Latihan Soal UTBK SBMPTN 2021: Biologi

header latihan soal utbk 2021 biologi

2 bulan menjelang UTBK SBMPTN 2021, kamu udah belajar apa aja nih? Daripada buang waktu buat rebahan, yuk kita latihan soal lagi. Kali ini materinya seputar TKA Biologi. Selamat belajaaar~

---

Separator Latihan Soal_biologi.png

1. Topik      : Metabolisme Sel

Subtopik    : Soal katabolisme 

Perhatikan proses katabolisme di bawah ini!

proses katabolisme

Hal yang tepat mengenai proses pada gambar di atas adalah …. 

  1. proses tersebut merupakan tahapan terakhir dari respirasi aerob
  2. proses tersebut terjadi di membran dalam atau krista mitokondria
  3. merupakan salah satu tahapan pada fermentasi
  4. tahapan yang menghubungkan antara glikolisis dengan siklus krebs
  5.  tahapan tersebut terjadi setelah siklus krebs

Jawaban : D

Pembahasan : Berdasarkan gambar di atas terlihat bahwa proses tersebut menggunakan asam piruvat sebagai bahan dan menghasilkan asetil KoA, NADH, serta . Hal Ini menunjukkan bahwa proses tersebut merupakan tahap dekarboksilasi oksidatif. Dekarboksilasi oksidatif merupakan tahapan yang menghubungkan antara glikolisis dengan siklus krebs karena terjadi setelah glikolisis dan tahap selanjutnya setelah tahap dekarboksilasi oksidatif adalah siklus krebs. 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

Separator Latihan Soal_biologi.png

2. Topik : Organisasi kehidupan  

Subtopik : Soal jaringan dan organ tumbuhan 

Perhatikan gambar berikut ini!

jaringan organ tumbuhan

Bagian yang berfungsi untuk mencegah menguapnya air dari daun ke atmosfer serta pelindung dan pembatas antara jaringan tumbuhan secara berurutan ditunjukan oleh nomor ….

  1. 1 dan 2
  2. 2 dan 3
  3. 3 dan 4
  4. 2 dan 4
  5. 5 dan 2

Jawaban : A

Pembahasan : Bagian yang berfungsi untuk mencegah menguapnya air dari daun ke atmosfer adalah kutikula (bagian nomor 1). Kutikula merupakan senyawa kompleks yang tersusun atas hidrokarbon tahan air berupa kutin, sehingga memiliki tekstur yang licin. Karena bersifat anti air, kutikula berfungsi untuk mencegah menguapnya air dari daun ke atmosfer atau mengurangi laju transpirasi. Sedangkan bagian yang berfungsi sebagai pelindung pelindung sekaligus pembatas antara jaringan tumbuhan dengan lingkungan luar adalah epidermis (bagian nomor 2).  

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

Separator Latihan Soal_biologi.png

3. Topik : Struktur dan Fungsi Organ Tubuh Manusia 

Subtopik : Soal Sistem Organ Manusia 1

Perhatikan gambar di bawah ini!

sel tubuh manusia 

Pernyataan dibawah ini yang benar tentang kedua jenis sel di atas adalah …

  1. Sel A mengandung pigmen iodopsin yang merupakan reseptor untuk penglihatan malam.
  2. Sel B mengandung pigmen rhodopsin yang merupakan reseptor untuk penglihatan pada cahaya terang dan penglihatan warna.
  3. Opsin pada sel A akan mencari retinin untuk membentuk rhodopsin ketika ada perubahan cahaya dari cahaya gelap ke cahaya terang.
  4. Opsin pada sel A akan mencari vitamin A untuk membentuk rhodopsin ketika ada perubahan cahaya dari cahaya terang ke cahaya gelap.
  5. Opsin pada sel B akan mencari vitamin A untuk membentuk iodopsin ketika ada perubahan cahaya dari cahaya terang ke cahaya gelap.

