Kenalan dengan Jurusan Teknik Informatika: Mau Jadi Ahlinya Coding?

Mata Kuliah Jurusan Teknik Informatika dan Prospek Kerjanya

Jurusan Teknik Informatika termasuk prodi favorit dari rumpun Saintek. Ini ulasan lengkapnya, mulai dari mata kuliah, daftar kampus, hingga prospek kerjanya.

 

Benar nggak sih, guys, kalau masuk ke jurusan Teknik Informatika itu, kita bisa belajar jadi hacker? Jawabannya, bisa benar bisa salah. Loh, kok bisa begitu? Kalau kamu penasaran, simak ulasan lengkap mengenai Jurusan Teknik Informatika di artikel ini, yuk!

 

Mengenal Jurusan Teknik Informatika

Sebelum mengenal lebih jauh mengenai jurusan yang satu ini, mungkin kamu harus tahu dulu nih, apa itu informatika? Menurut definisinya, informatika adalah ilmu yang mempelajari penggunaan komputer untuk mengatur dan menganalisis data maupun informasi.

Nah, karena teknologi yang semakin maju, hal ini meningkatkan kebutuhan berbagai industri pada SDM yang jago komputer, salah satunya soal Teknik Informatika.

Jurusan Teknik Informatika adalah program studi yang mempelajari dan menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer, mulai dari komputasi, perangkat keras (hardware), dan perangkat lunak (software). Di jurusan ini, kamu akan belajar banyak mengenai perancangan, pengujian, pengembangan, evaluasi sistem operasi, perangkat keras dan lunak, hingga kinerja komputer itu sendiri.

Selain itu, kamu juga akan mendalami coding dan programming untuk merancang dan mengembangkan ragam algoritma komputasi. Contohnya seperti perangkat lunak untuk bisnis, pengelolaan jaringan, infrastruktur teknologi informasi, hingga pengembangan aplikasi multimedia akan selalu diasah.

Baca Juga: Apa Sih Bedanya Jurusan Teknik Informatika dan Sistem Informasi?

 

Bedanya Jurusan Teknik Informatika dengan Jurusan Sistem Informasi dan Ilmu Komputer

Nah, mungkin kamu ada yang bingung nih, apa bedanya Jurusan Teknik Informatika dengan Sistem Informasi dan Ilmu Komputer, ya?

Secara umum, Jurusan Teknik Informatika akan fokus mempelajari tentang pengembangan sistem berbasis komputer. Oleh karena itu, mata kuliah di jurusan ini mencakup jaringan komputer, pemrograman, dan kecerdasan buatan.

Sementara itu, Jurusan Sistem Informasi lebih fokus mempelajari pengolahan informasi, dengan tujuan efektifitas dan efisiensi sistem. Meskipun, di jurusan ini, kamu juga bakal belajar sedikit tentang perangkat lunak (software) maupun perangkat keras (hardware). Nah, kalo Jurusan Ilmu Komputer lebih berfokus pada sains dan teori tentang komputer.

 

Kuliah di Jurusan Teknik Informatika

Jurusan Teknik Informatika itu termasuk rumpun Saintek, ya. Jadi, hanya bisa menerima siswa yang sebelumnya mengambil jurusan IPA di SMA. Terus, kuliah Jurusan Teknik Informatika itu ngapain aja sih? Jangan salah mengira, ya, teman-teman.

Masuk ke Jurusan Teknik Informatika tidak hanya sekedar instal perangkat lunak komputer, atau bongkar pasang komputer. Masuk ke jurusan ini, justru kamu akan merancang perangkat lunak itu sendiri.

Melalui coding dan programming, kamu bisa mengembangkan perangkat lunak untuk kemudahan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, selama 4 tahun atau 8 semester, kamu akan dibekali dengan ilmu dan keterampilan untuk keperluan tersebut.

Setiap harinya, kamu akan belajar bahasa pemrograman, kecerdasan buatan, hingga multimedia. Tak hanya itu, kamu pun akan belajar bagaimana memecahkan berbagai masalah komputasi. Beberapa di antaranya, mencari informasi dari miliaran dokumen web, memproses jutaan permintaan secara bersamaan, menciptakan sistem keamanan, dan lain-lain.

