Daftar Sekarang! Beasiswa Kuliah Fashion di IFA Paris, Bebas Biaya Pendidikan

Sofia Nur Fauziah Feb 24, 2021 • 8 min read



PK_-_Info_Beasiswa_IFA_Paris_Scholarship_2021-01

Kamu punya passion di bidang fashion? Simak informasi pendaftaran IFA Paris Scholarship berikut ini. 

---

Bagi kamu yang sekarang kelas 12, rencana mau kuliah dimana dan ambil jurusan apa nih? Saat ini banyak sekali sumber yang menyebutkan jurusan-jurusan kuliah yang memiliki prospek bagus di masa depan. Salah satunya di bidang fashion. Menurut Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), industri fashion menyumbang 18% pada pendapatan negara atau senilai  Rp 1.5 Triliun. 

Wah, ternyata cukup menjanjikan ya. Siapa nih yang punya passion di bidang fashion? Kamu bisa lho menekuni passion-mu itu dengan kuliah di universitas yang bergerak di bidang fashion. Nah pas banget, kamu bisa kuliah di International Fashion Academy (IFA) Paris. IFA Paris adalah sekolah fashion yang berasal dari Paris untuk siswa dari seluruh dunia yang memiliki passion dan motivasi yang tinggi untuk berkarir di bidang fashion

Saat ini, IFA Paris sedang membuka pendaftaran untuk program Sarjana dan Pascasarjana melalui jalur beasiswa. Bagi kamu yang memiliki passion di bidang fashion, wajib banget nih untuk mendaftar beasiswa ini. Yuk, simak informasi lebih detail mengenai IFA Paris Scholarship berikut ini. 

suasana belajar di kampus IFA Paris

Suasana Ruangan Belajar di Kampus IFA Paris (Sumber: https://www.ifaparis.com)

Kategori Beasiswa:

  1. Full Scholarship (100% gratis biaya kuliah)
  2. Excellence Scholarship (40% pengurangan biaya kuliah)
  3. Distinction Scholarship (20% pengurangan biaya kuliah)

Persyaratan Peserta Beasiswa:

  1. Lulusan SMA/Sederajat.
  2. Memiliki kendala finansial untuk membayar biaya kuliah.
  3. Berusia minimal 18 tahun (kamu boleh mendaftar meskipun belum berusia 18 tahun, tapi harus sudah 18 tahun saat program berjalan).
  4. Memiliki skor IELTS minimal 5.5 atau TOEFL minimal 65. Sebagai alternatif, kamu dapat melampirkan bukti pelatihan bahasa Inggris atau pendidikan sebelumnya dengan bahasa Inggris.
  5. Memiliki motivasi yang kuat di bidang fashion design atau fashion business/marketing.
  6. Memiliki prestasi akademik, kegiatan ekstrakurikuler, dan pengalaman profesional yang mengagumkan.
  7. Mengisi formulir pendaftaran online dan mengunggah : transkrip nilai SMA terbaru, ijazah SMA atau sederajat, motivation letter, resume / CV, pas foto paspor dan fotokopi paspor. Semua dokumen harus dalam bahasa Inggris atau diterjemahkan ke bahasa Inggris oleh penerjemah profesional.
  8. Apabila mendaftar untuk program Fashion Design & Technology, kamu harus mengirimkan portofolio.
  9. Membayarkan biaya pendaftaran sebesar €150 (Rp2.539.700).

Berkas Dokumen yang Dibutuhkan : 

  1. Motivation letter dengan pertanyaan sebagai berikut:
    -Mengapa kamu mendaftar IFA Paris Scholarship?
    -Mengapa IFA Paris harus memilihmu sebagai penerima beasiswa?
    -Mengapa kamu memilih program tersebut?
    -Bagaimana program yang dipilih akan membantu kamu untuk mencapai tujuan?

  2. Formulir pendaftaran yang harus diisi dengan lengkap (unduh disini).
  3. Untuk program desain fashion (kreatif) Bachelor in Fashion Design & Technology dan Master of Arts in Contemporary Fashion Design, pelamar beasiswa harus menyediakan portofolio.
  4. Untuk program MBA saja, pelamar harus memberikan 3 surat referensi.

