organisasi.
  3. Setiap Pengguna dalam sebuah Organisasi dapat berperan sebagai: (a) Admin; (b) Guru; atau (c) siswa.
  4. Seorang Pengguna tidak dapat menjadi Guru dan siswa dalam satu Organisasi yang sama.
  5. Pengguna dapat bergabung dalam lebih dari satu Organisasi dengan peran yang berbeda di masing-masing Organisasi.
  6. Tipe Organisasi dapat berupa: (a) Sekolah, (b) Bimbel, (c) Madrasah, atau lainnya.
  7. Tidak ada batasan berapa Kelas yang dapat dibuat dalam suatu Organisasi.
  8. Dalam sebuah Kelas, terdapat fitur chat room dimana Guru dan siswa dapat berinteraksi. Notifikasi mengenai tugas dan materi yang diberikan dalam Kelas juga akan muncul dalam fitur chat room.
  9. Pengguna dapat mengunggah (upload) materi dan konten dalam Kelas, dengan ketentuan bahwa semua materi dan konten yang dibagikan selama Kelas dan/atau sesi chat room tidak boleh:
    1. bernuansa politik;
    2. Mengandung materi yang tidak senonoh, menyinggung, bersifat kebencian, atau menghasut;
    3. Mengandung materi yang mencemarkan nama baik seseorang;
    4. Mempromosikan konten yang berkaitan dengan perjudian, undian, dan/atau taruhan;
    5. Mempromosikan materi yang eksplisit secara seksual;
    6. Mempromosikan kekerasan;
    7. Mempromosikan diskriminasi berdasarkan ras, jenis kelamin, agama, kebangsaan, kecacatan, orientasi seksual, atau usia;
    8. Mempromosikan layanan meretas (hacking) dan/atau membobol (cracking);
    9. Mempromosikan akses terhadap produk penipuan, pencucian uang, skema pemasaran berjenjang (multi-level marketing), serta produk bajakan;
    10. Mempromosikan akses terhadap perdagangan manusia dan organ tubuh manusia;
    11. Mempromosikan akses terhadap zat-zat terlarang dan narkotika;
    12. Mempromosikan akses terhadap rokok dan materi berbahan tembakau;
    13. Mempromosikan penjualan tidak sah terhadap produk-produk yang membutuhkan lisensi (misalnya obat-obatan, bahan peledak, senjata api, dll.);
    14. Melanggar hak cipta, hak pangkalan data (database right), atau pun merek dagang orang lain;
    15. Dapat menipu seseorang;
    16. Dibuat dengan melanggar kewajiban hukum apapun kepada pihak ketiga, seperti kewajiban kontrak atau kewajiban menjaga kerahasiaan;
    17. Mempromosikan aktivitas melanggar hukum apapun (termasuk antara lain menyebarluaskan radikalisme, ideologi yang dilarang oleh peraturan yang berlaku;
    18. Mengancam, menyalahgunakan, atau menyerang privasi orang lain, atau menyebabkan gangguan, ketidaknyamanan, maupun kecemasan yang tidak perlu;
    19. Dapat melecehkan, menyinggung, mempermalukan, membuat khawatir, atau mengganggu siapa pun;
    20. Digunakan untuk menyamar sebagai orang lain, atau untuk memalsukan identitas atau afiliasi dengan orang lain;
    21. Memberi kesan bahwa materi tersebut berasal dari Ruangguru, ketika tidak benar demikian; dan
    22. Mengadvokasi, mempromosikan, atau membantu tindakan yang melanggar hukum seperti pelanggaran hak cipta atau penyalahgunaan komputer
  10. Pengguna bertanggungjawab untuk memastikan keamanan dari setiap materi dan/atau konten yang diunggah olehnya kepada Layanan ruangkelas. Dengan itu, Anda memahami dan sepakat bahwa Kami tidak bertanggungjawab apabila terjadi kebocoran materi dan/atau konten kepada pihak ketiga manapun, termasuk Pengguna lainnya. 
  11. Kami berhak untuk membatasi jumlah perangkat yang digunakan oleh masing-masing Pengguna secara bersamaan.

Ketentuan Khusus Bagi Admin

  1. Dalam Organisasi yang dibuat olehnya, setiap Admin dapat melakukan tindakan berikut: (i) mengundang Guru dan (ii) mengubah informasi mengenai Organisasi yang dibuatnya.
  2. Admin hanya dapat mengundang Guru yang belum terdaftar dalam Organisasi, di mana dalam satu undangan hanya dapat mengundang 10 orang Guru.
  3. Tidak ada batasan jumlah undangan yang dapat diberikan oleh seorang Admin.
  4. Admin dapat mengubah informasi dan segala pengaturan atas Organisasi.
  5. Admin dapat melihat seluruh kelas yang dibuat oleh Guru dalam Organisasi yang dibuatnya.

