Ini Dia Alasan Kenapa Kamu Harus Belajar Coding Mulai Dari Sekarang!

Alasan Kenapa Kamu Harus Belajar Coding

Tertarik dengan dunia coding tapi masih ragu ingin mempelajarinya? Simak, alasan kenapa kamu harus belajar coding mulai dari sekarang!

--

 

Siapa yang pada tahun 2020 lalu nonton drama Korea Start-Up? Mungkin kamu masih ingat, dalam drama tersebut, tokoh utama laki-lakinya yaitu Nam Dosan, beserta kedua temannya, yaitu Kim Yongsan dan Lee Chulsan, merupakan tim programmer handal yang mampu menciptakan program untuk mengenali benda-benda di sekitar menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI). Mereka bertiga tergabung dalam tim Samsan Tech yang kemudian mengalami banyak halangan dan rintangan sebelum akhirnya bisa menjadi Start Up yang sukses.

Setelah drama tersebut tayang dan melejit popularitasnya, pasti banyak kan dari kamu yang mendadak tertarik kuliah di bidang IT supaya bisa menjadi programmer handal seperti geng Samsan? Hayoo, ngakuu!

 

samsan tech 2

Tim Samsan Tech di drama Start Up (Sumber: medium.com)

 

Nah, kalau kamu ingin menjadi programmer, alangkah baiknya kalau kamu belajar bahasa pemrograman alias code atau coding mulai dari sekarang. Eits, tapi meskipun kamu nggak ingin jadi programmer, bukan berarti kamu nggak boleh belajar coding juga, lho! Ilmu coding terbuka untuk dipelajari oleh siapa saja, baik yang berprofesi sebagai programmer, maupun bukan.

"Hmm, kenapa sih, harus mulai belajar coding dari sekarang? Emangnya nggak boleh ya, kalau belajarnya nanti aja waktu udah kuliah?"

Penasaran? Yuk, simak alasan kenapa kamu harus belajar coding mulai dari sekarang!

 

1. Sebagai Persiapan Sebelum Berperang

Kamu mau belajar coding nanti aja waktu udah kuliah? Atau belajarnya nanti aja kalau emang bener-bener udah dibutuhkan? Boleh-boleh aja sih.. Tapi, coba bayangin deh, kalau kamu belajar coding mulai dari sekarang. Tentunya, kamu akan lebih dulu memahami tentang ilmu perkodingan sejak jauh-jauh hari sebelumnya. Jadi, nanti ketika kamu udah kuliah, atau ketika kamu butuh ilmu coding dalam pekerjaan, kamu udah selangkah lebih paham tuh, dibandingkan jika kamu belum mempelajarinya sama sekali. At least, kamu udah belajar dasar-dasarnya dulu deh, jadi nanti saat kamu 'berperang' kamu udah punya persiapan senjata dan tameng, hihiw!

 

2. Membuka Banyak Kesempatan Karier

 

karir

Karier di bidang IT terbuka lebar (Sumber: unsplash.com)

 

Di era yang serba digital ini, belajar coding dapat membuka banyak kesempatan karier untuk kamu di dunia kerja. Meskipun kamu nggak kuliah di bidang IT, tapi kalau kamu punya kemampuan coding yang mumpuni, kamu bisa banget lho, mendapat posisi pekerjaan yang ada hubungannya dengan coding, seperti Programmer, Software Engineer, Web Engineer, Game Developer, dan lain sebagainya. Selain itu, ada juga posisi pekerjaan lainnya yang tidak terlalu fokus pada coding, tapi tetap membutuhkan pemahaman soal coding, seperti Technical Writer, IT Analyst, dan Quality Assurance.

 

3. Mengasah Kemampuan Critical Thinking dan Problem Solving

Dengan belajar coding, kamu akan sering kali menemukan permasalahan yang membuat kamu berpikir kritis untuk menemukan sebuah solusi, atau biasa kita kenal dengan critical thinking dan problem solving. Misalnya, saat sedang ngoding, tiba-tiba ada bug yang kamu nggak ngerti bagaimana cara menyelesaikannya. Tentunya, kamu akan berusaha terus untuk menemukan cara agar bug tersebut bisa dihilangkan dan program kamu bisa kembali berjalan lancar. Nah, dengan begitu kemampuan critical thinking dan problem solving kamu akan terlatih dan nantinya, kamu bisa memanfaatkan kemampuan ini di dunia kuliah maupun dunia kerja.