Baca Juga: Contoh Motivation Letter Beasiswa dan Cara Membuatnya

kegiatan fashion show di kampus IFA Paris

Kegiatan Fashion Show di IFA Paris (Sumber : https://www.ifaparis.com)

Alur Pendaftaran:

  1. Buat akun pendaftaran online.
  2. Kamu akan mengisi semua informasi dan memilih program yang dilamar, serta membayar biaya pendaftaran €150 (Rp2.539.700). Kamu dapat mengunggah berkas dokumen yang dibutuhkan, hanya setelah membayar biaya pendaftaran.
  3. Kamu akan mengisi dan mengunggah Formulir Pendaftaran Beasiswa serta dokumen lain yang dibutuhkan di halaman persyaratan penerimaan. Dokumen harus diunggah ke akun aplikasi online kamu.

Catatan :

  1. Peserta hanya boleh mendaftar pada satu kategori beasiswa. Apabila kamu dinyatakan tidak lulus seleksi, maka tidak boleh mendaftar lagi pada kategori beasiswa yang lainnya.
  2. Mengingat adanya Covid-19 dan lockdown, panitia menyadari bahwa sangat sulit untuk mendapatkan sertifikat bahasa saat ini. Tapi tidak perlu khawatir, IELTS telah meluncurkan sistem online untuk mengevaluasi kemahiran bahasa Inggris kamu. Panitia beasiswa akan menerima sertifikat ini dan kamu dapat menemukan informasi lebih lanjut tentang cara memperoleh sertifikat di sini.
  3. Wawancara akan dilakukan di kampus atau melalui Skype.
  4. Bantuan keuangan tidak mencakup biaya hidup, akomodasi, tiket penerbangan, asuransi kesehatan, dan biaya lainnya.

Sebagai kota mode, bisa berkunjung ke Paris pasti jadi impian banyak orang. Apalagi bagi pecinta fashion, kalau bisa kuliah dan menetap disana pasti sangat menyenangkan. Oh iya, kampus IFA Paris terletak di Paris, Shanghai, dan Istanbul. Jadi kalau kamu bisa memilih salah satu dari ketiga kota tersebut ya untuk kuliah. Tenang saja, meskipun kamu akhirnya memilih kuliah di Shanghai atau Istanbul, pengajarnya juga kebanyakan berasal dari Paris kok

Nah, kalau kamu ingin mendaftar beasiswa kuliah di IFA Paris, segera persiapkan berkas dokumen yang dibutuhkan ya. Karena pendaftaran beasiswa penuh IFA Paris akan ditutup pada 15 Maret 2021. Kamu bisa membaca informasi selengkapnya mengenai IFA Paris Scholarship di website resminya, yaitu https://www.ifaparis.com/admissions/scholarships.

Informasi dan Kontak:

Inquiry : https://ifaparis.azurewebsites.net/#prospective/inquiry?culture=en

FAQ : https://www.ifaparis.com/admissions/faq

E-mail : info@ifaparis.com

Ngomong-ngomong IFA Paris Scholarship ini termasuk beasiswa unggulan lho. Mata kuliah yang ada disana dibuat sedemikian rupa mengikuti perkembangan industri fashion. Tujuannya sih agar setelah lulus dari IFA Paris, kamu bisa langsung berkarya di industri fashion. Keren banget ‘kan beasiswanya. 

Wajar saja ya, kalau sainganmu itu bukan hanya sesama pelajar Indonesia, tapi dari seluruh dunia. So, memang harus memiliki nilai tambah ya kalau kamu memang sangat ingin mendapatkan beasiswa ini. Salah satu hal yang bisa kamu usahakan adalah dengan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Sebagai salah satu syarat mendaftar beasiswa ini, kamu bisa belajar bahasa Inggris dengan Kurikulum Internasional di English Academy

New call-to-action

 

Beri Komentar