Peristiwa Kontemporer Dunia: Perpecahan Cekoslowakia | Sejarah Kelas 12

sejarah kelas 12 materi tentang perpecahan cekoslovakia

Halo, Squad! Kamu tahu nggak sih kalau dulu negara Ceko dan Slowakia itu merupakan negara yang sama? Sayangnya, negara ini harus berpisah di tengah jalan karena beberapa hal. Ternyata bukan cuma kamu sama doi doang yang harus pisah. Eh… Tahan dulu nangisnya, Squad. Mending kamu simak, nih apa saja penyebab terjadinya perpecahan Cekoslowakia. Kuy!

Awal Mula Republik Cekoslowakia

Sebelum bernama Cekoslowakia, negara ini terkenal dengan nama “Bohemia” karena di wilayah tersebut ada banyak pendatang dari suku Boiern. Di tahun 1917, terjadi pertemuan di Pittsburgh, Penssylvania, di mana Thomas Masaryk mewakili Ceko menandatangani perjanjian tersebut. Perjanjian itu mendorong penyatuan negara Czechia dan Slovakia menjadi Cekoslowakia yang resmi berdiri pada Oktober 1918. Cekoslowakia berbentuk republik dan memiliki pusat pemerintahan di Praha.

Thomas Masaryk

Thomas Masaryk. (Sumber: britannica.com).

Nama “Cekoslowakia” diambil dari dua etnis setempat yaitu etnis Ceko/Bohemia yang berada di sebelah barat dan etnis Slovak yang mendominasi wilayah timur. Sebelum menjadi negara merdeka, wilayah Cekoslowakia menjadi negara tempat membuat senjata dan menjadi gudang senjata setelah Perang Dunia I dan Perang Dunia II. Seiring perjalanannya sebagai sebuah negara, di tahun 1948-1989, Cekoslowakia-pun menjadi republik yang berpaham komunis. 

Baca juga: Peristiwa Kontemporer Dunia: Berpisahnya Negara-Negara Yugoslavia

Latar Belakang Perpecahan Cekoslowakia

Selain memiliki paham komunis, Cekoslowakia melakukan politik tangan besi (menggambarkan rezim kepemimpinan yang keras dan kejam) hanya kepada pihak-pihak yang dianggap membahayakan kepentingan pemerintah. Agama berada di bawah kendali pemerintah, ditambah penangkapan pihak-pihak yang dianggap antipemerintah.

Meski awalnya merupakan negara yang maju, lama-kelamaan Cekoslowakia mengalami kemunduran karena sistem ekonomi yang terpusat. Hal ini mendorong timbulnya gagasan dan tuntutan kepada pemerintah untuk melakukan reformasi. Salah satunya dari Alexander Dubček.

Alexander Dubcek

Alexander Dubcek. (Sumber: thefamouspeople.com).

Pada tahun 1968, Dubcek yang proreformasi terpilih menjadi sekretaris tertinggi partai komunis. Ada beberapa kebijakan yang diberlakukan Dubcek. Salah satunya adalah melonggarkan pengawasan terhadap media. Periode reformasi ini sering disebut dengan nama “Musim Semi Praha” (Prague Spring; Prazske Jaro) yang berlangsung pada tanggal 5 Januari 1968-21 Agustus 1968. Hal-hal yang dilakukan oleh Dubcek ternyata mengundang rasa tidak suka dari Uni Soviet, karena pendukung ideologinya berkurang. Uni Soviet akhirnya menginvasi Cekoslovakia bersama beberapa negara lainnya pada tanggal 21 Agustus 1968.

Pasca invasi yang dilakukan oleh Uni Soviet, pasukan Uni Soviet masih ditempatkan di Cekoslowakia guna mengawasi pergerakan Cekoslowakia. Dubcek yang menjadi kepala negara tidak bebas untuk melakukan sesuatu dan akhirnya mundur pada 1969. Kepemimpinannya digantikan oleh Gustáv Husák yang prokomunis. Di tahun ini juga, sistem administrasi Cekoslowakia dimodifikasi menjadi sistem federal yang terdiri menjadi dua negara federasi (bagian) yaitu Republik Sosialis Ceko dan Republik Sosialis Slovakia.

Gustav Husak

Gustav Husak. (Sumber: digital-guide.cz).