 

4. Menambah Relasi, Pengalaman, dan Penghasilan

Kamu masih kuliah tapi ingin punya penghasilan tambahan? Coding bisa banget lho, jadi jembatan kamu untuk mendapatkan penghasilan tambahan! Caranya gimana? Caranya adalah dengan ikutan project-project yang ada di kampus kamu, baik project bersama dosen, kating, maupun teman seangkatan atau adik tingkat. Selain itu, kamu bisa juga mendaftarkan diri mengikuti kompetisi, lomba, atau ikutan hackathon seperti di drama Start Up. Kalaupun kamu nggak menang dan gagal mendapatkan hadiah, setidaknya kamu sudah berhasil mendapatkan pengalaman dan menambah teman atau relasi di bidang IT melalui perlombaan tersebut. Seru, kan? Seru, doong!

 

5. Bisa Menjadi Hobi yang Menyenangkan

 

coding

Baris kode (Sumber: unsplash.com)

 

Kalau kamu cuma ingin belajar coding hanya sebatas sebagai hobi juga nggak masalah, lho. Misalnya, kamu kuliah dan bekerja di bidang akuntansi, lalu kamu tertarik mempelajari coding hanya sebagai hobi supaya kamu punya kegiatan lain di luar kegiatan sehari-hari kamu yang berhubungan erat dengan bidang keuangan. Nggak papa banget, guys! Nggak ada yang ngelarang, kok! Seperti yang tadi sudah dibahas di atas, ilmu itu terbuka untuk dipelajari oleh siapapun, termasuk ilmu pemrograman. Meskipun tujuannya hanya sebatas sebagai hobi, kamu tetap boleh kok mempelajari suatu ilmu yang membuat kamu tertarik! Kamu bisa belajar sendiri secara otodidak melalui buku, artikel, maupun video tutorial, atau kamu juga bisa mengikuti kursus privat.

 

6. Bisa Bermanfaat Bagi Banyak Orang

Belajar coding nggak cuma bermanfaat bagi diri sendiri, tapi juga bisa bermanfaat bagi orang lain, lho! Kok bisa? Bisa, dong! Misalnya, kamu berhasil membuat suatu game edukasi, yang bisa membantu adik-adik usia sekolah untuk belajar materi pelajaran sambil bermain. Contoh lainnya, seperti yang diceritakan dalam drama Start Up, tim Samsan Tech berhasil membuat aplikasi bernama NoonGil yang bisa membantu orang-orang tuna netra untuk mengenali benda-benda yang ada di sekitarnya. Atau, kalau kemampuan kamu masih belum setinggi itu, kamu bisa juga lho, mengajarkan ilmu coding yang sudah kamu pelajari kepada adik-adik usia dini yang mungkin memiliki ketertarikan di bidang coding dan ingin belajar coding sejak dini. Jadi, manfaat yang dihasilkan nggak cuma untuk diri sendiri aja, tapi juga untuk orang lain. Tentunya kamu senang dong, kalau bisa memberi manfaat bagi orang lain?

---

Nah, itu dia beberapa alasan kenapa kamu harus belajar coding mulai dari sekarang. Gimana? Tertarik belajar coding mulai dari sekarang? Yuk, belajar coding bersama Ruangguru Privat! Di sini, kamu bisa menemukan berbagai guru privat dari berbagai bidang ilmu, baik akademis maupun nonakademis!

New call-to-action

Sumber Gambar:

Gambar ‘Samsan Tech’ [Daring]. Tautan: https://miro.medium.com/max/1400/0*mO6hakLpHeUxqLsE.jpg (Diakses: 7 Juli 2022)

Gambar ‘Code Lines’ [Daring]. Tautan: https://unsplash.com/photos/4hbJ-eymZ1o (Diakses: 7 Juli 2022)

Gambar ‘Karier’ [Daring]. Tautan: https://unsplash.com/photos/n95VMLxqM2I (Diakses: 7 Juli 2022)

Profile

Kenya Swawikanti

A full-time cat person who likes spicy food a bit more than Oreo cheesecake and chocolate ice cream. You can call me Kenya or Kay. Nice to meet you!