5 Hal Penting Penerimaan Mahasiswa Baru 2021 di Universitas Brawijaya

Salsabila Nanda Jan 27, 2021 • 4 min read


header penerimaan mahasiswa baru universitas brawijaya 2021

Mau masuk Universitas Brawijaya? Sebagai calon mahasiswa di sana, kamu wajib tau ketentuan penerimaan mahasiswa baru (PMB) tahun 2021 di kampus ini. 

---

Universitas Brawijaya (UB) termasuk ke dalam klaster pertama dari ratusan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia berdasarkan penilaian Kemendikbud. Pembagian klaster dilakukan berdasarkan akreditasi kampus, akreditasi program studi, kualitas dosen, jumlah mahasiswa, pengabdian masyarakat, dan beberapa penilaian penting lainnya.

Gak heran, dari tahun ke tahun Universitas Brawijaya selalu menjadi PTN favorit calon mahasiswa. Sayangnya, mungkin ada di antara kamu yang belum mengerti cara memaksimalkan peluang untuk masuk UB di jalur SNMPTN dan UTBK-SBMPTN. Nah, beberapa hari lalu pihak UB melakukan sosialisasi PMB yang dirangkum menjadi beberapa poin di bawah ini:

1. Universitas Brawijaya Menolak Dijadikan Pilihan Kedua

Siapa sih yang mau dijadikan pilihan kedua? Sedih ‘kan? Makanya, UB akan memprioritaskan peserta yang menempatkan UB di pilihan pertama di jalur SNMPTN. Meskipun kebijakan ini bukanlah aturan tertulis, namun pihak UB menegaskan untuk fokus menyeleksi pilihan pertama.

Apabila daya tampung pilihan pertama sudah terpenuhi, maka pilihan kedua tidak akan diseleksi. Jadi, please banget… make UB as your first priority ya guys :’)

2. Tidak Disarankan Lintas Jurusan

Untuk SNMPTN, UB sangat  menyarankan siswa untuk tidak lintas jurusan. Anak IPA diperkenankan untuk mengambil program studi Saintek, begitupun anak IPS. Kalau kamu pengen banget linjur, usahakan belajar untuk tes campuran pada saat pelaksanaan UTBK-SBMPTN nanti.

Baca Juga: Kiat Sukses Masuk PTN Impian

3. Strategi Pemilihan Jurusan Universitas Brawijaya

Untuk SNMPTN, UB menghimbau peserta dapat memahami keketatan masing-masing jurusan. Sekolah juga disarankan untuk memeratakan jumlah siswa yang eligible dengan jurusan yang tersedia. UB gak mau kalau semua siswa yang pintar di satu sekolah memilih jurusan yang sama. Jadi, sebelum pilih jurusan SNMPTN, konsultasi sama guru BK kamu dulu ya.

Bagaimana dengan SBMPTN? Sejauh ini penilaian utamanya dengan mempertimbangkan nilai UTBK masing-masing peserta. Pokoknya belajar yang rajin, gak boleh keseringan rebahan, hehe. Oh iya, kalau kamu gak lulus seleksi SBMPTN, nilai UTBK tadi bisa digunakan untuk mendaftar di jalur mandiri Universitas Brawijaya.

4. Program Studi Favorit Universitas Brawijaya 

Di program studi Saintek, jurusan Farmasi merupakan prodi SNMPTN dengan keketatan tertinggi di Universitas Brawijaya. Tahun lalu, peminat prodi Farmasi UB mencapai 1278 siswa, sementara yang diterima hanya 36 orang. Artinya jumlah perbandingannya mencapai 1:36. 

Sedangkan di jalur SBMPTN, jurusan Kedokteran menempati peringkat pertama. Peminat jurusan Ilmu Kedokteran UB mencapai 2847 siswa, dan daya tampungnya hanya 101. 

Di program studi Soshum, jurusan Kewirausahaan merupakan prodi SNMPTN dan SBMPTN dengan keketatan tertinggi di Universitas Brawijaya. Tahun lalu, peminat prodi Kewirausahaan UB mencapai 380 siswa, sementara yang diterima hanya 26 orang. Artinya jumlah perbandingannya mencapai 1:15. 

Bagaimana dengan jurusan Aktuaria, Psikologi, Komunikasi dan jurusan lainnya? Kamu bisa lihat keketatannya di gambar berikut:

prodi saintek dan soshum dengan keketatan tertinggi snmptn 2020  universitas brawijayaProdi SNMPTN dengan keketatan tertinggi di UB.

prodi saintek dan soshum dengan keketatan tertinggi sbmptn 2020  universitas brawijaya

Prodi SBMPTN dengan keketatan tertinggi di UB.

5. Universitas Brawijaya Tidak Pernah Melakukan Blacklist

"Katanya, kalau ada siswa yang menolak UB, nanti sekolahnya bakal di-blacklist alias gak dapet jalur undangan lagi?"

Pada sosialisasi kemarin, UB memberikan pernyataan bahwa mereka tidak menetapkan aturan blacklist. Tetapi, mempertimbangkan prestasi alumni selama berkuliah di sana. Misalnya, dulu kakak kelas kamu semangat buat masuk Kedokteran, eh pas kuliah malah males-malesan. Jangan dicontoh ya, meskipun bobot penilaiannya kecil, tapi juga berpengaruh lho.

Udah terjawab kan pertanyaannya? Semoga kamu semakin yakin dengan jurusan yang akan dipilih di SNMPTN, UTBK maupun jalur Mandiri. Butuh bantuan buat milih jurusan kuliah yang peluangnya besar? Ikut Rasionalisasi SNMPTN aja, tim Ruangguru bakal membantu kamu buat nentuin jurusan yang sesuai dengan nilai rapormu. Gratis di aplikasi Ruangguru!New call-to-action

Beri Komentar