Latihan Soal SBMPTN Biologi: Virus, Monera, Protista, Fungi

Halo Squad yang sekarang sudah kelas XII dan mengambil jurusan IPA, sudah siap menghadapi SBMPTN tahun depan? Yuk, persiapkan dirimu dengan lebih maksimal melalui latihan soal dan pembahasan SBMPTN Biologi untuk topik Virus, Monera, Protista, dan Fungi! Simak sekarang!

Untitled design(4)-7

1. Jamur air atau Oomycota dikelompokkan dalam kingdom Protista karena anggota jamur ini dapat menghasilkan spora berflagel yang disebut….

  1. konidia
  2. basidiospora
  3. zoospora
  4. zigospora
  5. sporangiospora

Kunci : C

Pembahasan :

Oomycota atau jamur air banyak ditemukan di lingkungan perairan. Para ahli tidak memasukkannya ke dalam Kingdom Fungi karena jamur ini dapat menghasilkan sel-sel berflagel seperti anggota kelompok Kingdom Protista. Sel berflagel tersebut disebut Zoospora yang merupakan spora untuk reproduksi aseksual.

Untitled design(4)-7

2. Spesies jamur yang membentuk struktur trikogin dalam siklus reproduksinya….

  1. Rhizopus stolonifer
  2. Volvariela volvaceae
  3. Chalmydomucor oryzae
  4. Tricodherma reesei
  5. Tinea versicolor  

Jawaban :  D

Pembahasan :

Trikogin merupakan saluran penghubung askegonium dan anteridium sehingga terjadi plasmogami pada kelompok jamur Ascomycota. Jamur Ascomycota memiliki struktur khusus yang disebut askus pada reproduksi seksualnya. Di dalam askus terdapat spora yang dikenal sebagai askospora. Jamur yang termasuk pada Ascomycota diantaranya adalah Saccharomyces sp., Penicillium sp., Trichoderma sp., dan Neurospora sp.

Untitled design(4)-7

3. Perhatikan tabel di bawah ini! 

bio

Berdasarkan tabel di atas yang menunjukkan hubungan yang benar antara jenis ganggang, pigmen dan peranannya bagi manusia adalah….

  1. 2-C-R
  2. 1-A-P
  3. 2-C-P
  4. 1-A-Q
  5. 3-A-R

Kunci : D

Pembahasan :

Ganggang termasuk ke dalam kingdom Protista. Ganggang merupakan protista mirip tumbuhan Ganggang memiliki kesamaan dengan tumbuhan yaitu berperan sebagai produsen. Hal tersebut disebabkan ganggang memiliki pigmen klorofil a, b, c atau d sehingga dapat melakukan fotosintesis. Selain itu setiap ganggang memiliki pigmen khas dan keberadaan pigmen tersebut menjadi dasar klasifikasi ganggang. Ganggang merah/ Rhodophyta memiliki pigmen khas fikoeritrin dan banyak digunakan sebagai sumber bahan agar-agar, bahan obat, kosmetik, serta pemadat media pertumbuhan bakteri. contohnya Euchema dan Gelidium. Ganggang coklat/ Phaeophyta memiliki pigmen khas fukosantin dan banyak digunakan sebagai bahan kosmetik, obat-obatan, makanan (puding dan es krim) karna mengandung asam alginat, contohnya Sargassum dan Fucus. Ganggang hijau/ Chlorophyta memiiki pigmen khas klorofil dan banyak digunakan sebagai sumber bahan pangan baru, campuran pakan ikan, contohnya: Chlorella dan Spirogyra.

Untitled design(4)-7

4. Penyakit African trypanosomiasis yang ditularkan melalui lalat tsetse disebabkan karena infeksi parasit dari kelas….

  1. Sarcodina
  2. Flagellata
  3. Ciliata
  4. Rhizopooda
  5. Sporozoa

Jawaban : B

Pembahasan :

African trypanosomiasis (penyakit tidur) disebabkan oleh parasit Trypanosoma gambiense dan Trypanosoma rhodesiense. Keduanya biasanya ditularkan melalui gigitan lalat tsetse jenis Glossina yang terinfeksi dan paling umum terjadi di wilayah pedesaan Afrika. Genus Trypanosoma termasuk ke dalam kelas Flagellata karena memiliki alat gerak berupa flagel (bulu cambuk). Gejala penyakit tidur antara lain demam, kelenjar getah bening bengkak, limfa dan hati bengkak, merasa malas dan lelah serta selalu merasa mengantuk.

Untitled design(4)-7

5. Bakteri yang digunakan untuk penambangan tembaga, perak dan emas secara biologis yaitu….

  1. Thiobacillus ferro-oxidans
  2. Bacilus thuringiensis
  3. Thiobacillus thio-oxidans
  4. Bacilus subtilis 

Kunci : B

Pembahasan :

Di beberapa negara telah digunakan mikroba atau bakteri untuk penambangan tembaga, perak dan emas secara biologis yang dikenal dengan istilah Bioleaching. Bakteri yang digunakan adalah bakteri kemoautotrof yaitu bakteri yang menggunakan sumber karbon dari bahan organik dan sumber energi dari reaksi kimia. Contoh bakteri ini adalah Thiobacillus ferro-oxidans dan Thiobacillus thio-oxidans. Kedua bakteri ini mampu mengubah logam tak larut menjadi logam terlarut sehingga memungkinkan pengambilan logam dari bijih mineral.

