Hindari 7 Kesalahan Ini dalam Persiapan UTBK SBMPTN

Pojok Kampus - Bingung Milih Jurusan Prioritaskan Hal Berikut-25-1

Mau lolos SBMPTN? Jangan sampai menyesal, hindari beberapa kesalahan dalam persiapan UTBK SBMPTN yang masih sering dilakukan berikut ini. 

--

Yakin persiapan kamu untuk lolos UTBK SBMPTN sudah tepat? Jangan salah, dari tahun ke tahun masih ada peserta yang kurang siap dan sering melakukan beberapa kesalahan sehingga mengalami kegagalan, lho. Kamu pasti nggak mau ‘kan hal ini terjadi? Yuk, cari tahu beberapa kesalahan yang perlu kamu hindari selama persiapan UTBK SBMPTN di bawah ini. Jangan sampai kamu melakukannya ya!

1. Salah menggunakan strategi belajar

“Banyak banget materinya, harus mulai belajar UTBK dari mana ya?”

Banyak nih yang bingung harus mulai belajar materi UTBK dari mana hingga salah dalam memilih strategi belajar. Seperti yang kamu ketahui, soal-soal UTBK dan seleksi mandiri PTN hampir semuanya membutuhkan pemahaman mendalam dan penalaran yang baik. Banyak di antara calon peserta yang hanya mengandalkan soal-soal UTBK yang lalu dan melahapnya tanpa benar-benar memahami materinya. Apabila kamu hanya menghafal soal dan rumus, ini bisa jadi kesalahan fatal, lho.

Tipsnya, kamu bisa mulai dengan memetakan kemampuan diri terlebih dahulu. Pilih materi yang sudah dan belum dikuasai. Kemudian, buat jadwal dan target belajar untuk lebih memperdalam materi yang belum kamu kuasai. Dengan begitu, target belajar kamu  bisa terpenuhi menjelang hari ujian nanti.

strategi belajar UTBKBuat strategi belajar UTBK yang tepat dan efektif (Sumber: campusfrance.org)

2. Mulai belajar setelah pengumuman SNMPTN

Siapa nih yang masih santai dan berharap dari SNMPTN? Terlalu yakin dengan hasil SNMPTN bisa membuat kamu lalai dan nggak belajar materi UTBK SBMPTN. Mulai belajar setelah pengumuman SNMPTN akan mengurangi kesiapan kamu untuk lolos SBMPTN.

Faktanya, kuota daya tampung untuk setiap program studi di jalur SNMPTN ditetapkan paling sedikit yaitu hanya 20 persen dari keseluruhan daya tampung program studi yang bersangkutan. So, sebaiknya kamu jangan hanya mengandalkan SNMPTN. Meskipun nilai rapormu bagus, kamu tetap harus mempersiapkan diri untuk UTBK.

Baca juga: Bingung Memilih Jurusan Kuliah? Prioritaskan 7 Hal Berikut!

3. Belum matang dalam memilih jurusan dan kampus

Sudah yakin dengan pilihan jurusan dan kampus kamu? Masih banyak lho yang belum tahu minat dan bakatnya sehingga bingung dalam memilih jurusan. Cari tahu di mana kemampuan dan minat kamu sehingga kamu bisa menentukan jurusan yang tepat dari sekarang. Selain itu, pastikan bahwa kamu memahami dengan jelas program studi yang kamu pilih tersebut. Banyak-banyaklah mencari informasi tentang prodi incaran. Jangan ragu untuk bertanya kepada orang yang memahami program studi yang menjadi minatmu.

Pilihan prodi kedua dan ketiga juga harus disertai alasan yang matang. Anggap saja keduanya sebagai kesempatan ekstra kamu untuk masuk PTN. Tidak menutup kemungkinan kamu diterima di program studi alternatif tersebut, asalkan kamu memperhitungkan peluang tersebut dengan baik dan rasional.

pilih jurusan sesuai passionKetahui passion dalam memilih jurusan (Sumber: uoregon.edu)

4. Pemahaman konsep lemah, hanya modal menghafal

Soal UTBK menggunakan tipe soal HOTS, yaitu soal yang membutuhkan penalaran tingkat tinggi sehingga kamu tidak terpaku hanya pada satu pola jawaban yang dihasilkan dari proses menghafal. HOTS adalah salah satu tuntutan keterampilan dalam pembelajaran abad 21, yaitu berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif.

