Cara Menghitung Keliling dan Luas Segitiga | Matematika Kelas 7

cara menghitung keliling dan luas segitiga

Dalam artikel Matematika Kelas 7 kali ini, kita akan belajar cara menghitung keliling dan luas segitiga. Yuk simak selengkapnya!

--

Eh, jadi nggak nih kita cari buku Matematika bareng?”

“Jadi dong. Ketemuan di taman segitiga deket pos satpam komplek ya. Jam 4 sore gimana?”

“Oke deh. Kalau aku belum dateng tungguin ya”

“Siap”

Kedua teman kita tadi akhirnya bertemu di sebuah taman berbentuk segitiga di dekat komplek perumahan mereka.

Sebentar. Taman segitiga? Memangnya ada? Kebanyakan yang ada itu taman berbentuk segiempat, atau bahkan taman seperti ini yang kamu sering datangi.

taman mini - keliling dan luas segitiga

Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta (sumber: expedia.com )

Yah, kalau taman seperti gambar di atas itu tadi Taman Mini Indonesia Indah yang ada di Jakarta. Taman segitiga di komplek perumahan nggak sebesar itu. Biasanya, taman segitiga itu luasnya seperti ini.

taman segitiga cimahi

 Contoh taman segitiga. Taman Segitiga di daerah Cimahi, Bandung. (sumber: jabarprov.go.id)

Nah, wujud taman segitiga itu ya seperti itu tadi Squad. Di artikel kali ini kita akan membahas tentang cara menghitung keliling dan luas segitiga. Ini juga bisa diterapkan untuk menghitung keliling dan luas taman yang bentuknya segitiga lho, guys.

Baca Juga: Mengenal Berbagai Jenis Segitiga Berdasarkan Sisi dan Sudut

 

1. Menghitung Keliling Segitiga

Apakah menghitung keliling segitiga harus dilakukan dengan berlari mengelilingi lapangan segitiga tersebut? Bukannya hasil yang didapat, kamu malah merasakan kelelahan, kecuali kalau kamu memang niatnya untuk jogging mengelilingi taman, wah itu sehat namanya.

(sumber: giphy.com)

Perlu kalian ketahui nih, keliling suatu bangun datar merupakan gabungan dari jumlah panjang sisi yang membatasinya. Kalau segitiga itu kan ada tiga sisi, jadi kalau mau menghitung kelilingnya dapat dihitung dengan cara menjumlahkan panjang dari setiap sisi dari segitiga tersebut.

 

keliling dan luas segitiga

(sumber: rumus-matematika.com)

Coba kalian perhatikan segitiga di atas. Ada 3 sisi yakni AB, BC, dan CA. Nah, untuk menghitung keliling segitiga menggunakan rumus

rumus keliling segitiga

Baca Juga: Apa Saja Bagian-Bagian dari Properti Sudut?

 

2. Menghitung Luas Segitiga

Ada dua cara nih Squad untuk mencari tahu luas sebuah segitiga. Ada yang menghitung berdasarkan alas dan tinggi segitiga. Ada juga yang menghitung berdasarkan panjang sisinya.

 

A. Berdasarkan alas dan tinggi

Menghitung luas segitiga itu nggak sulit kok Squad. Coba kamu lihat segitiga ABC berikut.

alas dan tinggi segitiga

 

(sumber: rumusdasar.com)

Nah, kalau kalian perhatikan, ada garis putus-putus (garis bantuan) yang selalu tegak lurus dari alas segitiga ke titik puncak segitiga. Kalau digambar tersebut t ialah tinggi dan a ialah alas.

Lalu, gimana rumus untuk menghitung luas segitiga berdasarkan alas dan tinggi? Ini dia

 Mudah bukan? Hanya menghitung setengah dikali alas dikali tinggi.

 

B. Berdasarkan panjang sisi

Selain menggunakan menggunakan alas dan tinggi, rumus luas segitiga dapat dicari menggunakan panjang ketiga sisinya. Coba perhatikan segitiga berikut.

panjang sisi segitiga

(sumber: tarokutu.com)

Coba deh kamu perhatikan segitiga ABC tersebut.

Panjang BC = a

Panjang CA = b

Panjang AB = c

Panjang masing-masing sisi segitiga tersebut jika dijumlahkan akan mendapatkan hasil keliling segitiga. Coba lihat lagi rumus keliling segitiga.

Nah, untuk mencari luas segitiga berdasarkan panjang sisinya, maka kamu harus mencari besar dari setengah keliling segitiga yang dilambangkan dengan s.

rumus setengah keliling segitiga

Setelah mendapatkan hasil dari setengah keliling segitiga (s), tinggal kamu masukin deh rumus untuk menghitung luas segitiga berdasarkan panjang sisi.

rumus luas segitiga

Supaya kamu semakin paham dengan cara menghitung keliling dan luas segitiga, coba jawab latihan soal berikut ya dan berikan jawaban yang menurut kamu benar di kolom komentar.

contoh soal keliling segitiga

 

Nah, itu tadi cara menghitung keliling dan luas segitiga. Mudah bukan? Kalau kamu masih ingin belajar matematika lebih banyak lagi dan tentunya dengan cara yang seru, yuk langganan ruangbelajar sekarang juga! 

New call-to-action

Profile

Tedy Rizkha Heryansyah