Pilihan Makanan Bergizi Penambah Daya Tahan Tubuh Anak

Ringgana Wandy Wiguna Jan 28, 2021 • 7 min read


Artikel ini membahas bagaimana cara menyeimbangkan gizi anak dan bagaimana memilih makanan yang dapat menambah daya tahan tubuh anak.

---

Parents, hari ini sudah masak menu apa nih buat makan si kecil? Pastinya enak-enak dong. Tapi tau gak sih Parents, nutrisi di dalam makanan itu beda-beda lho, dan berbeda juga fungsi-fungsinya untuk tubuh. Nah, kalau pandemi kayak gini, cocoknya makan makanan apa ya biar tubuh kita menjadi kuat dan nutrisi kita terpenuhi?

Mungkin Parents sudah tahu pertumbuhan anak haruslah diimbangi dengan konsumsi gizi yang cukup dan tepat sesuai dengan Pedoman Gizi Seimbang (PGS). Namun, pada era pandemi seperti sekarang ini, kita haruslah terus memenuhi kebutuhan konsumsi makanan yang dapat menaikkan imun atau daya tahan tubuh anak.

Artikel ini membahas bagaimana cara menyeimbangkan gizi anak dan bagaimana memilih makanan yang dapat menambah daya tahan tubuh anak. Masa pandemi seperti ini pastinya harus memilih dan memilah makanan agar kita selalu segar dan sehat kan Parents?

Gizi Seimbang adalah adalah suatu prinsip dimana masyarakat mengonsumsi makanan dengan menyeimbangkan zat gizi yang keluar dan zat gizi yang masuk, serta dengan mengontrol berat badan secara teratur. Dalam pemenuhan gizi seimbang terdiri dari empat pilar seperti dibawah ini:

1. Mengonsumsi Makanan yang Beraneka Ragam

Sumber: haphazardlyeverafter.wordpress.com

Makanan, semuanya pasti memiliki kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Misalnya, nasi adalah sumber kalori yang utama untuk tubuh, namun rendah vitamin dan mineral. Selain itu, buah dan sayur adalah makanan yang kaya akan vitamin, mineral, dan sehat, namun rendah kalori dan protein. Nah, karena kandungannya yang beraneka ragam, maka dari itu disarankan untuk memakan makanan yang beraneka ragam. Dalam memakan makanan yang beraneka ragam, parents juga harus memperhatikan proporsi makanan yang seimbang, tidak berlebihan, dan melakukannya secara teratur agar anak dapat tumbuh dengan sehat.

2. Melakukan aktivitas fisik

Sumber: blog.myfitnesspal.com

Aktivitas fisik yang dilakukan kita adalah bagian dari olahraga yang dapat menjadi salah satu usaha menyeimbangkan keluar dan masuknya zat gizi kita. Selain itu, kegiatan fisik juga dapat memperlancar sistem metabolisme tubuh, tak terkecuali metabolisme zat gizi. Disarankan untuk sekarang ini, agar tubuh sehat dan selalu bugar, dapat melakukan aktivitas fisik setidaknya 3 kali seminggu dengan durasi 30 menit per sesinya Parents.

3. Membiasakan Perilaku Hidup Bersih

Sumber: www.popmama.com

Membiasakan perilaku hidup bersih dapat mencegah seseorang terkena infeksi lho parents. Orang yang terkena infeksi akan mengalami penurunan nafsu makan sehingga zat gizi masuk ke dalam tubuh mereka akan berkurang. Nah, begitupun sebaliknya ketika tubuh kita terinfeksi tubuh membutuhkan lebih banyak lagi zat gizi yang masuk dalam tubuh. Makanya, di zaman pandemi seperti ini kita haruslah melakukan perilaku hidup bersih!

4. Memantau dan Mempertahankan Berat Badan Normal

Sumber: www.frisianflag.com

Salah satu indikator yang dapat menunjukan bahwa terjadi keseimbangan gizi yang ada di dalam tubuh kita adalah berat badan kita. Ketika gizi seimbang maka berat badan haruslah dalam kondisi normal dalam Indeks Masa Tubuh (IMT). Pemantauan berat badan dalam pola hidup gizi seimbang adalah hal yang dapat mencegah kelebihan atau kekurangan berat badan, dan pastinya membuat tubuh kita sehat.