Pada 1989, terjadi demonstrasi yang disusul tekanan dari rakyat untuk melakukan reformasi politik. Sadar apabila dengan melawan demonstran hanya akan memantik permasalahan yang lebih besar, pemerintah Cekoslowakia akhirnya melunak dan mengizinkan pembentukan pemerintahan koalisi dengan kubu oposisi nonkomunis.

Velvet revolution memicu perpecahan cekoslovakia

Dokumentasi peristiwa Revolusi Velvet. (Sumber: bygonely.com).

Terbentuknya pemerintahan koalisi kemudian diikuti dengan naiknya Václav Havel sebagai presiden dari Cekoslowakia pada bulan Desember 1989. Periode dari komunis ke demokratis ini kemudian dikenal dengan nama Revolusi Beludru atau dikenal juga dengan Revolusi Velvet yang terjadi pada 17 November-29 Desember 1989.

Vaclav Havel yang membawa demokrasi ke Cekoslovakia

Václav Havel yang membawa demokrasi ke Cekoslowakia. (Sumber: vaclavhavel-library.org).

Pada tahun 1990, Cekoslowakia menjalani pemilu multipartai untuk pertama kalinya dan membawa Havel kembali terpilih sebagai presiden. Sistem ekonomi terpusat a la komunis tak lagi dijalankan, dan perusahaan swasta bermunculan. Media diberi hak seluas-luasnya dalam hal pemberitaan. Embel-embel “sosialis” dalam nama negara dihilangkan.

Negara Ceko dan Slovakia saat ini

Wilayah negara Ceko (merah) dan Slowakia (hijau) saat ini. (Sumber:maps-czech-republic.com).

Revolusi ini ternyata menimbulkan perdebatan di dalam parlemen Ceko dan Slowakia. Hingga akhirnya pada 1 Januari 1993, kedua negara memutuskan untuk pecah (berdiri sendiri-sendiri).

Di samping Revolusi Beludru, penyebab lainnya adalah perpecahan dalam anggota parlemen karena ada yang mendukung adanya desentralisasi (pemusatan) dan ada yang tidak setuju. Akibat pusat pemerintahan yang berada di Kota Praha, anggota parlemen dari wilayah Slovakia tidak setuju karena dianggap tidak adil bagi wilayahnya.

Faktor-faktor penyebab bubarnya Ceko dan Slovakia

 

Meski Ceko dan Slowakia telah berpisah, perpecahan Cekoslowakia berlangsung dengan damai sehingga tidak ada konflik yang menyelimuti. Gimana, Squad, sudah paham dong penyebab-penyebab negara di Eropa berpisah pada masa lalu? Kalau berani, yuk coba uji pengetahuan kamu dengan menjawab soal-soal di RuangUji. Tenang, di sana ada pembahasannya, kok.

IDN CTA Blog ruanguji Ruangguru

Referensi: 

Hapsari, R. (2018) Sejarah Untuk SMA/MA Kelas XII Peminatan Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Penerbit Erlangga.

‘Cekoslowakia 1989: Revolusi Beludru Gulingkan Rezim Komunis’. [Daring] Tirto.id Tautan: https://tirto.id/cekoslowakia-1989-revolusi-beludru-gulingkan-rezim-komunis-cucW (Diakses: 26 Oktober 2020).

Sumber foto:

Foto Thomas Masaryk [Daring]. Tautan: https://www.britannica.com/biography/Tomas-Masaryk (Diakses: 27 Oktober 2020)

Foto Gustav Husak [Daring]. Tautan:http://www.digital-guide.cz/en/realie/monarchs-and-politicians/gustav-husak-1/ (Diakses: 27 Oktober 2020)

Foto Dokumentasi peristiwa Revolusi Velvet [Daring]. Tautan: https://www.bygonely.com/soviet-invasion-of-czechoslovakia/ (Diakses: 27 Oktober 2020)

Foto Václav Havel yang membawa demokrasi ke Cekoslowakia  [Daring]. Tautan:https://archive.vaclavhavel-library.org/Archive/Detail/48433?&lang=en (Diakses: 27 Oktober 2020)

Foto Wilayah negara Ceko (merah) dan Slowakia (hijau) saat ini  [Daring]. Tautan: https://maps-czech-republic.com/ (Diakses: 27 Oktober 2020)

Artikel terakhir diperbarui pada 27 Oktober 2020

Irene Swastiwi Viandari Kharti