17 Jurusan Teknik dengan Prospek Kerja Menjanjikan, Apa Pilihanmu?

jurusan teknik

Mau masuk teknik? Simak dulu beberapa jurusan teknik dengan prospek kerja yang menjanjikan berikut ini. Mau pilih yang mana? 

--

Kira-kira apa ya jurusan kuliah yang prospek kerjanya paling menjanjikan? Salah satu jurusan yang paling digemari setiap tahunnya adalah jurusan-jurusan di bidang teknik. Yap, jurusan teknik dipercaya sebagai salah satu jurusan dengan lulusan yang punya prospek kerja paling cerah di masa depan. Sebelum kamu memilih jurusan yang paling sesuai dengan bakat dan minat kamu, ketahui dulu yuk hal apa saja yang dipelajari serta prospek kerja dari masing-masing jurusan teknik berikut ini.

Baca juga: 7 Jurusan Sepi Peminat, dengan Peluang Kerja Besar!

1. Teknik Sipil

Teknik Sipil merupakan jurusan teknik yang sangat lekat dengan infrastruktur. Di jurusan ini kamu akan mempelajari proses merancang, membangun dan merenovasi gedung, jalan, jembatan, bendungan, serta infrastruktur lainnya. Jurusan ini punya peran penting dalam perkembangan suatu negara, terutama dalam pembangunan infrastruktur dan ekonomi.

teknik sipilTeknik Sipil (Sumber: hipwee.com)

Lulusan dari Teknik Sipil bisa bekerja di berbagai perusahaan properti, konstruksi, atau pengembang. Kamu juga bisa bekerja di instansi pemerintah seperti Badan Perencanaan Nasional (BPN), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dan BUMN lain di bidang konstruksi.

2. Teknik Mesin

teknik  mesinTeknik Mesin (Sumber: queensu.ca)

Hampir semua hal saat ini menggunakan mesin untuk efisiensi atau juga untuk memaksimalkan produksi. Untuk kamu yang suka dengan hal-hal yang berhubungan dengan mesin, kamu bisa memilih jurusan Teknik Mesin. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari prinsip-prinsip fisika yang akan diimplementasikan pada analisis, desain, manufaktur, dan pemeliharaan mesin. Kamu juga akan memperdalam beberapa cabang ilmu teknik mesin seperti mekanika, kinematika, teknik material, dan termodinamika.

Lulusan dari prodi ini akan sangat dibutuhkan di berbagai macam industri, mulai dari manufaktur, teknologi, otomatif, pertambangan, dan sebagainya.

3. Teknik Industri

teknik industriTeknik Industri (Sumber: intecreus.com)

Berbeda dengan Teknik Mesin, di Teknik Industri kamu nggak hanya akan belajar mengenai seluk-beluk sebuah mesin manufaktur, tetapi kamu juga akan mempelajari sistem manajemen sebuah industri. Karena itu, prospek kerja di jurusan ini pun sangat luas, mulai dari industri kecil hingga industri besar. Kamu bisa bekerja di divisi spesialisasi teknik industri, divisi produksi, divisi engineering, divisi perencanaan biaya, hingga HRD.

4. Teknik Elektro

teknik elektroTeknik Elektro (Sumber: soderhomes.com)

Jurusan Teknik Elektro mempelajari sifat-sifat elektron yang kita kenal sebagai listrik. Nah sebagai mahasiswa Teknik Elektro, kamu akan belajar aplikasi dan pemanfaatan listrik dalam kehidupan sehari-hari. Jurusan ini pun dipecah ke dalam beberapa konsentrasi dan memiliki cakupan yang sangat luas. Prospek kerja di bidang Teknik Elektro sangat luas, lho. Berkat keahlian di bidang kelistrikkan, banyak lulusan Teknik Elektro yang membidik industri-industri tenaga listrik besar, seperti Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) atau Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU). Kamu juga bisa bekerja di industri telekomunikasi, perminyakan dan gas, otomotif, hingga perusahaan bertaraf multinasional.

5. Teknik Nuklir

Teknik Nuklir merupakan jurusan yang mempelajari ilmu inti atom dengan menggunakan prinsip-prinsip Fisika Nuklir dan interaksi antara radiasi dan material sebagai dasarnya. Eits, nuklir tak hanya digunakan untuk bom atom saja, melainkan juga bisa dimanfaatkan untuk bidang medis, pembangkit listrik, dan energi.

teknik nuklirTeknik Nuklir (Sumber: engineering.tamu.edu)

Prospek kerja di bidang ini bisa dibilang cukup menjanjikan. Kamu bisa bekerja di perusahaan pertambangan, perminyakan, dan perusahaan yang bergerak di bidang energi seperti PLN, PLTN, Pertamina, Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), dan sebagainya.