Baca Juga: 5 Manfaat Memelihara Hewan Bagi Tumbuh Kembang Anak

Empat pilar gizi seimbang di atas membuat dan mengarahkan kita untuk menjaga kesehatan. Nah kalau sehat, tentunya imun kita juga akan kuat. Untuk menambah imun yang kuat haruslah makan-makanan yang dapat menambah imun kita, seperti memakan makanan yang kaya akan vitamin.

Vitamin akan berguna untuk menangkal berbagai macam hal yang tidak baik masuk ke dalam tubuh kita. Hal tersebut terjadi karena vitamin akan menghasilkan antioksidan yang dapat memperkuat imun kita. Namun, vitamin tidak sama memberikan antioksidan dengan kadar yang sama Parents, vitamin yang paling banyak dan menghasilkan antioksidan yang besar ada pada vitamin C.

Namun, bukan hanya vitamin C saja yang dapat dijadikan rujukan utama, melainkan semua makanan yang mengandung berbagai zat dapat menjadi antioksidan juga namun kadarnya tidak sebesar vitamin C. Cara menyeimbangkannya tentu saja dengan cara menggunakan pilar gizi seimbang.

 

Menurut Hardinsyah, pemenuhan kebutuhan gizi haruslah terus dilakukan agar tingkat konsumsi gizi terus mengalami peningkatan dan penderita kekurangan gizi semakin berkurang, karena setiap individu haruslah berkecukupan Vitamin, protein, lemak, energi, dan karbohidrat sehingga tubuh dapat bekerja secara maksimal dan tentunya akan menciptakan tubuh yang sehat dan bugar.

Selain itu, untuk menunjang kebutuhan belajar anak menjadi lebih efektif, orang tua juga disarankan memilih media belajar yang menyenangkan dan mudah digunakan. Salah satu media belajar yang cocok dan pas untuk anak selama di rumah adalah aplikasi Ruangguru. Dengan produk ruangbelajar, anak bisa mengatur jadwal belajar, bisa membuat cara belajarnya lebih terstruktur, dan juga dapat melatih tingkat kemampuannya melalui petualangan belajar, ada video belajar, dan juga latihan-latihan soal. Jadi, ketika pemenuhan gizi sudah tercukupi, jangan lupa langganan aplikasi Ruangguru untuk memenuhi kebutuhan belajar anak agar lebih efektif ya Parents.

New call-to-action

 

Referensi:

Badan Pengawas Obat dan Makanan. 2013. Pedoman Pangan Jajanan Anak Sekolah untuk Pencapaian Gizi Seimbang : Pengawas dan/atau Penyuluh. Jakarta: Direktorat Standardisasi Produk Pangan : Deputi Bidang Pengawasan Keamanan Pangan Dan Bahan Berbahaya.

Hardinsyah, Hadi Riyadi, Victor Napitupulu. 2013. "Kecukupan Energi, Protein, Lemak, dan Karbohidrat." ResearchGate 1-27.

Javier Gonzalez-Gallego, M. Victoria Garcıa-Mediavilla, Sonia Sanchez-Campos and Marıa J. Tunon. 2010. "Fruit polyphenols, immunity and inflammation." British Journal of Nutrition 15-27.

Sawitri Komarayanti, Wiwik Suharso, Elfien Herrianto. 2020. "Local Fruits and Vegetables of Jember District That Can Increase Immunity during the Covid-19 Pandemic." BirEx Journal 492-508.

 

Sumber Gambar:

Gizi Seimbang, https://haphazardlyeverafter.wordpress.com/2014/02/12/surviving-sickness-planning-ahead/

Workout Bersama Anak, https://blog.myfitnesspal.com/why-you-dont-go-to-the-gym-as-much-as-you-should/

Anak yang Menjaga Kebersihan dengan Mencuci Tangan, https://www.popmama.com/life/health/bagasdharma/alasan-mengajarkan-anak-cuci-tangan-pakai-sabun

Mengukur Berat Badan Anak, https://www.frisianflag.com/milkpedia/nutrisi-dan-kesehatan/bagaimana-cara-menghitung-berat-badan-ideal-anak

Beri Komentar