Wajib Tahu! Persebaran Materi UTBK dari Tahun ke Tahun

Persebaran materi UTBK

Seperti apa sih, persebaran materi UTBK dari tahun ke tahun? Yuk, ketahui persebaran materi UTBK dari tahun ke tahun, sebelum kamu menghadapi UTBK 2022!

--

Seperti yang sudah kita bahas pada artikel sebelumnya, pelaksanaan UTBK SBMPTN tidak selalu sama setiap tahunnya. Misalnya, pada tahun 2020 yang hanya terdiri dari 1 tipe tes, yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS), atau di tahun 2021 kemarin UTBK terdiri dari 2 tipe tes yaitu Tes Kompetensi Akademik (TKA) dan TPS, sama seperti UTBK 2019.

“Terus, di tahun 2022 nanti gimana ya kira-kira?”

Diperkirakan, pelaksanaan UTBK tahun 2022 mendatang akan sama dengan tahun 2021, yaitu ada 2 tipe tes TKA dan TPS. Nah, untuk menghadapi 2022 kamu harus menyiapkan amunisi dengan melihat dan menganalisis persebaran materi UTBK pada TKA dan TPS selama beberapa tahun terakhir.

Nah, pembahasan kita kali ini, akan berfokus pada persebaran materi UTBK untuk kedua tipe tes tersebut dari tahun ke tahun. Dengan mengetahui persebaran materi UTBK pada tahun-tahun sebelumnya, kamu bisa memiliki gambaran kira-kira materi apa saja yang kemungkinan muncul juga pada UTBK 2022. Yuk, kita cari tahu bersama!

 

Persebaran Materi TPS

TPS digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Soal-soal pada TPS lebih menekankan pada penalaran umum, pemahaman bacaan dan menulis, pengetahuan dan pemahaman umum, serta pengetahuan kuantitatif (mencakup pengetahuan dan penguasaan Matematika Dasar). 

TPS sendiri baru diadakan pertama kali, yaitu pada UTBK 2019. Kemudian, TPS ini akan diadakan kembali pada UTBK 2020. 

Ada 4 tipe subtes yang akan kamu temui di TPS, yaitu:

1. Penalaran Umum

Mencakup struktur logika dan kemampuan penalaran seperti logika analitik, aritmatika, sebab-akibat, pola bilangan dan pola gambar.

2. Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Mencakup pemahaman terhadap suatu teks bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

3. Pemahaman Bacaan dan Menulis

Mencakup pemahaman terhadap teknik penulisan, pemahaman isi bacaan dan penalaran kebahasaan.

4. Pengetahuan Kuantitatif

Mencakup pengetahuan dan penguasaan matematika dasar.

Nah, untuk mengetahui persebaran materi TPS UTBK Tahun 2021 bisa kamu lihat pada grafik di bawah ini.

 Persebaran materi UTBK TPS

Berdasarkan data di atas, dapat kita ketahui bahwa soal yang paling banyak keluar pada subtes Penalaran Umum adalah materi Simpulan Logis. Sementara itu, pada Pemahaman Bacaan dan Menulis materi Kepaduan Wacana, Kalimat Efektif, dan Ide Pokok jadi TOP 3 materi yang muncul.

Pada subtes Pengetahuan dan Pemahaman Umum, materi Ide Pokok Makna dan Kata Bentuk Kata jadi soal yang paling banyak keluar. Terakhir, di tes Pengetahuan Kuantitatif, soal Sistem Persamaan lebih banyak keluar dibanding soal lainnya.

Baca juga: Latihan Soal & Pembahasan UTBK 2022: TPS Penalaran Umum

 

Persebaran Materi TKA

TKA digunakan untuk mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang diajarkan di sekolah, yang diperlukan agar seseorang dapat berhasil dalam menempuh pendidikan tinggi. Soal-soal pada TKA lebih menekankan pada Higher Order Thinking Skills (HOTS).

TKA sendiri sebenarnya sudah diadakan sejak lama setiap tahunnya. Bahkan sebelum sistem UTBK wajib diberlakukan sebagai syarat SBMPTN.  