Jawaban : D

Pembahasan : Gambar pada soal adalah gambar sel batang/bacillus cell (A) dan sel kerucut/conus cell (B) yang terdapat didalam retina mata. Sel batang mengandung pigmen rhodopsin yang merupakan reseptor untuk penglihatan malam sedangkan sel kerucut mengandung pigmen iodopsin yang merupakan reseptor untuk penglihatan pada cahaya terang dan penglihatan warna. Mekanisme kerja pigmen rhodopsin dan iodopsin terjadi secara berlawanan. Ketika terjadi peralihan kondisi gelap ke terang, rhodopsin pada sel batang akan pecah menjadi opsin dan vitamin A. Sedangkan pada sel kerucut, opsin akan bereaksi dengan retinin untuk membentuk pigmen Iodopsin sehingga dapat melihat warna pada kondisi terang. Ketika terjadi perubahan kondisi dari cahaya terang menjadi cahaya gelap, iodopsin pada sel kerucut akan terurai menjadi opsin dan retinin. Sedangkan, opsin pada sel batang akan berikatan dengan vitamin A untuk membentuk rodopsin sehingga dapat melihat warna hitam pada kondisi gelap

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.  

Separator Latihan Soal_biologi.png

4. Topik : Penerapan Bioteknologi

Subtopik : Soal Bioteknologi Konvensional

Tanaman tembakau yang disisipi gen kunang-kunang mampu melepaskan energi cahaya sehingga tampak bersinar.

SEBAB

Kunang-kunang (Photuris) menggunakan substrat berupa D-lusiferin untuk menghasilkan pendaran.

A. Jika pernyataan benar, alasan benar, dan menunjukkan hubungan sebab akibat.
B. Jika pernyataan benar, alasan benar, tetapi tidak menunjukkan hubungan sebab akibat.
C. Jika pernyataan benar, alasan salah.
D. Jika pernyataan salah, alasan benar.
E. Jika pernyataan salah, alasan salah.

Jawaban : A

Pembahasan : Tumbuhan yang disisipi oleh suatu gen disebut dengan tumbuhan transgenik. Salah satu contoh tumbuhan transgenik adalah tumbuhan bioluminesensi. Bioluminesensi adalah emisi cahaya yang dihasilkan oleh makhluk hidup karena adanya reaksi kimia tertentu. Contoh dari tumbuhan bioluminesensi adalah tanaman tembakau yang disisipi gen kunang-kunang yang mampu melepaskan energi cahaya sehingga tampak bersinar. Gen yang dimanfaatkan dari hewan kunang-kunang tersebut adalah gen yang mampu menggunakan substrat berupa D-lusiferin untuk menghasilkan pendaran (cahaya). Dengan demikian, pernyataan benar, alasan benar dan keduanya menunjukkan hubungan sebab akibat. 

Dengan demikian opsi pilihan yang tepat adalah A. 

Separator Latihan Soal_biologi.png

5. Topik : Virus dan Klasifikasi Makhluk Hidup

    Subtopik : Soal Animalia

Perhatikan pohon filogeni berikut!  

pohon filogeni

Pohon filogeni tersebut menunjukkan hubungan kekerabatan dari enam hewan (lancelet, lamprey, tuna, salamander, kura-kura, dan leopard) berdasarkan lima karakteristik yang diamati (rambut, telur beramnion, 4 anggota gerak, rahang, dan tulang belakang). Pernyataan yang benar mengenai pohon filogeni tersebut yaitu … 

  1. Lamprey merupakan hewan yang telah memiliki rahang.
  2. Leopard adalah satu-satunya hewan yang memiliki semua karakter di atas.
  3. Semua hewan yang memiliki 4 anggota gerak juga memiliki telur beramnion.
  4. Semua hewan di atas merupakan hewan yang telah memiliki tulang belakang.
  5. Hewan yang memiliki telur beramnion yaitu salamander, kura-kura, dan leopard.