Untitled design(4)-7

6. Clostridium tetani merupakan bakteri anaerob yang menyebabkan penyakit tetanus.

SEBAB

Clostridium tetani merupakan bakteri Gram positif.

Jawaban : B

Pembahasan :

Clostridium tetani merupakan kelompok Eubacteria yang hidup secara anaerob obligat (mutlak tidak membutuhkan oksigen). Bakteri ini dapat menyebabkan infeksi yang disebut dengan tetanus. Tetanus disebabkan karena racun yang diproduksi oleh bakteri tersebut, racun ini akan menyerang saraf dan menyebabkan meningkatnya ketegangan dan kekejangan pada otot. Berdasarkan ketebalan peptidoglikan (dinding sel bakteri) Eubacteria dibedakan menjadi Gram positif dan negatif. Bakteri Gram positif merupakan bakteri yang memiliki ketebalan peptidoglikan yang cukup tebal, serta ketika diberi pewarnaan akan menunjukkan warna ungu contohnya Clostridium tetani. Sedangkan bakteri Gram negatif memberikan warna merah dan memiliki lapisan peptidoglikan yang tipis contohnya Eschericia coli.  

Maka penyataan dan sebab benar, namun tidak menunjukkan hubungan sebab akibat.

Untitled design(4)-7

7. Spora yang dihasilkan jamur mempunyai sifat alami, yaitu membentuk filamen multiselular yang disebut hifa. 

SEBAB

Hifa yang terbentuk tersusun atas serat halus dan memiliki dinding sel yang terbuat dari kitin polisakarida.

Kunci : A

Pembahasan :

Pada umumnya, jamur mempunyai tiga karakteristik utama, yaitu eukariotik, menggunakan spora sebagai alat perkembangbiakannya dan heterotrofik. Spora yang dihasilkan jamur akan membentuk lembaran filamen yang bersifat multiseluler yang disebut hifa. Pada umumnya, hifa memiliki struktur bercabang-cabang yang membentuk suatu massa yang disebut miselium. Miselium umumnya tersusun atas serat halus. Selain itu, dinding sel hifa biasanya terbentuk dari zat kitin polisakarida. Pada beberapa spesies jamur, hifa memiliki sel memanjang dengan sejumlah nukleus yang dipisahkan menjadi beberapa bagian oleh septa/septum.

Untitled design(4)-7

8. Untuk mencegah terjadinya pembusukan, pedagang ikan sering menyimpan ikan di dalam wadah yang dipenuhi balok es. Penggunaan es bertujuan….

  1. meningkatkan daya tahan ikan terhadap bakteri
  2. mematikan bakteri dan spora
  3. menghilangkan racun yang dihasilkan oleh bakteri
  4. mengurangi aktivitas bakteri

Kunci : D

Pembahasan :

Saat ini para nelayan dan pengusaha ikan banyak menggunakan es batu sebagai pengawet alami untuk ikan segar. Proses tersebut disebut sebagai prinsip pendinginan ikan. Prinsip pendinginan ini mendinginkan ikan secepat mungkin ke suhu serendah mungkin tetapi tidak sampai mejadi beku. Semakin dingin suhu ikan, maka semakin besar penurunan aktivitas bakteri dan enzim. Bakteri akan mampu berkembang biak di suhu normal, sehingga dalam kondisi dingin bakteri akan terbekukan tapi tidak hilang, hanya tidak aktif. Begitu pula dengan enzim yang akan bekerja optimal di suhu tertentu namun menurun di suhu dingin, sehingga aktivitas pembusukan ikan oleh bakteri akan berkurang.

Untitled design(4)-7

9. Perbedaan yang terdapat pada Archaebacteria dan Eubacteria….

  1. prokariotik
  2. uniseluler
  3. dapat melakukan kemoautotrof
  4. penyusun dinding sel

Jawaban : D

Pembahasan :

Archaebacteria dan Eubacteria merupakan golongan mikroorganisme yang tidak memiliki membran inti sel (prokariotik). Archaebacteria dapat hidup pada suasana ekstrem. Kedua kelompok tersebut merupakan organisme bersel satu (uniseluler) yang dapat hidup dengan menguraikan energi kimia (kemoautotrof), dan beberapa spesies hidup secara parasit. Perbedaan dari keduanya terletak pada penyusun dinding sel yaitu peptidoglikan yang merupakan makromolekul gabungan protein dan polisakarida. Peptidoglikan hanya dimiliki oleh Eubacteria.

Untitled design(4)-7

So, sudah cukup atau masih mau latihan soal lainnya nih Squad? Langganan aja ruangbelajar paket SBMPTN sekarang untuk berlatih soal-soalnya atau baca blog Ruangguru di kategori SBMPTN. Ayo, terus semangat berlatih dari sekarang agar kamu semakin yakin dan percaya diri! 

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D