5 Jurusan Baru di Universitas Airlangga (UNAIR) Tahun 2020

jurusan baru di universitas airlangga (unair) 2020

Artikel ini memberikan informasi seputar lima jurusan baru di Universitas Airlangga (UNAIR) tahun 2020

Mau jadi mahasiswa Universitas Airlangga (UNAIR)? Sebagai universitas negeri yang terkenal dan terbaik di Surabaya, pasti banyak banget yang punya impian untuk bisa masuk ke kampus ini. Untuk terus menaikan mutu, Universitas Airlangga juga terus melakukan pembaharuan dalam hal akademiknya. Di tahun 2020 ini, UNAIR akan membuka lima program studi baru di kelompok Saintek yang bernaung di bawah Fakultas Teknik.

Menurut Rektor UNAIR Prof. M Nasih, UNAIR ingin terus mengejar dan mendorong di aspek teknologi. Hal ini menjadi bagian dari kontribusi UNAIR untuk meningkatkan ketersediaan lulusan yang berkualitas dalam penguasaan teknologi dan inovasi.

Untuk masuk ke salah satu prodi baru ini, kamu bisa mendaftar melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, ataupun mandiri. Pasti penasaran ‘kan apa saja lima program studi baru UNAIR tahun 2020? Yuk, cari tahu penjelasannya dari laman resmi unair.ac.id berikut!

1. Teknik Industri

jurusan baru di universitas airlangga (unair) 2020

Teknik Industri (Sumber: challenge.ma)

Jurusan Teknik Industri merupakan bidang teknik yang mempelajari ilmu-ilmu yang diperlukan dalam proses industri, sehingga bidang ilmu yang dipelajari pun cukup luas. Hal yang akan dipelajari mencakup optimalisasi proses dan sistem industri, termasuk level efisiensi dan produktivitasnya. Di jurusan ini, kamu juga akan mempelajari peranan organisasi dan manusia dalam industri. Lulusan dari Teknik Industri diharapkan dapat memiliki kemampuan manajerial yang baik.

2. Teknik Elektro

jurusan baru di universitas airlangga (unair) 2020

Teknik Elektro (Sumber: thebestschools.org)

Bidang teknik yang satu ini mempelajari listrik, termasuk elektronika dan elektromagnetik, serta aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Ilmu kelistrikan yang dipelajari dalam Teknik Elektro mencakup dari konsep, proses perancangan, pengembangan, dan pembuatan alat-alat listrik serta elektronik.

3. Rekayasa Nanoteknologi

jurusan baru di universitas airlangga (unair) 2020

Rekayasa Nanoteknologi (Sumber: news.psu.edu)

Bisa kamu tebak dari nama jurusannya, Rekayasa Nanoteknologi mempelajari materi berukuran nano atau sangat kecil. Materi ini kemudian dimanipulasi agar tercipta suatu benda baru dengan karakteristik yang sesuai dengan keinginan. Salah satu contoh produk nanoteknologi adalah pakaian berserat khusus yang membuat pemakainya bisa tetap hangat pada musim dingin. Seorang visiting fellow Dr. Che Azurahanim dari Universiti Putra Malaysia turut berkontribusi dalam menyusun kurikulum di program studi ini.

4. Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan

jurusan baru di universitas airlangga (unair) 2020

Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan (Sumber: bernardmarr.com)

Jurusan yang satu ini sangat menjawab kebutuhan tenaga kerja yang sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini. Program studi Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan membahas serba-serbi tentang robot dan kecerdasan buatan atau artificial intelligence. Di jurusan ini, kamu bisa mempelajari konsep hingga membuat robot seperti Siri, Alexa, atau Cortana.

5. Teknik Sains Data

jurusan baru di universitas airlangga (unair) 2020

Teknik Sains Data (Sumber: districtdatalabs.com)

Kini, data diklaim sebagai mata uang paling berharga di dunia. Maka dari itu, mempelajari teknik sains data atau data science akan sangat menguntungkan di masa depan. Jurusan ini adalah bidang ilmu multidisipliner yang memanfaatkan metode ilmiah, algoritma, dan sistem untuk mendapatkan pengetahuan mendalam dari data, baik yang terstruktur maupun tidak terstruktur. Visiting fellow assoc. Prof. Ts. Dr. Norhaslinda Kamaruddin sebagai pakar big data Universiti Teknologi MARA Malaysia juga berkontribusi dalam penyusunan kurikulum di program studi ini.

Kalau kamu, mau mengambil jurusan yang mana? Walaupun termasuk jurusan baru di Universitas Airlangga, persaingan untuk masuk ke lima jurusan tadi pun tentunya cukup ketat. Untuk itu, terus persiapkan diri dengan video beranimasi dan latihan soal di ruangbelajar. Untuk kamu yang mau masuk lewat jalur SBMPTN 2020, jangan lupa juga untuk terus mempersiapkan diri dengan berlatih soal-soal TPS UTBK di paket SBMPTN ruangbelajar.

TPS UTBK

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D