5 Alasan Nilai UNBK 2019 Penting, Walau Nggak Digunakan Mendaftar PTN

UNBK 2019

Artikel ini menjabarkan lima alasan nilai UNBK 2019 tetap penting, walaupun tidak menjadi syarat kelulusan dan tidak digunakan untuk mendaftar PTN. Apa aja, ya? Yuk, disimak!

 

Sebenarnya, nilai UNBK buat apa sih? Mendaftar PTN juga ‘kan nggak melihat nilai UNBK? Mungkin banyak pertanyaan-pertanyaan ini muncul di benak kamu, ya. Walaupun nggak lagi menentukan kelulusan dan nggak digunakan untuk SBMPTN, tetapi UNBK tetap penting. Kenapa? Ayo coba lihat penjelasannya berikut ini.

 

1. Untuk mendaftar ke PTS

UNBK 2019

UMN (Sumber: ristekdikti.go.id)

Kelulusan SMA emang nggak dipengaruhi oleh UNBK, begitu pun dengan penerimaan PTN. Jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri nggak melihat berapa nilai UNBK kamu dan mungkin hanya meminta bukti bahwa kamu telah mengikuti UN. Namun, berbeda dengan seleksi masuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Masih banyak PTS yang menerapkan beberapa jalur masuk. Ada jalur tertulis dan ada pula yang melihat nilai saat kamu di SMA. Nah, seleksi dengan nilai ini biasanya akan mempertimbangkan nilai rapor serta nilai UNBK yang kamu miliki. Untuk itu, semakin bagus hasil UNBK kamu maka semakin besar pula kesempatan untuk lolos seleksi perguruan tinggi tersebut.

Baca juga: Tips Memilih Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang Baik

 

2. Daftar kuliah di luar negeri

unbk 2019

Kuliah di luar negeri (Sumber: scholarshipplanet.info)

Biasanya, perguruan tinggi di luar negeri serta lembaga pendidikan tinggi luar negeri akan meminta nilai kamu selama sekolah untuk bahan pertimbangan penerimaan mahasiswa. Nilai ini termasuk juga nilai UNBK. So, untuk kamu yang punya mimpi kuliah di luar negeri, kamu harus memperhatikan nilai UNBK dan rapor sekolah.

 

3. Menjadi syarat beasiswa

unbk 2019

Syarat beasiswa (Sumber: northwoodscu.com)

Hasil UNBK juga akan menjadi syarat dan bahan pertimbangan untuk berbagai penerimaan beasiswa, baik itu di dalam atau luar negeri. Kamu tahu ‘kan kalau persaingan beasiswa itu biasanya sangat ketat? Untuk itu, kamu harus berjuang dan memberikan usaha terbaik agar bisa meraih hasil UNBK yang memuaskan.

 

4. Daftar sekolah kedinasan

unbk 2019

Sekolah kedinasan (Sumber: hai.grid.id)

Sama halnya dengan seleksi Perguruan Tinggi Swasta, beberapa sekolah kedinasan pun masih melihat nilai UNBK yang kamu miliki sebagai bahan pertimbangan dalam meluluskan siswa saat seleksi diadakan.

Baca juga: 15 Sekolah Kedinasan di Indonesia yang Bisa Kamu Jadikan Pilihan!

 

5. Membantu kemajuan pendidikan Indonesia

wajah pendidikan indonesia

Wajah pendidikan Indonesia (Sumber: hipwee.com)

Sebenarnya tujuan utama dari diadakannya ujian pada waktu yang bersamaan di seluruh Indonesia adalah untuk mengikuti dan mengevaluasi pendidikan di Indonesia. Hasil UNBK akan memperlihatkan sebesar apa ketimpangan pendidikan, seperti daerah mana saja dan sekolah mana yang memiliki capaian nilai yang baik, serta sekolah mana yang nilainya masih kurang. Selain itu, akan terlihat pula pelajaran apa yang relatif dikuasai siswa dan mana yang tidak. Hasil UNBK ini akan menjadi bahan pertimbangan untuk mengatur strategi pendidikan di Indonesia agar semakin berkembang dan merata.

Setelah melihat beberapa alasan-alasan tadi, semoga kamu bisa lebih serius dalam melihat UNBK, ya. Jangan hanya mementingkan ujian masuk kampus, UNBK juga harus kamu lewati dengan persiapan terbaik. Mau mencari tutor pribadi yang stand by setiap saat kamu butuhkan? Ayo, gabung aja di Brain Academy Online!

BA online - Brain Academy

Artikel ini telah diperbarui pada 27 September 2021.

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D