Jawaban : B

Pembahasan : Cara membaca pohon filogeni di atas yaitu semua hewan yang terdapat di atas ruas karakter artinya memiliki karakteristik tersebut. Pembacaan pohon filogeni tersebut adalah sebagai berikut:

  • karakter rambut hanya dimiliki oleh leopard
  • karakter telur beramnion dimiliki oleh leopard dan kura-kura
  • karakter 4 anggota gerak dimiliki oleh leopard, kura-kura, dan salamander
  • karakteristik rahang dimiliki oleh leopard, kura-kura, salamander, dan tuna
  • karakteristik tulang belakang dimiliki oleh leopard, kura-kura, salamander, tuna, dan lamprey
  • lancelet merupakan outgroup, artinya hewan tersebut merupakan hewan yang belum memiliki kelima karakteristik tersebut.

Dengan demikian, berdasarkan hasil interpretasi pohon filogeni tersebut, jawaban yang tepat adalah B.  

Separator Latihan Soal_biologi.png

6. Topik : Organisasi Kehidupan

Subtopik : Soal Jaringan dan Organ Tumbuhan

Perhatikan gambar berikut ini!

organ tumbuhan bawang merah

Modifikasi organ pada gambar di atas memiliki fungsi tertentu, dimana fungsi tersebut juga ditemukan pada tumbuhan ....

  1. Citrullus vulgaris
  2. Cucumis sativus
  3.  ​​​​​​Pisum sativum
  4. Nepenthes sp.
  5. Aloe vera

Jawaban : E

Pembahasan : Gambar tersebut memperlihatkan struktur umbi lapis bawang merah. Pada bawang merah daun termodifikasi menjadi struktur berlapis-lapis yang mengandung simpanan cadangan makanan. Modifikasi daun yang memiliki fungsi yang sama dengan bawang merah dapat ditemukan pada Aloe vera (lidah buaya) yang berupa duri dan daun sukulen. Duri lidah buaya merupakan modifikasi bagian tepi daun yang sifatnya sebagian sementara daun sukulen sebenarnya merupakan daun penyimpan yang berperan dalam penyimpanan cadangan air dalam bentuk lendir. Pisum sativum (kacang kapri), Cucumis sativus (timun), Citrullus vulgaris (semangka) memiliki bentuk modifikasi berupa sulur yang berperan dalam membantu meletakan tanaman pada penyangganya, sulur pada Pisum sativum (kacang kapri) berasal dari modifikasi daun sementara sulur pada Cucumis sativus (timun) dan Citrullus vulgaris (semangka) berasal dari modifikasi batang. Berbeda dengan Nepenthes sp. (kantong semar) modifikasi daun membentuk struktur kantong yang berperan dalam memerangkap serangga. 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.

Separator Latihan Soal_biologi.png       

7. Topik : Biologi Lingkungan

    Subtopik : Soal Dinamika Populasi dan Daur Biogeokimia

Pelepasan CFC yang terjadi secara terus menerus dapat menyebabkan rusaknya lapisan ozon.

SEBAB

CFC sangat stabil, saat mencapai lapisan stratosfer akan dirombak oleh sinar UV menjadi senyawa kimia yang reaktif (radikal bebas).  

A. Jika pernyataan benar, alasan benar, dan menunjukkan hubungan sebab akibat.
B. Jika pernyataan benar, alasan benar, tetapi tidak menunjukkan hubungan sebab akibat.
C. Jika pernyataan benar, alasan salah.
D. Jika pernyataan salah, alasan benar.
E. Jika pernyataan salah, alasan salah.