Terdapat 2 kelompok TKA, yaitu Saintek dan Soshum. Kita bahas satu per satu, ya!

 

TKA Saintek

Subtes pada TKA Saintek terdiri dari 4 mata pelajaran, yaitu:

  • Matematika
  • Fisika
  • Kimia
  • Biologi

Persebaran materi TKA Saintek bisa kamu lihat pada infografik berikut.

Persebaran materi UTBK Saintek

Dari infografik tersebut, kamu bisa mencatat topik-topik apa saja dari setiap sub tes yang jumlah soalnya paling banyak. Misalnya, untuk sub tes Matematika IPA, jumlah soal yang paling banyak adalah soal dengan topik: 

  • Turunan 
  • Integral 
  • Trigonometri 
  • Teori Peluang 
  • Limit 
  • Polinomial 
  • Dimensi Tiga

Dari situ, kamu bisa mengalokasikan lebih banyak waktu belajarmu untuk fokus pada topik-topik tersebut. Tapi, bukan berarti kamu boleh mengesampingkan topik-topik yang lain, ya! Tetap pelajari topik-topik yang lain dengan giat supaya nilai TKA kamu bisa maksimal.

 

TKA Soshum

Subtes pada TKA Soshum terdiri dari 4 mata pelajaran, yaitu:

  • Ekonomi
  • Geografi
  • Sejarah
  • Sosiologi

FYI, sejak tahun 2021 lalu, materi Matematika Dasar sudah tidak ada ya di TKA Soshum karena sebetulnya evaluasi matematika di TPS sama dengan tes di matematika IPS.

Yuk, kita lihat persebaran materi TKA Soshum di UTBK/SBMPTN 10 tahun terakhir pada grafik di bawah ini.

Persebaran materi UTBK Soshum

Sama seperti tadi, kamu juga bisa mencatat topik-topik apa saja dari setiap sub tes yang jumlah soalnya paling banyak. Misalnya, untuk sub tes Ekonomi, jumlah soal yang paling banyak adalah soal dengan topik: 

  • Mekanisme Pasar dan Elastisitas
  • Pendapatan Nasional 
  • Siklus Akuntansi 
  • Badan Usaha dan Ketenagakerjaan

Kalau ada topik yang belum dikuasai, kamu bisa alokasikan lebih banyak waktu pada topik tersebut. 

--

Hayoo, setelah tahu persebaran materi UTBK kamu jadi makin deg-degan, ya? Tenang, teman! UTBK 2022 memang sudah semakin dekat, tapi kamu masih punya cukup waktu kok untuk mempersiapkan diri.

Mau tahu lebih banyak mengenai strategi untuk menghadapi UTBK? Kamu bisa download Kitab UTBK dengan klik di bawah ini ya!

Download Kitab UTBK!

Segitu dulu, pembahasan tentang persebaran materi UTBK dari tahun ke tahun. Supaya kamu makin siap menghadapi UTBK, langsung aja langganan paket ruangbelajar khusus UTBK SBMPTN. Tetap semangat ya!

ruangbelajar

 

Referensi:

Adit, A. ‘Yuk Persiapan, Ini Materi dan Jadwal Penting UTBK-SBMPTN 2021’, Kompas, [Daring]. Tautan: https://www.kompas.com/edu/read/2020/12/17/082835271/utbk-sbmptn-2021-jadwal-ketentuan-materi-tes-dan-biaya?page=all (Diakses: 15 Februari 2021)

Kasih, A. P. ‘UTBK-SBMPTN 2021: Jadwal, Ketentuan, Materi Tes dan Biaya’, Kompas, [Daring]. Tautan: https://www.kompas.com/edu/read/2020/12/17/082835271/utbk-sbmptn-2021-jadwal-ketentuan-materi-tes-dan-biaya?page=all (Diakses: 15 Februari 2021)

Profile

Kenya Swawikanti

A full-time cat person who likes spicy food a bit more than Oreo cheesecake and chocolate ice cream. You can call me Kenya or Kay. Nice to meet you!