 

Keterampilan yang Dibutuhkan di Jurusan Teknik Informatika

Kalau kamu bertanya, apakah Jurusan Teknik Informatika itu sulit? Jawabannya tergantung keterampilan yang kamu miliki ya. Jika kamu tertarik untuk berkuliah di jurusan ini, kamu perlu tau keterampilan apa aja yang kamu butuhkan. Nah, berikut adalah beberapa keterampilan yang dibutuhkan di Jurusan Teknik Informatika yang bisa kamu jadikan bahan pertimbangan.

Keterampilan Jurusan Teknik Informatika

 

Mata Kuliah Jurusan Teknik Informatika

For your information, mata kuliah Jurusan Teknik Informatika akan menuntut banyak kecerdasan logika kamu. Pada semester awal, kamu akan disuguhi dengan mata kuliah, seperti Pengantar Teknologi Komputer dan Informatika, Kalkulus, Algoritma dan Pemrograman, Sistem Database, Artificial Intelligence (AI), dan Analisis Algoritma.

Lalu, di semester akhir perkuliahan, kamu akan belajar banyak tentang Rekayasa Perangkat Lunak, Data Warehouse, Data Mining, dan Teori Bahasa dan Automata.

mata kuliah Jurusan Teknik Informatika

 

Kenapa Harus Masuk ke Jurusan Teknik Informatika?

Gimana, apakah kamu semakin tertarik untuk masuk ke jurusan ini? Oke, oke, kalau masih bingung, berikut alasan memilih jurusan Teknik Informatika lainnya yang bisa kamu pertimbangkan.

  1. Prospek kerja lulusan Teknik Informatika semakin luas di era teknologi seperti sekarang. Tidak hanya itu, tersedia juga jenjang karir yang beragam dan bergengsi, plus gaji yang tidak sedikit.
  2. Lulusan Teknik Informatika banyak dibutuhkan berbagai perusahaan.
  3. Kamu bisa punya startup sendiri, dan bekerja sebagai independent self employed dengan menjadi konsultan.

Baca Juga: 17 Jurusan Teknik dengan Prospek Kerja Menjanjikan, Mana yang Jadi Pilihanmu?

 

Daftar Kampus dengan Jurusan Teknik Informatika

Mau pilih jurusan ini di seleksi masuk perguruan tinggi selanjutnya? Berikut adalah daftar universitas dengan Jurusan Teknik Informatika yang bisa kamu pilih:

daftar kampus Jurusan Teknik Informatika

 

Prospek Kerja Lulusan Teknik Informatika

Usai lulus dari jurusan Teknik Informatika, kamu akan memperoleh gelar Sarjana Teknik (S.T) atau Sarjana Komputer (S.Kom), atau Sarjana Sains (S.S). Hal ini bergantung pada kampusmu. Lalu, apa saja ya prospek pekerjaan yang tersedia untuk lulusan Teknik Informatika itu?

  • Karyawan IT
  • Programmer
  • Konsultan IT
  • Data scientist
  • Web developer
  • Database engineer
  • Game development
  • Computer network
  • Web administrator
  • Software engineer

 

For your information, gaji yang ditawarkan untuk lulusan Teknik Informatika bisa dibilang ‘wah’, lho, teman-teman. Rata-rata, seorang Sarjana Teknik Informatika akan digaji mulai dari Rp7 juta per bulan untuk lulusan fresh graduate. Akan tetapi, gaji tersebut akan bergantung pada kemampuan, tempat bekerja, pengalaman yang kamu punya ya.

Baca Juga: Kupas Tuntas Jurusan Sistem Informasi: Mata Kuliah Hingga Prospek Kerja

Itulah teman-teman, informasi lengkap mengenai jurusan Teknik Informatika. Sekarang, kamu sudah tau kan apa itu jurusan Teknik Informatika, mata kuliah yang dipelajari, hingga prospek kerjanya. Siapkan diri dan selamat berjuang ya ke kampus impianmu. Tunggu apalagi, segera akses ruangbelajar untuk bantu kamu gapai cita-cita!

IDN CTA Blog ruangbelajar for desktop Ruangguru

Referensi:

Apa itu Teknik Informatika dan Prospek Kerja Kedepannya [daring]. Tautan: https://www.teknik.unpas.ac.id/blogs/apa-itu-teknik-informatika/ diakses pada 24 Agustua 2022.

Mengenal Jurusan Teknik Informatika dan Prospek Kerja Lulusannya 2022 [daring]. Tautan: https://danacita.co.id/blog/mengenal-jurusan-teknik-informatika-dan-prospek-kerja-lulusannya-2022/ diakses pada 24 Agustus 2022.

Dinda Silviana Dewi