Mengenal Pengembangan Pusat-Pusat Keunggulan Ekonomi Di Indonesia | Ekonomi Kelas 9

IPS_9

Halo Squad! Apa kabar kalian hari ini? Apakah kalian sudah menonton film black panther? Di film black panther, wilayahnya yang bernama Wakanda memiliki keunggulan di bidang uranium. Kalian lihat sendiri kan, negara Wakanda ini bisa berkembang dengan cepat? Indonesia juga bisa, dong! Mengapa sih kita perlu mengembangkan keunggulan ekonomi kita? Yuk, mari kita cari tahu.

Kalian pasti sudah belajar tentang perdagangan internasional kan? Perdagangan antarnegara terjadi karena suatu negara memiliki produk yang lebih unggul dari negara lainnya yang terjadi akibat perbedaan sumber daya alam dan manusianya, contohnya seperti Indonesia yang membeli beras dari Vietnam karena penghasilan Indonesia sekarang ini masih belum dapat mencukupi kebutuhan. Oleh karena itu, kalian akan belajar tentang daerah-daerah di Indonesia yang memiliki keunggulan masing-masing. Mempunyai keunggulan di ekonomi dapat memberikan kesejahteraan kepada masyarakat, karena itu perlu dilakukan pengembangan kepada pusat-pusat keunggulan ekonomi di seluruh wilayah Indonesia.

keunggulan ekonomi masing masing wilayah
  • Papua

Papua sangat kaya dengan hasil tambang berupa emas dan tembaga. Selain menyimpan cadangan hasil tambang yang besar, papua juga memiliki potensi kayu sebanyak 540 juta kubik yang apabila diolah menjadi produk industri kayu yang nilainya dapat mencapai sebesar US$ 500 Miliar.

emas batangan

 (Sumber: tirto.id)

  • Maluku

Sebesar 92,4% wilayah Maluku berupa perairan oleh karena itu keunggulan maluku terletak di hasil  lautanya. Psst… Maluku itu penghasil nikel terbesar di dunia, lho!.

maluku penghasil nikel terbesar di dunia(Sumber: indotrading.com)

  •  Nusa Tenggara

Kepulauan Nusa Tenggara terdiri atas pulau vulkanik dan rangkaian terumbu karang yang tersebar di sepanjang lautan. Kamu tau Pulau Komodo nggak? Pulau Komodo itu juga terletak di Kepulauan Nusa Tenggara, lho! Oleh karena itu, potensi Kepulauan Nusa Tenggara sebagai objek wisata sangat besar! Apalagi juga karena komodo adalah binatang eksklusif Indonesia.

objek wisata nusa tenggara, pulau komodo

(Sumber: pemburuombak.com)

  • Sulawesi

Pulau Sulawesi merupakan pusat produksi dan pengolahan hasil perkebunan, pertanian, perikanan, minyak dan gas serta pertambangan nasional. Komoditas utama yang dihasilkan dari sektor perkebunan adalah kakao. Perkebunan kakao di Sulawesi merupakan yang terbesar ke-2 di dunia. Selain itu pulau Sulawesi juga merupakan penghasil beras terbesar ke-3 di dunia.

komoditas utama  perkebunan sulawesi buah kakao(Sumbe: agrowindo.com)
 
manfaat buah kakao bagi kesehatan

 

Baca Juga: Mengenal Jenis-Jenis Pasar Bebas di Dunia

  •  Kalimantan

Kalimantan merupakan pulau terbesar di Indonesia. Sumber daya alam utama Kalimantan adalah perkebunan dan pertambangan. Hasil tambang Kalimantan meliputi minyak bumi, gas, batubara dan cadangan bijih besi terbesar di Indonesia. Wow hebat ya! Apakah kalian tertarik sekarang?

batu bara

(Sumber: bisnis.tempo.co)

  •  Jawa Dan Bali

Jawa merupakan pulau dengan tingkat kemajuan tertinggi di Indonesia karena pusat kegiatan ekonomi terdapat di Jawa. Jawa memiliki hampir semua faktor produksi seperti sumber daya manusia, modal dan kewirausahaan. Jawa juga menjadi sentra industri tekstil di Indonesia yang menyerap banyak tenaga kerja. Sedangkan Bali merupakan daerah tujuan wisata lokal dan internasional. Bali terkenal dengan pantai-pantainya yang indah dan budaya bali yang unik sehingga menarik banyak wisatawan.

 batik jawa hasil tekstil(Sumber: johndated.github.io)

  • Sumatera

Pulau Sumatera dikenal sebagai sentra produksi dan pengolahan perkebunan terbesar di Indonesia. Pulau Sumatera penghasil utama karet dan kelapa sawit di Indonesia. Wah, menarik ya? Jadi karet yang kita gunakan untuk aktivitas hari-hari itu berasal dari Sumatera.

keunggulan ekonomi di wilayah2 Indonesia

Bagaimana Squad? Tidak susah kan? Jika masih kurang mengerti downloadlah aplikasi ruangguru ada banyak video dan soal yang bermutu yang dapat membantu kalian mengerti lebih dalam. Ayo download sekarang!

ruangguru-on-the-go

Referensi:

Kurnia A. (2017) IPS Terpadu SMP Kelas IX. Edisi ke-2. Jakarta: Yudhistira

Sumber foto:

Foto ‘Emas’ [Daring]. Tautan: https://tirto.id/cara-cek-emas-batangan-antam-asli-dan-palsu-ejLp (Diakses: 15 Desember 2020)

Foto ‘Nikel’ [Daring]. Tautan: https://www.indotrading.com/product/jual-bijih-nikel-p548388.aspx (Diakses: 15 Desember 2020)

Foto ‘Komodo’ [Daring]. Tautan: https://www.pemburuombak.com/berita/nasional/item/1703-16-fakta-tentang-pulau-komodo-yang-mungkin-belum-kalian-tahu (Diakses: 15 Desember 2020)

Foto ‘Cokelat’ [Daring]. Tautan: http://www.agrowindo.com/peluang-usaha-budidaya-kakao-dan-analisa-usahanya.htm (Diakses: 15 Desember 2020)

Foto ‘Batu bara’ [Daring]. Tautan: https://bisnis.tempo.co/read/1056185/karena-batubara-biaya-pln-membengkak-rp-15-triliun (Diakses: 15 Desember 2020)

Foto ‘Batik’ [Daring]. Tautan: https://johndated.github.io/implementasi/post/contoh-gambar-batik-nusantara/ (Diakses: 15 Desember 2020)

 

Artikel diperbarui pada 15 Desember 2020

Nicholas Suhadi