Perbandingan Kuota Perguruan Tinggi di SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri 2021

Pojok_Kampus_-_Kuota_penerimaan_mahasiswa_baru_PTN_2021-01

Mau tahu perbanding kuota PTN pada jalur penerimaan SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri 2021? Simak beberapa kuota dari PTN berikut ini.

Bagi kamu para pejuang PTN yang hendak mengikuti SNMPTN, SBMPTN dan Seleksi Mandiri di tahun 2021 ini wajib nih untuk mengecek daya tampung atau kuota masing-masing universitas. Setiap PTN menyediakan kuota yang berbeda-beda untuk tiap jalur masuk. Maka dari itu, kamu wajib melakukan pengecekan, jalur mana yang menyediakan kuota paling besar atau paling sedikit.

Mengetahui persentase kuota untuk tiap jalur masuk ini penting banget, agar kamu bisa menyusun strategi dan mempersiapkan kira-kira akan mengambil jalur mana untuk mendaftarkan diri ke PTN tujuan kamu. Selain itu, kamu pun jadi bisa memperkirakan peluang untuk diterima di PTN melalui jalur masuk yang kamu pilih.

Sebelum mengecek kuota jalur masuk PTN, ada baiknya kamu mengetahui dulu nih apa perbedaan antara SNMPTN, SBMPTN dan Seleksi Mandiri berikut ini.

  • SNMPTN: Jalur SNMPTN adalah seleksi masuk PTN berdasarkan prestasi dan juga portofolio akademik siswa. Penilaiannya dilihat dari kompetensi sekolah dan prestasi siswanya, di antaranya akreditasi sekolah, nilai rapor, dan persyaratan lain berdasarkan PTN yang dipilih.
  • SBMPTN: Jalur SBMPTN adalah seleksi masuk PTN berdasarkan hasil dari UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) serta kriteria lain yang disepakati oleh PTN.
  • Seleksi Mandiri: Seleksi mandiri merupakan jalur masuk PTN yang diatur dan ditetapkan oleh masing-masing PTN. Proses penerimaan calon mahasiswa melalui jalur ini juga dapat menggunakan hasil dari UTBK.

Baca juga: Wajib Tahu! Persebaran Materi UTBK dari Tahun ke Tahun

Nah, agar kamu nggak repot mengecek tiap PTN satu per satu dan juga lebih mudah melihat perbandingannya, kali ini Ruangguru mau memberi kamu bocoran perbandingan kuota penerimaan PTN 2021 berikut ini. Psst, urutan PTN di bawah ini berdasarkan dari PTN yang paling banyak menerima kuota SNMPTN ya!

Pojok_Kampus_-_Kuota_penerimaan_mahasiswa_baru_PTN_2021-03

Hayo, ada PTN incaran kamu nggak? Sudah yakin untuk mendaftarkan diri kamu ke PTN melalui salah satu jalur masuknya? Atau kamu sudah mendaftarkan diri melalui SNMPTN? Bagi kamu yang masih mempersiapkan diri untuk menghadapi UTBK 2021, kamu bisa lho menggunakan fitur-fitur unggulan dari Brain Academy Online.

BA online - Brain Academy

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D