Gagal Lolos, Bagaimana Cara Daftar Ulang Kartu Prakerja?

SA Prakerja - Gagal Daftar-01

Artikel ini memberi informasi tentang cara ikut Program Prakerja kembali setelah Anda gagal di gelombang sebelumnya.

Program terbaru dari Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Kartu Prakerja terus diminati oleh banyak dari kalangan masyarakat. Terbukti, berdasarkan data yang dipaparkan melalui situs indonesia.go.id, sampai tanggal 7 Desember 2020 sudah ada 43,8 juta pendaftar di situs resmi Program Kartu Prakerja. Namun, tentu saja tidak memungkinkan semuanya dapat diterima. Sebagian dipastikan tidak lolos karena adanya mekanisme verifikasi data kembali. Guna menyaring peserta yang benar-benar tepat sasaran. 

Tapi, saya yakin kok memenuhi kualifikasi”. 

Nah, coba dicek kembali poin-poin berikut: Warga Negara Indonesia (WNI), usia di atas 18 tahun, tidak sedang bersekolah atau menempuh pendidikan, dan belum/tidak menerima bantuan sosial (bansos) dari pemerintah. Anda yakin masuk dalam kriteria tersebut? Ternyata, tidak hanya sampai di situ. Ada beberapa tahapan lagi yang dilakukan oleh pihak pelaksana program.

Baca juga: Begini Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 13, Nggak Susah Kok!

Misalnya saja, memeriksa NIK (Nomor Induk Kependudukan) atau nomor telepon Anda. Kemudian, mengecek server pihak Kementerian Pendidikan untuk membuktikan bahwa peserta memang sedang tidak menempuh pendidikan kuliah atau sekolah. Selanjutnya, hati-hati dengan foto yang sudah diunggah saat mendaftar ya! Sebab akan disesuaikan dengan foto yang tertera di KTP (Kartu Tanda Penduduk).

Berdasarkan data, sudah ada lebih dari 30.000 orang yang gagal lolos dalam program prakerja dan mayoritas karena kualitas foto diri kurang bagus dan tidak terbaca dalam sistem face recognition (teknologi pengenalan wajah). Misalnya seperti, blur, mengenakan kacamata atau topi, telinga yang tidak terlihat, miring, atau berbayang/gelap. Dengan begitu, wajah tidak akan dikenali sebagai seseorang yang sama. Anda pun gagal. 

Dashboard Kartu Prakerja

Tampilan dashboard  pendaftaran gelombang Prakerja (Sumber: fajriunjun.com)

Cara Ikut Program Prakerja Kembali

Beruntung, pihak manajemen tidak membatasi peserta untuk kembali daftar prakerja di gelombang selanjutnya jika belum lolos. Benarkah? Ya, tetapi ada 2 hal yang harus diperhatikan. Anda harus menyadari, tidak lolos karena alasan yang mana?

1) Tahap verifikasi data; atau 2) Kehabisan kuota. Jika jawabannya adalah poin pertama, maka sudah tentu harus mengulang kembali mengisi data yang benar/sesuai. Jika kesalahannya hanya terdapat pada foto, maka dapat mengunggah tanpa harus mengisi data dari awal.

Sementara, jika faktor Anda tidak lolos disebabkan kuota penuh, maka yang dapat dilakukan cukup dengan mengikuti seleksi gelombang. Pada dasarnya, setiap seleksi gelombang mempunyai periode tertentu dan kuota yang tersedia, pada saat Anda melakukan proses pendaftaran, jangan lupa segera untuk ikut seleksi gelombang agar tidak ketinggalan kuota ya.

Silakan cek pada laman dashboard untuk cek gelombang yang masih terbuka. Apabila, kehabisan kuota gelombang periode ini, maka dapat menunggu hingga seleksi selanjutnya dibuka. Tanpa harus mengulang lagi dari tahap penginputan data. 

Selanjutnya, jika lolos seleksi gelombang maka akan menerima notifikasi melalui sms, dan dapat langsung melihat nomor Kartu Prakerja dan status saldo pada dashboard akun. Seperti diketahui, pada saat ini pemerintah sudah meloloskan sebanyak 600.000 peserta hasil dari seleksi gelombang terakhir, yaitu gelombang 12. Penerimaan peserta ini mengalami penambahan karena pada gelombang 1, jumlah kuota peserta yang menerima pelatihan hanya lah 200.000.

Adapun untuk gelombang ke-13 sudah dibuka pada hari ini, Kamis 4 Maret 2021 dengan jumlah kuota masih di angka 600.000. Untuk itu manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik mungkin.

Bila Anda sudah tiga kali belum berhasil lolos program Kartu Prakerja, Anda juga tetap bisa mendaftar lho! Caranya, dengan mengirimkan surat pernyataan gagal Prakerja yang dapat diunduh di bit.ly/suratpernyataangagalprakerja lalu kirim attachment tersebut melalui email kepesertaan@prakerja.go.id. Anda dapat menonton video di bawah ini untuk penjelasan lebih lengkapnya.

Video tutorial pengajuan surat pernyataan gagal Prakerja

Jadi, bagi yang kemarin belum sempat mendaftar segera ikuti seleksinya di prakerja.go.id jangan menyerah, ya! Selalu ingat cara daftar ulang kartu prakerja sesuai penjelasan di artikel ini. Terus mencoba dan jadilah #SiapDariSekarang untuk masa depan karier Anda yang lebih baik lagi. 

My CTA (Sep 14, 2020 12:56 PM)

Ruangguru