Jawaban : A

Pembahasan : Gas chlorofluorocarbon (CFC) terbentuk dari tiga jenis unsur, yaitu klor (Cl), fluor (F), dan karbon (C). Gas CFC banyak dihasilkan dari gas pendorong dalam kaleng semprot (aerosol), pengembang busa polimer, pendingin dalam lemari es dan AC, serta pelarut pembersih microchip. Gas CFC yang naik ke atmosfer dapat merusak lapisan ozon, karena dapat mengubah menjadi . Hal ini terjadi ketika gas CFC yang terlepas ke atmosfer terurai oleh sinar UV menjadi dan Cl. Atom Cl yang terlepas akan mengganggu ikatan molekul ozon () sehingga akan terurai menjadi O dan .  Atom O yang terlepas dari   akan berikatan dengan Cl membentuk CIO (klorin oksida). Gas CIO ini kemudian akan mengganggu lapisan ozon lainnya dan akan menghasilkan gas Cl dan . Hal ini akan terjadi secara terus menerus, sehingga lapisan ozonnya akan menipis atau bahkan rusak. Dengan demikian, pernyataan serta alasan benar dan ada hubungan sebab akibat karena gas radikal yang berasal dari perombakan CFC akan menyebabkan rusaknya lapisan ozon.

Dapat disimpulkan opsi pilihan yang tepat adalah A. 

Separator Latihan Soal_biologi.png

8. Topik : Genetika, Mutasi, dan Evolusi

    Subtopik : Soal Mutasi dan Evolusi

Perhatikan gambar di bawah ini!

mutasi sel

Pernyataan yang tepat berdasarkan kariogram di atas adalah …. 

  1. Sindrom Klinefelter, yang mengakibatkan testis membesar
  2. Sindrom Klinefelter, yang mengakibatkan kaki berbentuk X
  3. Sindrom Down, yang mengakibatkan telapak tangan tebal seperti kera
  4. Sindrom Klinefelter, yang mengakibatkan tinggi badan berlebih
  5. Sindrom Turner, yang mengakibatkan tidak memiliki ovarium sehingga steril

Jawaban : D

Pembahasan : Pada kariogram tersebut terlihat bahwa pada kromosom nomor 23 terdapat kelebihan kromosom. Kromosom nomor 23 merupakan gonosom atau kromosom seks, normalnya berjumlah 2 yaitu XY pada pria. Sedangkan pada kariogram, kromosom berjumlah 3 yaitu XXY. Jadi formula kromosom pada kariogram adalah 44A+XXY. Ini merupakan formula kromosom penderita sindrom klinefelter. 

Ciri-ciri sindrom klinefelter:

  1. Perawakan tinggi
  2. Perkembangan kemampuan berbicara yang lambat
  3. Hipotonia atau lemah otot
  4. Perkembangan motorik yang lemah
  5. Rambut sedikit
  6. Membesarnya kelenjar payudara (Ginekomastia)
  7. Azoospermia
  8. Steril
  9. Ukuran testis kecil
  10. Mengalami varises
  11. Diabetes Tipe II
  12. Epilepsi
  13. Osteoporosis 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

Separator Latihan Soal_biologi.png

9. Topik : Genetika, Mutasi, dan Evolusi

    Subtopik : Soal Replikasi DNA, Sintesis Protein, dan PCR

Perhatikan tabel di bawah ini!

tabel urutan basa

Bila urutan basa nitrogen pada suatu untai DNA template adalah CAC – CCT – CGG - GGT - GTA. Maka pernyataan di bawah ini yang berhubungan dengan proses sintesis protein yang terjadi adalah …. 

  1. Polipeptida yang terbentuk memiliki empat jenis asam amino yang dirangkai melalui ikatan peptida
  2. Asam amino yang dikode DNA template tersebut adalah valin – glutamin – alanin – serin - prolin 
  3. DNA template tersebut akan dikode oleh kodon yang berupa GUG – GGA – GCC - GCA - CAU
  4. Antikodon dari DNA template adalah CAC – CCU – CGG- GGU – GUA

A. Jika pernyataan (1), (2), dan (3) benar.
B. Jika pernyataan (1) dan (3) benar.
C. Jika pernyataan (2) dan (4) benar.
D. Jika hanya pernyataan (4) yang benar.
E. Jika semua pernyataan benar.