6. Teknik Perminyakan

Di jurusan ini kamu akan mempelajari tentang penambangan fluida, yaitu berupa minyak bumi, gas alam dan panas bumi. Kamu akan belajar tentang eksplorasi, eksploitasi dan cara pengolahan minyak. Sebagai mahasiswa Teknik Perminyakan, kamu juga dituntut untuk inovatif dalam menentukan teknik yang lebih efisien dalam menghasilkan energi dengan tingkat emisi rendah.

teknik perminyakanTeknik Perminyakan (Sumber: chron.com)

Prospek kerja dari jurusan ini terkenal sangat menjanjikan karena sumber daya minyak termasuk salah satu sumber daya yang paling bernilai. Kamu bisa berkarier di perusahaan sektor migas nasional hingga internasional seperti Pertamina, Chevron, Total, Shell, dan masih banyak lagi.

7. Teknik Lingkungan

teknik lingkunganTeknik Lingkungan (Sumber: usnews.com)

Dengan masuk ke jurusan Teknik Lingkungan, kamu akan belajar tentang bagaimana menciptakan lingkungan yang sehat dan bebas penyakit dengan teknik dan teknologi. Ruang lingkupnya pun cukup luas, mulai dari pengelolaan kesehatan lingkungan, upaya pengendalian pencemaran, sistem drainase, dan sebagainya. Lulusannya bisa bekerja di industri-industri yang bergerak di bidang petrokimia, minyak, pertambangan, dan sebagainya.

8. Teknik Perkapalan

teknik perkapalanTeknik Perkapalan (Sumber: imsgoa.org)

Sebagai negara maritim, kapal menjadi transportasi yang penting untuk menunjang kegiatan ekonomi hingga pertahanan di Indonesia. So, ahli dari perkapalan masih sangat dibutuhkan. Jurusan Teknik Perkapalan mempelajari tentang semua hal yang berkaitan dengan kapal, seperti perancangan dan pembangunan kapal, pengoperasian kapal, dan bisnis pengoperasian armada kapal. Kamu pun bisa bekerja di beberapa bidang seperti pembangunan kapal baru, pembangunan sarana industri lepas pantai, pemeliharaan dan reparasi kapal, dan masih banyak lagi.

9. Teknik Kimia

teknik kimiaTeknik Kimia (Sumber: singaporetech.edu.sg)

Jurusan Teknik Kimia mempelajari tentang proses dan cara mengubah bahan baku mentah dan bahan kimia menjadi sebuah produk yang bernilai secara komersial dengan memanfaatkan proses-proses kimia. Prospek kerja dari lulusannya pun sangat luas. Kamu bisa bekerja di industri kimia, perminyakan, farmasi, hingga menjadi konsultan.

10. Arsitektur

Arsitektur termasuk jurusan di bidang teknik yang terbilang unik, karena nggak hanya mempelajari hal yang bersifat teknis pada bangunan tetapi juga memperhatikan sisi estetikanya. Mahasiswa Arsitektur mempelajari tentang desain dan rancangan konstruksi bangunan. Arsitektur akan menuangkan ide, konsep dan desain, sedangkan untuk realisasi pembangunannya akan dikerjakan oleh Teknik Sipil.

arsitekturArsitektur (Sumber: nufoundation.org)

Menjadi seorang arsitek mempunyai prospek karier yang cerah. Kamu bisa bekerja hampir di semua perusahaan properti dan konstruksi.

11. Teknik Biomedik

Jurusan teknik yang satu ini masih ada hubungannya dengan dunia medis, lho. Kamu akan dibekali ilmu tentang sains, kesehatan, dan teknologi kedokteran. Fokus keilmuwan tadi menjadi daya tarik dari jurusan ini, apalagi prospek kerja di bidang kesehatan dan teknologi memiliki peluang yang cukup besar.

teknik biomedikTeknik Biomedik (Sumber: biomedik.eng.ui.ac.id)

Lulusan dari jurusan Teknik Biomedik bisa berkarier di laboratorium kesehatan, instansi pemerintahan, perusahaan farmasi, lembaga penelitian, hingga pengembang perangkat lunak untuk kesehatan.

