Pembahasan Soal TVRI 10 Agustus 2020 Kelas 4-6 SD dan SMP

Latihan Soal Belajar dari Rumah TVRI

Artikel ini memberikan pembahasan soal dari tayangan Belajar dari Rumah TVRI tanggal 10 Agustus 2020 untuk kelas 4-6 SD dan SMP.

Tayangan program Belajar Dari Rumah yang disiarkan TVRI hari ini tanggal 10 Agustus 2020, siswa 4-6 SD belajar mengenai satuan baku panjang dan siswa SMP belajar tentang Bung Karno: Putra Sang Fajar. Berikut adalah pembahasan soal dari tayangan TVRI hari ini.

Separator_TVRI-2

SOAL

1.

Berapakah panjang pensil pada gambar tersebut?

JAWAB:

Untuk mengukur panjang pensil tersebut dengan penggaris, pertama-tama pastikan salah satu ujung pensil berada pada angka 0 cm, kemudian ujung pensil yang lain berada di tengah-tengah antara angka 5 dan 6 sehingga panjang pensil tersebut adalah 5,5 cm.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SD-Aug-10-2020-02-02-30-23-AM

SOAL

2. Citra memiliki pita merah 3,4 m, pita hijau 2,7 m, dan pita biru 1,5 m. Berapakah panjang pita Citra seluruhnya setelah dibulatkan ke satuan terdekat?

JAWAB:

Untuk mengukur seluruh panjang pita yang dimiliki Citra, kita dapat menjumlahkannya, maka

Total panjang pita = 3,4 + 2,7 + 1,5

Total panjang pita = (3,4 + 2,7) + 1,5

Total panjang pita = 6,1 + 1,5

Total panjang pita =7,6 m

Selanjutnya untuk aturan pembulatan satuannya, yaitu :

  • untuk angka yang ada di belakang koma kurang dari angka 5, maka pembulatannya ke bawah
  • untuk angka yang ada di belakang koma lebih dari angka 5, maka pembulatannya ke atas
  • untuk angka yang ada di belakang koma tepat angka 5, maka pembulatannya ke atas

Pada soal ini angka di belakang koma adalah 6, berarti lebih dari angka 5, maka pembulatannya ke atas sehingga 7,6 m jika dibulatkan menjadi 8 m.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SD-Aug-10-2020-02-02-30-23-AM

SOAL

3. Andi mempunyai kawat dengan panjang masing-masing 2,9 m dan 7 dm. Jika kawat tersebut digunakan 150 cm untuk mengikat pagar, berapakah sisa kawat Andi?

JAWAB:

Sisa kawat dapat dihitung dengan cara mengurangkan kawat yang dimiliki Andi dengan kawat yang kawat yang digunakan Andi. Nah, karena satuan bakunya belum sama maka kita samakan terlebih dahulu. Misalnya kita mau ubah semuanya ke cm, maka

2,9 m = 290 cm

7 dm = 70 cm

150 cm (tidak perlu diubah lagi)

sehingga sisa kawatnya adalah

sisa kawat = kawat yang dimiliki Andi – kawat yang digunakan Andi

sisa kawat = (290 + 70) – 150

sisa kawat = 360 – 150

sisa kawat = 210 cm

Jadi, sisa kawat Andi adalah 210 cm.

Separator_TVRI_SMP-Aug-06-2020-04-19-24-14-PM

 

SOAL

1. Perang Pasifik mengubah perjuangan Soekarno dengan masuknya Jepang ke Indonesia. Berikan pendapatmu mengapa Jepang membebaskan Soekarno dari penjara?

JAWAB

Bung Karno dibebaskan Jepang di Bengkulu. Jepang membebaskan Bung Karno karena dua hal penting. Pertama, Soekarno merupakan tokoh yang paling berpengaruh bagi rakyat Indonesia. Kedua, hal ini dilakukan untuk menarik simpati rakyat Indonesia terhadap Jepang sehingga akan memudahkan Jepang untuk menguasai Indonesia. Soekarno tidak memiliki pilihan lain, jika menolak kerjasama dengan Jepang maka akan terjadi pertempuran berdarah yang menewaskan rakyat Indonesia.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMP-Aug-10-2020-02-04-03-96-AM

SOAL

2. Bung Karno pernah mengatakan, “Perjuanganku lebih mudah karena melawan penjajah, namun perjuangan kalian akan lebih sulit karena melawan bangsa sendiri”. Tahukah kamu apa yang dimaksud oleh Bung Karno? Tuliskan pendapatmu!

JAWAB

Melawan penjajah lebih mudah, ketika perang selesai maka para penjajah pergi. Tetapi menggalang persatuan dan kesatuan membutuhkan kesadaran dari dalam diri rakyat Indonesia dengan mendahulukan kepentingan rakyat diatas kepentingan pribadi dan golongan. Menggalang persatuan dan kesatuan dilakukan sepanjang sepanjang hayat.

Nah, itu tadi pembahasan soal TVRI tanggal 10 Agustus 2020. Bagaimana, cukup jelas kan pembahasannya? Jangan lupa untuk terus update pembahasan soal latihan TVRI di ruangbaca setiap harinya, ya. Buat kamu yang mau latihan soal lebih banyak lagi, bisa banget coba di ruanguji. Daftar sekarang, yuk!

IDN CTA Blog ruanguji Ruangguru

Ruangguru