Ketentuan Khusus Bagi Guru

  1. Guru hanya dapat diundang melalui email yang dikirimkan oleh Admin untuk bergabung ke dalam suatu Organisasi.
  2. Guru yang sudah diundang ke dalam suatu Organisasi dapat langsung membuat Kelas sesuai dengan kurikulum dan mata pelajaran yang dihendakinya.
  3. Setelah Kelas berhasil dibuat oleh Guru, sistem akan langsung menghasilkan sebuah kode unik Kelas untuk dapat dibagikan kepada Pengguna untuk dapat bergabung dalam Kelas sebagai siswa.
  4. Guru dapat mengundang Guru lain untuk bergabung ke dalam Kelas yang dibuatnya. Guru yang diundang tidak boleh terdaftar sebagai siswa di Organisasi tersebut.
  5. Guru dapat mengeluarkan anggota Kelas lainnya (siswa dan Guru).
  6. Guru dapat memberikan materi kelas, memberikan tugas dan/atau kuis dengan tenggat waktu tertentu, dan melakukan penilaian terhadap tugas dan/atau kuis yang telah diberikan kepada para siswa.
  7. Tugas dan/atau kuis yang berbentuk pilihan ganda memiliki fitur penilaian secara otomatis melalui sistem. Guru tetap memiliki pilihan untuk melakukan penilaian secara manual.
  8. Apabila hanya ada satu orang Guru dalam sebuah Kelas, maka Guru tersebut tidak dapat keluar dari Kelas.
  9. Guru dapat menghapus Kelas yang dibuat olehnya. Setelah Kelas dihapus, semua peserta Kelas tidak akan dapat melihat Kelas tersebut dalam daftar Kelas masing-masing peserta.

Ketentuan Khusus Bagi Siswa

  1. siswa dapat bergabung ke dalam Kelas selama Kelas belum beranggotakan 100 orang Pengguna. 
  2. Tidak ada batasan jumlah Kelas bagi seorang siswa dalam satu Organisasi.
  3. siswa akan mendapatkan materi pelajaran dari Guru dalam Kelas.
  4. siswa dapat mengerjakan tugas dan/atau kuis yang diberikan oleh Guru dalam sesi Kelas, yang dapat dievaluasi dan diberikan penilaian oleh Guru.
  5. siswa dapat mengumpulkan tugas dan/atau kuis melewati jangka waktu yang diberikan oleh Guru. Dalam hal siswa telat mengumpulkan tugas dan/atau kuis maka Guru akan mendapatkan pemberitahuan melalui status bahwa siswa “terlambat mengumpulkan” tugas dan/atau kuis tersebut.

KETENTUAN LAINNYA

  1. Ketentuan lain dalam Syarat dan Ketentuan Penggunaan Platform dan Kebijakan Privasi yang tidak diubah oleh Syarat dan Ketentuan Khusus ini akan tetap berlaku sepanjang tidak bertentangan dan/atau diatur secara khusus oleh Syarat dan Ketentuan Khusus ini.
  1. Dalam hal terdapat pertentangan antara ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan Penggunaan Platform dan Kebijakan Privasi dengan ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan Khusus ini, maka yang berlaku adalah Syarat dan Ketentuan Khusus ini.
  2. Ruangguru memiliki hak untuk membekukan dan/atau menghapus akun Pengguna yang Kami anggap melanggar ketentuan yang terkandung dalam Syarat dan Ketentuan Umum dan/atau Syarat dan Ketentuan Khusus Layanan ruangkelas.
  3. Apabila terdapat kendala/keluhan pada saat mengakses Layanan ruangkelas, Pengguna dapat melaporkannya ke info@ruangguru.com atau WA ke nomor 0815-7820-0000
  4. Anda setuju untuk membebaskan dan mengganti-rugi Kami terhadap setiap tuntutan yang diajukan dan kerugian yang Kami timbulkan dalam bentuk apapun, baik langsung atau tidak langsung, terkait atau sehubungan dengan pelanggaran pernyataan, jaminan atau ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan Penggunaan Platform dan/atau Syarat dan Ketentuan Khusus ini atau tidak dilaksanakannya suatu kewajiban dalam Syarat dan Ketentuan Penggunaan Platform dan/atau Syarat dan Ketentuan Khusus ini oleh Anda.

Kami dapat mengubah Syarat dan Ketentuan Khusus ini dari waktu ke waktu, perubahan mana akan diberitahukan kepada Anda dalam bentuk dan melalui sarana apapun, termasuk namun tidak terbatas pada pemberitahuan melalui e-mail; dan Anda setuju bahwa Anda bertanggung jawab untuk meninjau Syarat dan Ketentuan Khusus ini secara berkala. Penggunaan secara berkelanjutan oleh Anda atas Layanan ruangkelas yang diberikan dalam Platform Ruangguru setelah perubahan dan/atau penambahan Syarat dan Ketentuan Khusus yang berlaku, akan dianggap sebagai persetujuan dan penerimaan Anda atas perubahan dan/atau penambahan tersebut.

Beri Komentar