12. Teknik Informatika

Suka komputer? Kamu wajib pilih jurusan ini. Teknik Informatika bisa dibilang kombinasi antara Software Engineering dan Computer Science. Makanya, ada beberapa kampus yang memberikan nama jurusan ini dengan Ilmu Komputer. Di jurusan ini kamu akan lebih banyak praktek dibanding teori. Kamu akan diajari bagaimana proses sebuah software bekerja hingga membuatnya.

teknik informatikaTeknik Informatika (Sumber: itpln.ac.id)

Mata kuliah yang dipelajarin mulai dari perhitungan, berbagai bahasa pemrograman sampai yang sifatnya mengarah ke pengembangan apllikasi, alogritma komputer, hingga kecerdasan buatan. Karena itu, mahasiswa di sini bakalan ditempa logikanya. Bagaimana cara berpikir secara runut dan rapi, supaya si program bisa berjalan maksimal dan efektif. Bagi beberapa kampus, jurusan ini masuk ke Fakultas Teknik, tapi ada juga yang di Fakultas Ilmu Komputer.

13. Teknik Penerbangan

Jurusan Teknik Penerbangan atau yang biasa disebut teknik dirgantara merupakan jurusan yang mempelajari tentang ilmu keteknikan pesawat, penerbangan, dan kedirgantaraan. Singkatnya di jurusan ini kamu akan belajar mengenai cara merancang, membuat, hingga mengoperasikan pesawat terbang, pesawat luar angkasa, satelit, dan roket. Seru 'kan?

teknik penerbanganTeknik Penerbangan (Sumber: easyuni.co.id)

Setelah lulus dari jurusan Teknik Penerbangan, kamu bisa menjadi seorang insinyur profesional di berbagai industri penerbangan seperti Perusahaan AirNav Indonesia dan Angkasa Pura I & II. Selain itu, lulusan jurusan ini juga bisa bekerja di lembaga penelitian (LAPAN, Dislitbang AU, dan Puspiptek), pendidikan (Sekbang-AU, dan Universitas penerbangan) bahkan pemerintahan (Kementerian Perhubungan Republik Indonesia). Kamu juga punya kesempatan untuk bekerja di industri manufaktur pesawat dunia seperti United Aircraft Building Corporation di Rusia, Boeing di Amerika Serikat, EADS dan Airbus di Jerman, serta São José dos Campos di Brasil di mana pesawat Embraer diproduksi.

14. Teknik Fisika

Di jurusan Teknik Fisika, kamu nggak hanya belajar tentang teori Fisika, tetapi kamu juga akan belajar soal pemrograman, elektronika, sipil, kimia, material, dan lainnya. Selain itu, Teknik Fisika juga mempelajari hal-hal seperti perencanaan, desain, konstruksi atau manajemen alat-alat berat. Untuk itulah seorang mahasiswa Teknik Fisika akan memperoleh berbagai pengetahuan mengenai ilmu-ilmu dasar (kimia, fisika, dan matematika) serta ilmu-ilmu keteknikan (teknik mesin, teknik elektro, teknik kimia, teknik material). So, jika kamu menjadi lulusan Teknik Fisika maka kamu akan kaya ilmu. Wawasanmu dijamin akan semakin luas.

teknik fisikaTeknik Fisika (Sumber: umn.ac.id)

Lulusan Teknik Fisika bisa bekerja sebagai insinyur profesional di berbagai bidang. Kamu bisa menempati posisi sebagai teknisi di bidang kontrol sistem, material, ataupun mesin di perusahaan otomotif. Selain itu, kamu juga bisa bekerja di industri perminyakan, pertambangan, telekomunikasi dan elektronika, teknologi informasi, pembangkit listrik, properti, atau instansi pemerintah. Bahkan, kamu juga bisa menjadi konsultan, akademisi, atau bekerja di lembaga penelitian.

15. Teknik Metalurgi

Teknik Metalurgi mempelajari sifat-sifat kimia yang terkandung di dalam logam. Dari kandungan kimia tersebut, kamu akan memahami fungsi masing-masing logam untuk kehidupan sehari-hari. Walaupun program studi ini kalah populer dibandingkan dengan Teknik Sipil, Teknik Industri, atau Perminyakan, para insinyur atau lulusan Teknik Metalurgi sangat dibutuhkan saat ini, lho.

teknik metalurgiTeknik Metalurgi (Sumber: neutron.co.id)

Metalurgi juga akan melibatkan banyak riset dan penelitian beserta kegiatan praktik. Maka, di luar jam pelajaran pun kamu akan disibukkan dengan penulisan laporan, pengumpulan data untuk analisa, dan lainnya. Untuk itu, kamu harus mempunyai tingkat ketelitian serta daya analisa yang tinggi saat berkuliah di jurusan ini.

