Hadapi UN Bahasa Indonesia 2017 dengan Mempelajari Tipe-Tipe Soal Berikut!

Banyak yang sering gagal di Ujian Nasional dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Tidak heran, mata pelajaran ini agak menakutkan bagi para siswa. Well, selain harus membaca soal panjang dengan cermat, pilihan jawabannya pun terkadang menjebak. Namun, hal ini bisa kamu atasi dengan memelajari tipe-tipe soal UN Bahasa Indonesia. Yuk simak latihan soal beserta pembahasannya!

—————————————————————————————————————————————–

Cermati bagian penutup surat berikut!

Demikian lamaran ini kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.

1. Agar menjadi kalimat efektif, bagian kalimat yang harus diperbaiki adalah ….

UN bahasa indonesia - Ruangguru

KUNCI : B

PEMBAHASAN :

Perbaikan kalimat kami menjadi saya karena surat pribadi.

UN bahasa indonesia - Ruangguru

Walaupun sejak tahun 2005 setiap 1 Oktober diperingati sebagai hari Kesaktian Pancasila, bobot kesaktian Pancasila makin hilang. Kesaktian Pancasila yang dulu diagungkan, bagi generasi sekarang dianggap sebagai rekayasa Orde Baru. Upaya menghidupkan kembali kesaktian Pancasila jadi utama. Belakangan bahkan ingin dikembangkan paradigma sebagai salah satu pilar kehidupan berbangsa selain UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika. Menempatkan sebagai salah satu pilar secara tidak langsung mendegradasi bobot Pancasila.

Kesaktian Pancasila terletak sebagai posisi ideologis dasar negara. Ketika Pancasila tidak lagi dianggap sebagai batu sendi dan common platform bernegara Indonesia, apalagi tidak lagi menjadi wacana publik maka kesaktiannya pun berangsur punah. Pancasila tidak lagi hanya berada di ujung tanduk dan masuk kotak, tetapi juga terbuang percuma. Olah pikir di atas perlu diapresiasi sebagai upaya revitalisasi nilai-nilai Pancasila. Sebagai ideologi, Pancasila terbuka dikembangkan sesuai dengan kebutuhan aktual, terutama dalam praktik bernegara dan bermasyarakat di Indonesia.

2. Opini redaksi yang terdapat dalam tajuk rencana tersebut adalah …

UN bahasa indonesia - Ruangguru

KUNCI : A

PEMBAHASAN :

Opini merupakan pendapat yang belum terjadi, masih diperkirakan. Opini redaksi artinya pendapat orang yang menulis. Opini redaksi tampak pada paragraf ke-2. Maka jawabannya

UN bahasa indonesia - Ruangguru

Kualitas pendidikan di Indonesia masih sangat memprihatinkan. Hal tersebut tercermin, antara lain, dari hasil studi kemampuan membaca untuk tingkat Sekolah dasar (SD) yang dilaksanakan oleh organisasi International Education Achievement (IEA) yang menunjukkan bahwa siswa SD di Indonesia berada pada urutan ke-38 dari 39 negara peserta studi. Sementara untuk tingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP), studi untuk kemampuan matematika siswa SMP sederajat di Indonesia hanya berada pada urutan ke-39 dari 42 negara dan untuk kemampuan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) hanya berada di urutan ke-40 dari 42 negara peserta.

3. Ide pokok dari paragraf tersebut adalah ….

UN bahasa indonesia - Ruangguru

KUNCI : C

PEMBAHASAN :

Ide pokok terbagi atas:

  • eksplisit : sama dengan cara mencari kalimat utama (KU)
  • implisit : sama dengan cara mencari simpulan

pada kalimat ke-2 terdapat …-nya maka KU di depan (no 1). Jadi ide pokoknya kualitas pendidikan.

4. Mengapa kualitas pendidikan di Indonesia masih sangat memprihatinkan?

UN bahasa indonesia - Ruangguru

KUNCI : A

PEMBAHASAN :

Kalimat pertanyaan yang tepat ialah kalimat pertanyaan yang jawabannya ditemukan dalam teks. Maka jawabannya A. ditemukan pada kalimat ke-2.

UN bahasa indonesia - Ruangguru

Cermatilah puisi kontemporer berikut!

UN bahasa indonesia - Ruangguru

5. Ciri yang menonjol pada puisi tersebut adalah ….

UN bahasa indonesia - Ruangguru

KUNCI : A

PEMBAHASAN :

Puisi kontemporer merupakan puisi bebas yang keluar dari kaidah atauran yang ada.

Pada puisi di atas yang menonjol ialah kenakalan idenya sebab ragunan merupakan kumpulan binatang maka dinamakan kebun binatang. Bila Chairil Anwar binatang jalang maka dia bertanya bloknya berapa di Ragunan?

—————————————————————————————————————————————–

Ingin latihan soal Bahasa Indonesia lebih banyak lagi? Yuk, cobain Tryout Ujian Nasional di LINE Academy! Masih berlangsung hingga 30 Maret 2017 nanti lho! Baca syarat dan ketentuannya di sini. GRATIS!

Selain itu, kamu juga bisa belajar materi-materi persiapan UN melalui video belajar dari RuangVideo.

Psst, sehabis Bahasa Indonesia, masih ada mata pelajaran UN lainnya lho yang akan dibahas di blog Ruangguru. Stay tuned, smart buddies! (TN)

—————————————————————————————————————————————–

Lihat soal UN Bahasa Inggris 2017 di sini.

Lihat soal UN Matematika SMA (IPA)  2017 di sini.

Lihat soal UN Matematika SMA (IPS)  2017 di sini.

Lihat soal UN Biologi  2017 di sini.

Lihat soal UN Fisika  2017 di sini.

Ruangguru