Bad Mood Hacks: Atasi dengan Cara Menyenangkan Ini!

Siapa sih yang tidak pernah mengalami bad mood? Pasti ada saja yang membuat mood kita jadi drop. Bahkan, kadang bad mood ini sering kita jadikan sebagai alasan untuk semua hal yang tidak terselesaikan. Padahal sebenarnya kita bisa mengontrol kondisi mood kita lho.

Find-out-why

Tekanan, perubahan, dan hormon

Usia remaja adalah masa transisi dari masa kanak-kanak menuju lebih dewasa. Di fase ini, kamu akan menghadapi banyak perubahan dan tanggung jawab baru. Dianggap terlalu kecil untuk melakukan hal X, namun sudah cukup dewasa untuk melakukan hal Z. Hal-hal inilah yang membuat remaja labil.

bad mood hacks Foto: kintakun-collection.co.id

Usia remaja juga banyak berurusan dengan tekanan dari rumah serta lingkungan. Baik lingkungan pertemanan di sekolah/kampus, maupun sekitarnya. Selain itu, perubahan sehari-hari juga dapat memengaruhi kondisi perasaan. Remaja cenderung ‘menuntut’ diri sendiri agar dapat diterima di lingkungan mana pun. Nah, tuntutan dari dalam diri dan lingkungan ini bisa menjadi faktor pendukung perubahan mood.

 

How to banish bad mood?

Coba mulai bangun lebih pagi, deh. Tidak usah langsung terburu-buru mandi dan lakuin hal lain dulu ya. Ask yourself! Kira-kira hal apa saja yang akan bikin kamu senang hari ini? Misalnya, ketemu sahabat di sekolah/kampus atau buku terbaru karangan author favoritmu launching? Hmm.. Atau justru ada hal yang hari ini bakal kurang menyenangkan buatmu? Ketahui dulu apa yang akan bikin mood kamu naik atau turun supaya tahu gimana handle-nya nanti.

 

Set your mindset 

bad mood hacks Foto: vectormarketing.com

Hal lain yang juga dapat membuat mood berubah-ubah adalah overthinking. Sebenarnya, kunci utama berasal dari pikiran kamu. Cara berpikirmu terhadap sesuatu dapat memengaruhi segalanya. Misalnya, kalau berpikir bahwa kamu bisa melakukan suatu hal sulit, mood otomatis akan membaik. Semangat untuk mengerjakan hal tersebut pun muncul.  Jadi, sebenarnya kamu bisa mengontrol mood kamu melalui mindset-mu.

 

Just stop

Rasa takut, cemas, dan nervous bisa mengarah ke penurunan kondisi mood kamu. Misalnya, kamu jadi perwakilan lomba debat di kampus atau mau menghadiri wawancara kerja. Nah, di kondisi demikianlah keadaan mood perlu dikontrol. Coba hilangkan segala prasangka buruk, insecure, dan rasa takut yang menyebabkan badan jadi shaking tidak karuan.

Cara klasik, tarik nafas dalam-dalam melalui hidung, biarkan perutmu terisi udara baru. Tahan 7-10 detik dan hempaskan dari mulut. Berilah jeda untuk otak agar dapat berpikir jernih dan memilih mood yang tepat untuk dikeluarkan saat itu. Jadi, kurangi berpikir berlebihan ya, teman-teman.

Kalau sudah terbayang emosi yang cocok untuk meng-handle bad mood kamu, carilah cara supaya bisa merasakan emosi positif yang menghasilkan mood baik. Banyak hal yang bisa kamu lakukan, di antaranya:

Mencoba hal baru 

bad mood hacks Foto: stuff.co.nz

Melakukan hal baru tentu akan memancing rasa ingin tahumu. Bicara dengan orang baru, melakukan aktivitas positif yang tidak pernah kamu bayangkan, dan banyak lagi yang bisa kamu coba.

 

Menikmati matahari dan udara segar

Istirahatlah sejenak dari rutinitas dan duduk di dekat jendela. Nikmati sinar matahari ditemani secangkir kopi/teh/coklat dapat membuat harimu lebih baik. Bersyukurlah, kamu masih bisa menghirup udara segar dan menikmati hangatnya sinar matahari.

 

Senyum!

Menurut penelitian, senyum itu bisa bantu melepaskan senyawa endorfin dalam otak yang membuat manusia merasa gembira. When you are in a good mood, melakukan hal ini tentu mudah. Tapi, bagaimana kalau kondisi mood-mu sedang berantakan? Meskipun susah, tapi wajib dicoba, lho. 

bad mood hacks Foto: youngandraw.com

Tidak masalah kalau awalnya kamu harus memberikan senyuman palsu. Dengan memaksakan senyum (pada awalnya), otot wajahmu yang awalnya tegang akan jadi rileks. Magically, mood perlahan akan berangsur membaik. Atau kamu bisa coba cara lainnya, seperti pikirkan suatu hal/cerita lucu di kepalamu dan…. voila! Senyummu akan muncul.

 

Musik 

bad mood hacks Foto: scdm2014.org

Music heals the soul. Dengarkan musik yang buat kamu bahagia. Sambil ditemani musik dan sinar mentari, cobalah bermeditasi selama 10-20 menit sehari agar pikiranmu jauh lebih rileks. Misalnya kamu stuck di rumah karena hujan, coba putar lagu berirama cepat dan dancing with the rain!

 

Let’s get some sweat

bad mood hacks Foto: APimages.com

Selain senyum, olah raga juga dapat nge-boost mood, lho, terutama di ruang terbuka. Kalau tidak sempat, lakukan stretching juga sudah cukup. Biasanya, mood juga bisa menurun karena otot menegang dan tubuh kurang fit.

 

Daydreaming 

bad mood hacks Foto: thedailybeast.com

Kalau kamu terlanjur bete dalam satu kondisi, melakukan daydreaming boleh dicoba. Kamu bisa membayangkan akan jadi apa kamu lima tahun ke depan, memikirkan ide surprise untuk orang tua, dan banyak hal lain. Otak akan terstimulasi hal-hal indah dan membuatmu bisa melewati hal buruk yang sedang dihadapi.

 

Faktor lingkungan

Berada di lingkungan orang-orang inspiratif dan menyenangkan turut memengaruhi mood. Jika ingin menyelesaikan tugas, carilah tempat yang mendukung. Perpustakaan atau kafe dengan suasana homey di sudut kota dapat jadi tempat yang dituju. Jangan malah datang ke tempat makan yang lagi hits ya, terlalu ramai akan membuat malah akan tugasmu  tidak terselesaikan.

Ruangguru