Para lulusan dari jurusan Teknik Metalurgi mempunyai sektor karier yang cukup luas. Kamu bisa bekerja di perusahaan pertambangan logam dan batu bara, pabrik ekstraksi logam, pabrik semen, perusahaan migas, manufaktur otomotif/pesawat, perusahaan konstruksi, dan perusahaan yang menggunakan logam lainnya.

16. Teknik Pertanian

Teknik Pertanian adalah disiplin ilmu di pertanian yang lebih menekankan kepada aspek teknik (mesin). Bagaimana kamu merancang mesin-mesin atau sistem untuk membuat hasil panen menjadi maksimal dengan cara yang efektif. Jadi, kalau melihat suatu lahan pertanian, kamu akan diajarkan cara mengidentifikasi dan memecahkan masalah dengan membuat sistem atau peralatan permesinan yang cocok digunakan di lahan itu. Supaya hasilnya maksimal dan efisien.

teknik pertanianTeknik Pertanian (Sumber: ugm.ac.id)

Mata kuliah yang dipelajari nanti tentunya yang bersifat keteknikan dan pertanian. Mulai dari Perbengkelan, Ilmu Lingkungan, Sistem Pertanian Industri, Energi dan Mesin Pertanian, Teknik Biosistem, Mekanisasi Pertanian, Gambar Teknik, Ekonomi Teknik, Teknik Hidroponik, dan banyak lagi.

Prospek kerja dari jurusan ini luas banget. Kamu bisa masuk ke instansi pemerintah yang berkaitan sama pertanian kayak Kementrian Pertanian, atau Kementrian Perindustrian. Atau di Pusat Penelitian (Litbang) Pertanian. Bisa juga ke perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang alat teknik dan agroindustri kayak Asian Agri Group, Sime Darby Plantation. Kamu juga bisa bekerja ke Lembaga internasional kayak United Nation Development Programme (UNDP). Buat kamu yang suka mengajar, kamu bisa melanjutkan studi dan menjadi dosen/pengajar.

17. Teknik Geologi

teknik geologiTeknik Geologi (Sumber: glints.com)

Lingkup pengetahuan Jurusan Teknik Geologi mencakup segala hal yang berkaitan dengan bumi, mulai dari permukaan hingga isi bumi. Seperti apa contohnya? Hal yang menjadi kajian dari jurusan ini, yaitu mineral, gas bumi, nikel, hingga emas.

Beberapa mata kuliah yang mendukung keahlian mahasiswa diambil dari kurikulum Jurusan Teknik Geologi Universitas Diponegoro, contohnya Geotermal, Geologi Minyak dan Gas Bumi, Teknik Pemboran, Vulkanologi, dan Geostatistika.

--

Kamu mau masuk jurusan teknik yang mana nih? Jurusan kuliahmu haruslah bidang yang memang kamu sukai agar kelak kamu bisa bekerja maksimal untuk memberikan dampak positif di masyarakat. Psst, jurusan-jurusan teknik terkenal punya keketatan yang tinggi, lho. Yuk, siapkan dirimu dari sekarang untuk menghadapi ujian masuk perguruan tinggi bersama ruangbelajar.

New Call-to-action

Sumber foto:

Teknik Biomedik [daring]. Tautan: https://biomedik.eng.ui.ac.id/2018/09/12/prospek-kerja-teknik-biomedik/ (Diakses: 9 November 2021)

Teknik Informatika [daring]. Tautan: https://infopmb.itpln.ac.id/berikut-adalah-7-alasan-kenapa-kamu-memilih-jurusan-informatika-disimak-yuk/ (Diakses: 9 November 2021)

Teknik Penerbangan [daring]. Tautan: https://www.easyuni.co.id/united-states-aircraft-engineering/ (Diakses: 9 November 2021)

Teknik Fisika [daring]. Tautan: https://www2.umn.ac.id/teknik-fisika/(Diakses: 9 November 2021)

Teknik Metalurgi [daring]. Tautan: https://www.neutron.co.id/info/teknik-metalurgi(Diakses: 9 November 2021)

Teknik Pertanian [daring]. Tautan: https://tpb.tp.ugm.ac.id/id/2019/04/28/departemen-teknik-pertanian-dan-biosistem-bersama-icctf-kombinasikan-smart-farming-dan-budidaya-padi-metode-sri-di-ntt.xhtml (Diakses: 9 November 2021)

Teknik Geologi [daring]. Tautan: https://glints.com/id/lowongan/prospek-kerja-teknik-geologi/#.YYpj52BBzIU (Diakses: 9 November 2021)

Artikel ini diperbarui pada 9 November 2021.

Profile

Shabrina Alfari

Senior Content Writer at Ruangguru

Beri Komentar