Recount Text: Struktur, Kaidah Kebahasaan, dan Contoh | Bahasa Inggris Kelas 8

Recount Text

Apa itu Recount Text? Seperti apa contohnya? Yuk, kita pelajari tentang pengertian, struktur, kaidah kebahasaan (language features), hingga contoh Recount Text berikut ini!

--

Pernah nggak, kamu mendapat tugas dari guru, untuk membuat cerita tentang pengalamanmu dalam bahasa Inggris? Misalnya, cerita tentang pengalaman liburan, ulang tahun, kejadian lucu yang pernah terjadi dalam hidup, atau pengalaman pertama kali ikut lomba lari marathon.

Nah, ketika membuat teks yang menceritakan pengalaman atau kejadian yang telah terjadi di masa lalu, kita menggunakan jenis teks yang disebut sebagai Recount Text. Apa itu Recount Text?

Recount Text adalah teks yang berfungsi untuk menceritakan kembali kejadian atau pengalaman yang terjadi di masa lalu. Masa lalu di sini bukan berarti masa lalu yang lampau banget seperti cerita sejarah gitu ya, guys! Hehe.. Maksudnya, kejadian yang diceritakan dalam Recount Text tersebut sudah terjadi sebelum kamu menulis teks tersebut. Misalnya, kejadian yang berlangsung tahun lalu, bulan lalu, atau bahkan kemarin. Nah, kejadian yang diceritakan kembali dalam Recount Text bisa berupa pengalaman seperti liburan, lomba, atau ulang tahun.

 

Struktur Recount Text

Recount Text terdiri atas 3 bagian, yakni OrientationSeries of Event, dan Reorientation. Kita bahas satu per satu, ya!

Struktur Recount Text

 

Orientation

Bagian ini merupakan bagian pembuka teks atau pendahuluan yang berisi latar belakang dari suatu kejadian, seperti siapa yang terlibat, atau kapan dan di mana kejadian tersebut terjadi.

Baca juga: Pengertian, Pola, dan Contoh Kalimat Comparison Degree

 

Series of Events

Bagian ini merupakan bagian isi teks yang berisi serangkaian kejadian berurutan yang dialami penulis. Misalnya, jika Recount Text tersebut menceritakan tentang pengalaman lomba, maka bagian Series of Event-nya berisi serangkaian kejadian yang dialami secara berurutan, mulai dari awal persiapan lomba hingga lomba berakhir.

 

Reorientation

Bagian ini merupakan penutup teks yang berisi kesimpulan, pesan, kesan, atau perasaan penulis atas kejadian yang dialami. Misalnya, penulis menceritakan tentang pengalaman lombanya dan ternyata ia menang juara 1 dalam lomba tersebut, maka penulis bisa menceritakan bagaimana gembiranya ia ketika tahu bahwa ia berhasil menang juara 1.

 

Kaidah Kebahasaan (Language Features) Recount Text 

Dalam membuat Recount Text, kamu perlu memperhatikan beberapa kaidah kebahasaan atau language features yang ada, salah satunya yakni menggunakan Simple Past Tense.

 

Menggunakan Simple Past Tense

Kenapa harus Simple Past Tense? Karena kejadian yang diceritakan adalah kejadian yang terjadi di masa lampau, jadi kita harus menggunakan tense yang berfungsi untuk mengungkapkan kejadian yang terjadi di masa lampau yakni Simple Past Tense.

Language Features Recount Text

Masih ingat kan, sama pola kalimat Simple Past Tense? Pola kalimat Simple Past Tense ada dua macam, yakni:

1. Subject + Verb 2

Contoh: I ran.

2. Subject + be + Complement

Contoh: It was hard.

Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa perhatikan gambar di atas, ya!

Baca juga: Contoh Kalimat Simple Present Tense Berdasarkan Polanya

 

Menggunakan Adverb of Time dan Adverb of Sequence

Selain itu, dalam membuat Recount Text, kamu juga bisa menggunakan berbagai adverb atau kata keterangan, seperti kata keterangan waktu (Adverb of Time) dan kata keterangan urutan (Adverb of Sequence).

Adverb of Time dan Adverb of Sequence

Adverb of Time (Keterangan Waktu) digunakan untuk menunjukkan masa lalu. Contohnya antara lain:

  • Yesterday
  • Last week
  • Last month
  • An hour ago
  • A year ago

Sedangkan Adverb of Sequence (Keterangan Urutan) digunakan untuk menunjukkan urutan terjadinya kejadian. Contohnya antara lain:

  • First
  • Then
  • After that
  • At last
  • Finally

Sudah paham struktur dan kaidah kebahasaan, sekarang saatnya membahas contoh Recount Text, nih!

 

Contoh Recount Text

Berikut adalah contoh Recount Text yang menceritakan pengalaman penulis saat pertama kali mengikuti lomba lari marathon. Perhatikan baik-baik, ya!

Last month, I joined the Rogu Marathon, my first marathon contest. I thought it would be a great experience for me to try out. I had to run 42 kilometers to complete it. It was hard.

First, I woke up very early in the morning because the marathon started at 7 a.m. When I arrived at the venue, I found out that there were actually a lot of people who participated in it. We were excited to run the marathon. 

When the marathon started, I ran as fast as I could. After some kilometers, I was already tired, so I just jogged for the rest of the way. Finally, I finished the marathon. It was exhausting, but it was also so fun.

After that, I wanted to join another marathon. I was interested in improving my running time, and I also experienced a good feeling with the other runners. It was a very wonderful experience for me.

Nah, dari contoh teks tersebut, jika kita bedah strukturnya, maka akan menjadi seperti berikut:

Contoh Recount Text

Nah, pada contoh di atas, kamu bisa tahu secara detail nih, mengenai struktur dari Recount Text tersebut. Kamu bisa perhatikan bagian mana dari teks yang merupakan Orientation, Series of Event, hingga Reorientation. Dengan melihat contoh ini, tentunya akan mempermudah kamu dalam membuat Recount Text, bukan?

Itu tadi penjelasan kita tentang Recount Text, mulai dari struktur, kaidah kebahasaan atau language features, hingga contohnya. Sudah paham, kan? Yuk, lanjutkan lagi belajarmu dengan mengakses video belajar beranimasi seru di ruangbelajar

ruangbelajar

Referensi:

Wardiman, A. dkk. (2008). English in Focus 2: For Grade VIII Junior High School. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Artikel ini telah diperbarui pada 23 Februari 2022.

Profile

Kenya Swawikanti

A full-time cat person who likes spicy food a bit more than Oreo cheesecake and chocolate ice cream. You can call me Kenya or Kay. Nice to meet you!