Catat! Jadwal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2020

Jadwal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2020

Artikel ini memberikan jadwal lengkap Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2020

Tak terasa, waktu ujian sudah semakin dekat dan tinggal beberapa bulan lagi. Pemerintah melalui Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) telah menetapkan jadwal resmi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk tahun ajaran 2019/2020. BSNP merupakan lembaga mandiri, profesional, dan independen yang ditunjuk untuk mengemban misi untuk mengembangkan, memantau pelaksanaan, dan mengevaluasi pelaksanaan standar nasional pendidikan.

Jadwal UNBK ini merupakan ketetapan sesuai hasil keputusan BSNP dan rapat koordinasi BSNP dengan Direktorat terkait, Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan Dinas Pendidikan Provinsi.

Baca juga: Jurus Jitu Menaklukan UNBK SMP dan SMA

Sudah siap melihat jadwalnya? Yuk, lihat jadwal lengkap UNBK SMA sederajat dan SMP sederajat 2020 berikut ini. Psst, jangan lupa dicatat ya!

Jadwal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMA 2020

Jadwal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMK/MAK 2020

Jadwal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMP/MTS 2020

Jadwal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)  Paket C 2020

Ujian nasional tahun 2020 terdapat ujian yang berbasis komputer, sehingga sekolah atau madrasah yang memiliki komputer lebih dari 20 unit dapat ditetapkan menjadi tempat pelaksana UNBK. Hal inilah yang menyebabkan UNBK 2020 tidak dilaksanakan secara serentak, agar komputer yang tersedia dapat digunakan secara bergantian (resource sharing).

Soal UNBK 2020 juga diperkirakan masih akan menggunakan soal HOTS. Bahkan, jumlah soal yang berjenis higher order thinking skills (HOTS) akan ditambah. Gimana, sudah siap belum menghadapi soals-soal HOTS di UNBK 2020?

Eits, nggak usah khawatir. Kamu masih punya waktu yang cukup kok untuk mempersiapkan diri menghadapi soal-soal HOTS. Ayo, mulai persiapanmu dari sekarang bersama ruangbelajar. Video beranimasi di ruangbelajar nggak hanya mengajarkan hafalan tetapi konsep. Ini akan membantu kamu dalam mengerjakan soal-soal HOTS yang membutuhkan analisis untuk memecahkan soalnya. Selain video beranimasi, kamu juga bisa berlatih soal HOTS di banksoal!

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D