Pasti Berhasil di Ujian Akhir? Lakukan 4 Tips Belajar Ini!

Ujian Akhir untuk semester ini sudah di depan mata. Mulai dari merapikan catatan hingga membentuk kelompok belajar, biasanya pasti dilakukan untuk melalui ujian dengan sukses. Bahkan tak jarang beberapa murid sampai menyiapkan bahan contekan karena merasa takut tidak mampu menjawab soal ujian dengan baik, mendapatkan nilai jelek dan harus remedial. Nah, sebenarnya kamu tidak perlu takut bila telah belajar dengan baik dan melakukan tips dibawah ini untuk mendukung kegiatan belajar kamu. Apa aja, sih? Berikut 4 tips menarik yang bisa membuat kamu semangat belajar!

1. Tidur yang cukup

Tidur CukupTidur yang cukup (Sumber: youngandraw.com)

Saat kamu kurang tidur, maka materi pelajaran pun tidak akan diserap otak dengan baik. Pastikan kamu tidur 8 jam sehari agar badan bugar dan siap belajar. Hal ini juga berguna untuk mencegah gampang mengantuk dan lelah ketika belajar.

2. Pasang musik instrumental

Mendengarkan musik saat belajar dapat membuat kita lebih bersemangat, tetapi kadang kita malah ikutan bernyanyi. Ada baiknya musik yang kita putar adalah musik klasik atau intrumental, yang menurut penelitian dapat membantu meningkatkan daya berpikir manusia.

3. Jauhkan distraksi

Saat belajar, usahakan agar selalu fokus terhadap bahan yang ingin kita pelajari. HP biasanya menjadi distraksi terbesar apalagi saat kita melihat notifikasi yang muncul di layar, pasti tangan menjadi gatal untuk buka HP dan ujungnya asyik scrolling timeline media sosial. Lebih baik menonaktifkan HP agar kita tetap fokus.

4. Buat jadwal belajar

Jadwal Belajar

Buat jadwal belajar (Sumber: laurenceschool.blogspot.com)

Supaya waktu belajar kita terarah dan efisien, ada baiknya kita membuat sebuah timeline yang memuat jadwal kapan kita belajar subyek tertentu setiap harinya. Be creative, dan mungkin bisa ditambah dengan gambar universitas impian atau foto idola kita loh, supaya lebih semangat!

Nah, itu tadi 4 tips yang bisa kamu lakukan untuk menunjang kegiatan belajarmu agar semakin asyik dan lebih siap dalam menghadapi ujian akhir! Atau kamu punya cara unik sendiri untuk meningkatkan semangat belajar? Yuk share di kolom komentar!

Selamat mencoba dan beat that final exam! Cheers!

Ruangguru