Wajib Tau! Ini Pengganti Nilai Ujian Nasional 2021

Salsabila Nanda Feb 8, 2021 • 2 min read



ujian nasional 2021 resmi dihapus

Artikel ini menjelaskan 3 opsi pengganti nilai Ujian Nasional 2021 sebagai syarat kelulusan siswa.

--

Sudah tau belum kalau Ujian Nasional (UN) kembali ditiadakan tahun 2021? Dikarenakan pandemi yang belum berakhir, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, memutuskan untuk menghapus UN untuk kedua kalinya. Kok dua kali? Iya, karena UN juga ditiadakan pada tahun 2020 kemarin.

Terus, kita lulusnya gimana dong? 

Tenang, baik Ujian Nasional maupun Ujian Kesetaraan bukan lagi jadi penentu kelulusan siswa, atau syarat masuk ke perguruan tinggi. Sebagai gantinya, berikut 3 syarat kelulusan siswa yang sudah ditetapkan Kemendikbud di tahun 2021.

 

1. Nilai Rapor

Peserta didik wajib menyelesaikan program pembelajaran yang dibuat oleh sekolah selama masa pandemi COVID-19. Artinya, kamu harus mengikuti materi yang diberikan Bapak Ibu guru secara online atau berdasarkan kebijakan masing-masing sekolah.

Kemudian, hasil belajar kamu diinput ke dalam rapor untuk menjadi salah satu syarat kelulusan. Hayo, jangan malas-malasan ya ngerjain tugas dari Bapak Ibu guru.

2. Sikap dan Perilaku

Syarat yang kedua yaitu penilaian sikap dan perilaku siswa selama mengikuti kegiatan belajar. Hal ini tentunya berbeda antara siswa satu dengan yang lainnya. Coba ingat-ingat, pernah gak kamu pura-pura gak denger pas disuruh jawab pertanyaan? Jangan sering-sering nge-mute ya, yuk kita hargai perjuangan Bapak Ibu guru dalam mengajar.

Alangkah baiknya jika kegiatan belajar daring mengubah kamu menjadi siswa yang lebih aktif lagi. Jangan ragu untuk bertanya maupun berdiskusi saat kelas berlangsung.

3. Mengikuti Ujian yang Diselenggarakan Satuan Pendidikan

Ujian yang dimaksud pada poin ini dilaksanakan dalam bentuk:

  1. Portofolio atas evaluasi nilai rapor, nilai sikap & perilaku, atau prestasi yang pernah diperoleh sebelumnya (penghargaan, hasil perlombaan, dan sebagainya)
  2. Penugasan
  3. Tes secara luring atau daring
  4. Kegiatan penilaian lain yang ditetapkan satuan pendidikan

Untuk siswa SMK, ujian juga dapat dilakukan dengan melaksanakan tes kompetensi keahlian sesuai dengan bidang yang diambil dan ketentuan perundang-undangan.

Itu dia 3 pengganti nilai Ujian Nasional tahun 2021. Gimana? Kamu senang atau malah sedih UN dihapus? Coba bagikan pendapatmu di kolom komentar artikel ini. Oh iya, meskipun UN gak ada, bukan berarti semangat belajar ikutan hilang. Terus tingkatkan pengetahuanmu lewat ribuan soal dan video beranimasi di ruangbelajar!

New call-to-action

Referensi:

Kemendikbud Tiadakan Ujian Nasional 2021 [Daring].  https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/02/kemendikbud-tiadakan-ujian-nasional-2021 (Diakses pada: 8 Februari 2021)

Beri Komentar