Jawaban : D

Pembahasan : DNA template digunakan untuk mengkode mRNA (kodon) pada saat proses transkripsi sintesis protein. Apabila sudah diketahui kode DNA template maka kita dapat menentukan mRNA dengan mengubah basa nitrogen A menjadi U, G menjadi C, T menjadi A, dan C menjadi G

DNA template : CAC – CCT – CGG- GGT- GTA

mRNA            : GUG – GGA – GCC- CCA- CAU

Kodon yang terbentuk dari DNA template tersebut adalah GUG – GGA – GCC- CCA- CAU, maka pernyataan nomor 3 salah. Setelah terbentuknya mRNA, maka tRNA (antikodon) akan membawa asam amino yang sesuai dengan kode mRNA. Untuk mengetahui kode tRNA kita harus mengubah basa nitrogen A menjadi U, G menjadi C, U menjadi A, dan C menjadi G

mRNA   : GUG – GGA – GCC- CCA- CAU

tRNA     : CAC – CCU – CGG- GGU – GUA

Antikodon yang terbentuk dari DNA template tersebut adalah CAC – CCU – CGG- GGU – GUA, maka pernyataan nomor 4 benar.

Pada sintesis protein, tRNA hanya membawa asam amino dan yang mengkode asam amino adalah mRNA. Jika kode mRNA adalah GUG – GGA – GCC - CCA - CAU maka asam amino yang terbentuk adalah Valin – Glisin – Alanin – Prolin - Histidin. Oleh karena itu, pernyataan nomor 2 salah dan pernyataan nomor 3 salah, karena asam amino yang terbentuk ada sebanyak 5 buah.Berdasarkan penjelasan di atas, hanya pernyataan nomor 4 yang benar.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

Separator Latihan Soal_biologi.png

10. Topik : Genetika, Mutasi, dan Evolusi

Subtopik :Soal Substansi Genetik

Satu strand DNA dari spesies P di hibridisasi (digabungkan) dengan strand DNA komplemen dari lima spesies berbeda. Molekul DNA hybrid yang didapat kemudian didenaturasi. Suhu yang diperlukan untuk mendenaturasi molekul DNA tersebut disajikan dalam tabel berikut:

Berdasarkan tabel di atas, maka spesies yang kemungkinan paling dekat kekerabatannya dengan spesies P adalah .… 

  1. A
  2. B
  3. C
  4. D
  5. E

Jawaban : E

Pembahasan : Denaturasi pada DNA terjadi saat ikatan hidrogen yang menghubungkan antara basa nitrogen terputus sehingga rantai DNA terpisah menjadi dua strand. Semakin rendah suhu yang diperlukan untuk denaturasi, artinya semakin lemah atau semakin sedikit ikatan hidrogen yang terbentuk sebab urutan basa nitrogen antara dua strand tersebut tidak cocok satu sama lainnya. Sementara itu, semakin tinggi suhu yang diperlukan artinya semakin banyak ikatan hidrogen yang terbentuk antara dua strand DNA tersebut sebab urutan basa nitrogennya cocok (komplemen) satu sama lain. Semakin dekat kekerabatan dua spesies berbeda maka semakin komplemen rantai nukleotidanya. Oleh karena itu, spesies E yang memerlukan suhu paling tinggi untuk denaturasi paling dekat kekerabatannya dengan spesies P.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.

Separator Latihan Soal_biologi.png

Gampang 'kan? Perlu yang lebih susah lagi? Tantang kemampuanmu dengan ribuan soal di aplikasi Ruangguru. Kalo gak bisa jawab, tanya aja sama Roboguru. Gratis kok, mau coba? Klik banner di bawah ini ya!Roboguru Whatsapp

Beri Komentar