So, untuk bisa mengerjakan soal HOTS diperlukan pemahaman konsep yang kuat. Bagi kamu yang masih belajar dengan metode menghafal, sepertinya perlu mengubah cara belajar kamu nih. Tenang, kamu akan dibantu oleh video belajar interaktif di ruangbelajar.

Baca juga: Apa Itu Higher Order Thinking Skills (HOTS)

5. Kurang latihan soal dan nggak ikut tryout

Belum kepikiran untuk ikut tryout? Wah, kamu ketinggalan banget nih! Ikut tryout UTBK penting banget untuk melatih kamu dalam menghadapi soal serta managemen waktu dalam menyelesaikan soal UTBK. Hasil dari tryout juga bisa jadi bahan pertimbangan kamu dalam memilih jurusan, lho.

tryout UTBKRajin berlatih soal dan ikut tryout UTBK (Sumber: drexel.edu)

6. Tidak mencari tahu daya tampung dan keketatan persaingan

Sudah tahu tingkat persaingan dan daya tampung dari program studi pilihan kamu? Yap, mencari tahu daya tampung dan keketatan di UTBK tahun sebelumnya bisa memberikan kamu panduan dalam menyusun strategi urutan program studi. Informasi ini bisa kamu dapatkan di laman resmi LTMPT di sini.

7. Terlalu ambisius hingga kurang istirahat

Wajar kalau kamu berusaha semaksimal mungkin untuk bisa lolos ke jurusan impian melalui jalur UTBK SBMPTN. Nggak ada orang yang ingin merasakan kegagalan. Namun, jangan sampai kamu jadi nggak memperhatikan kondisi fisik. Menjaga kesehatan itu penting supaya kamu tetap sehat selama proses persiapan UTBK hingga menjalani ujian nanti. Terlalu lelah dan kurang istirahat akan membuat kamu nggak maksimal dalam memahami materi atau mengerjakan soal.

--

Dari beberapa kesalahan persiapan UTBK SBMPTN di atas, adakah yang saat ini sedang kamu lakukan? Duh, jangan sampai dibiarkan ya. Kamu bisa mulai membuat kebiasaan baru dengan belajar menggunakan video belajar animasi interaktif di ruangbelajar. Ada juga ribuan latihan soal UTBK yang bisa membantu kamu berlatih, lho!

New Call-to-action

Referensi:

Kesalahan Umum Persiapan Masuk PTN. Kompas.com [daring]. Tautan: https://www.kompas.com/edu/read/2021/07/28/103803271/siswa-sma-smk-hindari-3-kesalahan-umum-persiapan-masuk-ptn?page=all (Diakses: 15 Oktober 2021)

Kesalahan di SBMPTN yang Bikin Kamu Nggak Lolos. Rencanamu.id [daring]. Tautan: https://rencanamu.id/post/persiapan-kuliah/10-kesalahan-di-sbmptn-yang-bisa-bikin-kamu-nggak-lolos-jangan-lakukan-pada-sbmptn-2018 (Diakses: 15 Oktober 2021)

Sumber foto:

Strategi belajar [daring]. Tautan: https://www.campusfrance.org/en/application-etudes-en-france-procedure (Diakses: 15 Oktober 2021)

Memilih jurusan [daring]. Tautan: https://around.uoregon.edu/content/academic-extension-offers-teachers-online-k-12-science-help (Diakses: 15 Oktober 2021)

Rajin berlatih dan ikut tryout [daring]. Tautan: https://drexel.edu/now/archive/2020/June/Tips-on-Preparing-for-and-Taking-Online-Finals-This-Unprecedented-Term/ (Diakses: 15 Oktober 2021)

Artikel ini diperbarui pada 15 Oktober 2021.

Profile

Shabrina Alfari

Senior Content Writer at Ruangguru