Mau Lulus UTBK? Persiapkan dengan 6 Langkah Jitu Ini

Shabrina Alfari Nov 19, 2021 • 5 min read


Langkah jitu lulus UTBK

Pastikan kamu lulus UTBK dengan mengikuti beberapa langkah jitu persiapan UTBK berikut ini. Yuk, disimak dan diterapkan dengan baik ya.

--

“UTBK tinggal sebentar lagi...bingung banget harus mulai dari mana..”

Apa aja nih yang sudah kamu lakukan untuk menyambut UTBK yang tinggal beberapa bulan lagi? Latihan soal? Perdalam materi? Atau ikut bimbel online?

“Ah..masih beberapa bulan, masih ada waktu lah.”

Eits, beberapa bulan itu bukan waktu yang lama, lho. Kamu harus mulai menyicil belajar dan latihan soal-soal UTBK. Apalagi untuk bisa masuk PTN favorit kamu harus bersaing dengan puluhan ribu pendaftar lainnya. So, wajib banget kamu curi start dan mempersiapkan diri dari sekarang. Nah, nggak perlu pusing, kamu bisa ikuti beberapa langkah berikut ini yang akan membantu persiapan UTBK kamu. Yuk, simak baik-baik ya.

langkah sukses hadapi utbk

1. Discover dan Setting Goals

Langkah penting pertama yang harus kamu lakukan adalah mulai eksplorasi dan mengenali potensi diri kamu. Cari tahu potensi yang akan kamu kembangkan dan bagaimana target jurusanmu bisa mengoptimalkannya. Mulailah dengan semakin mengenali hal-hal yang kamu senangi dan kuasai, lalu berlanjut ke hal yang kamu impikan.

“Tapi, aku takut salah jurusan kak..”

Nggak perlu khawatir, kamu bisa ambil Tes Minat dan Kemampuan yang ada di aplikasi Ruangguru. Hal ini penting banget agar kamu bisa lebih enjoy dalam menjalani kehidupan di perkuliahan. Memang sih, nggak ada jurusan yang menjamin 100% kamu banget. Tapi tenang, pasti ada kok jurusan yang nyaman dan sesuai buat kamu.

Setelah kamu memutuskan dengan satu jurusan, cari tahu informasi jurusan seperti mata kuliah yang akan kamu pelajari di jurusan tersebut dan prospek kariernya. Perbanyak diskusi dengan konselor atau alumni. Kamu juga harus menentukan target nilai agar diterima di jurusan tersebut.

2. Organize dan Strategize

Ingat ya, mulai sekarang jangan nanti-nanti. Kamu bisa mulai dengan buat target jadwal belajar harianmu secara detail. Kemudian, bagi materi belajar yang harus kamu kuasai menjadi potongan-potongan yang lebih kecil.

Mau membuat jadwal belajar sendiri? Kamu bisa menggunakan course plan yang ada di dalam Kitab UTBK sebagai panduan. Download sekarang dengan klik di bawah ini ya.

Download Kitab UTBK!

3. Deep Dive dan Review

Jadwal belajar sudah, now what? Sekarang kamu harus konsisten dan disiplin untuk belajar mengikuti jadwal yang sudah dibuat. Kamu bisa mulai me-review materi kelas 10 dan kelas 11, kemudian catat bagian yang masih harus kamu perdalam lagi. Kamu bisa melihat seluruh materi pelajaran, khususnya untuk UTBK di video ruangbelajar. Psst, jangan hanya menghafal materi ya, tapi kamu harus pahami konsepnya!  

4. Practice

“Aku udah review seluruh materi sekolah untuk UTBK kak..”

Nggak cukup! Selain memahami konsep materi pelajaran, kamu juga harus berlatih soal-soal UTBK dari tahun-tahun sebelumnya. Kunci sukses UTBK adalah dengan memperbanyak latihan berbagai variasi soal.

Kamu bisa menetapkan plan untuk berlatih soal, baik itu harian atau mingguan. Kemudian, kerjakan latihan soal yang bervariatif dari sumber yang kredibel.

Baca juga: Hindari 7 Kesalahan Ini dalam Persiapan UTBK SBMPTN

5. Tryout

Banyak banget manfaat tryout yang bisa kamu dapatkan. Dengan rajin ikut tryout, kamu bisa merasakan pengalaman mengikuti UTBK yang sebenarnya. Kamu juga bisa menguji kemampuan kamu dengan mengikuti beragam tryout.

Nilai tryout kurang memuaskan? Jangan menyerah! Berlatih itu nggak cukup sekali. Butuh ketekunan dan konsistensi agar kamu bisa mendapatkan hasil akhir yang lebih baik. Dengan begitu, kamu pun bisa menganalisis nilai apa saja yang perlu ditingkatkan.

UTBK itu ibarat perang. Kamu harus tahu siapa lawan dan kondisi medan perang supaya kamu bisa menentukan taktik jitu apa yang bisa dipakai nantinya. Nah, tryout inilah kesempatan kamu untuk tes ombak.

6. Take a Rest

Belajar itu emang penting, tapi istirahat juga sama pentingnya, lho. Jangan terlalu memaksa diri kamu untuk belajar, kalau kamu memang sudah merasa lelah. Belajar di saat ngantuk dan bosan juga nggak akan maksimal dan materi jadi susah masuk ke otak. Luangkan juga waktu untuk istirahat dan refreshing. Setelah itu, mood dan proses belajar kamu pasti bisa meningkat dan jadi lebih efektif.

--

Gimana, semoga langkah-langkah persiapan UTBK tadi bisa membantu kamu supaya lebih siap ya. Mau tahu lebih banyak tips dan trik persiapan masuk kampus? Yuk, ikutan beragam kelas dan sharing session GRATIS dengan guru dan mentor terbaik di bidangnya melalui KejarKampusImpian. Acaranya sudah mulai, lho. Jangan ketinggalan, cepetan daftar sekarang!

New call-to-action

Profile

Shabrina Alfari

Senior Content Writer at Ruangguru

Beri Komentar