UTBK SBMPTN 2020 Dibagi Dua Gelombang, Catat Ketentuan Lengkapnya

pelaksanaan utbk sbmptn 2020

Artikel ini memberikan informasi terbaru terkait pelaksanaan UTBK SBMPTN 2020

Menanti-nanti kepastian mengenai pelaksanaan UTBK SBMPTN 2020? Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah memutuskan untuk membagi pelaksanaan UTBK 2020 menjadi dua gelombang. Selain itu, untuk mengurangi risiko penyebaran infeksi COVID-19 dan menjaga keselamatan peserta serta penyelenggara, pelaksanaan UTBK diubah dari 4 sesi menjadi 2 sesi per hari. Bagaimana ketentuannya? Perhatikan berikut ini ya!

Ketentuan Gelombang

Gelombang 1: 5-14 Juli 2020

Pelaksanaan UTBK gelombang pertama diperuntukkan bagi peserta yang sudah berada atau tinggal di lokasi yang sama dengan lokasi pusat UTBK 2020. Selain itu, tempat tes dan daerah telah siap menggunakan protokol kesehatan COVID-19.

Gelombang 2: 20-29 Juli 2020

Pelaksanaan UTBK gelombang kedua diperuntukkan bagi peserta yang sudah terlanjur memilih lokasi pusat UTBK di luar domisilinya dan sulit meninggalkan lokasi tempat tinggal karena adanya peraturan PSBB atau hal lainnya. Pada gelombang kedua ini kamu akan melaksanakan UTBK dengan jam pelaksanaan baru di Mitra UTBK yang ditetapkan oleh Pusat UTBK.

pelaksanaan utbk sbmptn 2020(Sumber: instagram.com/ruangguru)

Pelaksanaan UTBK 2020 di New Normal

  1. Materi UTBK hanya Tes Potensi Skolastik (TPS) dan dilaksanakan pada waktu yang relatif pendek yaitu hanya 105 menit (1 jam dan 45 menit)
  2. UTBK akan dilaksanakan 2 sesi per hari dengan perubahan waktu sebagai berikut:
    • Sesi 1: Pukul 09.00 – 11.15 WIB/WIT/WITA
    • Sesi 2: Pukul 14.00 – 16.15 WIB/WIT/WITA

Jeda antara Sesi 1 dan Sesi 2 cukup panjang yaitu 2 jam 45 menit untuk melakukan sterilisasi lingkungan, ruang dan komputer yang digunakan.

  1. Peserta yang terdaftar pada Sesi 1 dan 3 tetap melaksanakan sesuai hari yang telah ditentukan, sementara peserta Sesi 2 dan 4 akan dijadwalkan ulang
  2. Pengumuman UTBK SBMPTN 2020 diundur menjadi 20 Agustus 2020

Perluasan Layanan

  1. Terdapat 74 Pusat UTBK yang siap melayani semua peserta
  2. Beberapa pusat UTBK telah bekerjasama dengan Mitra PTS maupun SMA/SMK sebagai tempat penyelenggaraan UTBK
  3. Pusat UTBK dapat bekerjasama dengan SMA/SMK di daerah untuk melayani peserta yang tidak dapat hadir mengikuti UTBK di Pusat UTBK. Misalnya karena:
    • Berada di luar Provinsi
    • Berada di daerah dengan status zona merah
    • Pusat UTBK di zona merah
  1. Peserta dari luar provinsi dan atau kabupaten/kota yang karena status daerahnya maupun karena ketentuan tidak mungkin hadir mengikuti ujian di Pusat UTBK akan dijadwalkan ulang dan direlokasi ke SMA/SMK Mitra yang memenuhi persyaratan
  2. Pusat UTBK menetapkan SMA/SMK mana yang dijadikan sebagai mitra pelaksanaan UTBK
  3. Jumlah dan lokasi SMA/SMK Mitra disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing Pusat UTBK

Pelaksanaan UTBK SBMPTN 2020 sudah di depan mata. Sudah siap? Ayo, masih ada waktu untuk mempersiapkan diri kamu menghadapi soal-soal TPS UTBK dengan video pembahasan soal dan latihan soal TPS UTBK di ruangbelajar.

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D