Kiat Mudah Hadapi Ujian dengan ruangkelas

Ruangguru Des 2, 2020 • 5 min read


mudahnya ujian dengan fitur ruangkelas

Artikel ini menjelaskan fitur-fitur ruangkelas untuk memudahkan ujian

---

Pekan ini kita memasuki jadwal Penilaian Akhir Semester atau PAS. Penilaian Akhir Semester (PAS) adalah kegiatan yang dilakukan untuk meng­ukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester genap. Nantinya, hasil penilaian dianalisis untuk pengisian rapor atau remedial.

Selama pandemi COVID-19 muncul kendala yang dialami ketika melakukan pembelajaran jarak jauh maupun saat pelaksanaan PAS. Beberapa sekolah belum memiliki platform yang mendukung aktivitas belajar dari rumah. Untuk mengatasi hal tersebut, ruangguru meluncurkan produk terbaru yang diberi nama ruangkelas.

Seperti ruang kelas yang sebenarnya, ruangguru memfasilitasi kegiatan belajar dan ujian dalam satu produk yang dapat diakses oleh guru. Fasilitas tersebut dapat dinikmati dengan hadirnya fitur-fitur berikut:

 

1. Question Uploader

fitur template soalfitur template soal

Guru bisa membuat soal pilihan ganda atau esai dengan fitur ini. Di ruangkelas juga memiliki template soal yang dapat digunakan agar menghemat waktu. Hanya perlu mengunduh template yang tersedia kemudian guru langsung bisa meng-input soal ke dalamnya. Praktis dan simpel.

 

2. Jenis Tugas

fitur jenis tugas di ruangkelasfitur jenis soal 

Bapak Ibu Guru bisa memberikan 2 tipe tugas di ruangkelas. Ada tipe tugas pilihan ganda, Bapak Ibu bisa berkreasi membuat soal pilihan ganda sendiri atau menggunakan konten ruangbelajar yaitu Bank Soal dan Latihan Topik. Tipe tugas yang kedua adalah tugas esai, Bapak Ibu Guru bisa memberikan soal esai kepada siswa dan siswa dapat melampirkan sebuah file sebagai jawabannya.

 

3. Penilaian dan Batas Pengumpulan

fitur pemberian nilai ruangkelasfitur pemberian nilai ruangkelas

Dalam pemberian tugas di ruangkelas, guru diberikan beberapa pilihan dalam penilaian dan juga batas pengumpulan. Guru dapat menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) atau tidak menetapkannya. Selain itu guru juga bisa mengatur batas kumpul (deadline)  atau tidak mengaturnya untuk setiap tugas yang diberikan.

 

4. Atur Jadwal Pembagian

fitur jadwal pembagian soal ruangkelasfitur jadwal pembagian soal

Ada ujian minggu depan? Tak perlu khawatir, buat soal dengan template yang tersedia kemudian atur jadwal pembagiannya. Lewat fitur ini, bapak ibu guru bisa menghemat waktu dan tenaga. Soal ujian akan muncul secara otomatis di tanggal yang sudah ditentukan.

 

5. Kerjakan Tugas

fitur kerjakan tugas ruangkelasFitur kerjakan tugas

Nantinya akan muncul notifikasi tugas yang langsung bisa dikerjakan oleh siswa melalui ponsel. Khusus format esai, siswa dapat melampirkan gambar atau beberapa file ke lembar jawaban. 

 

6. Analisis Nilai

fitur analisis nilai ruangkelasfitur analisis nilai siswa

Produk ruangkelas memberikan kemudahan dalam menjalankan kegiatan belajar virtual, salah satunya melalui fitur analisis nilai. Lewat fitur ini, guru dapat menganalisis nilai peserta didik dengan 3 komponen: pengetahuan, performa tugas, dan sikap. Ketiganya bisa didapatkan secara otomatis dengan men-download file yang telah tersedia.

Ruangkelas membawa solusi kegiatan belajar yang mudah, nyaman dan lengkap dalam satu platform. Siswa dan guru bisa menjalankan ujian virtual tanpa mengalami kesulitan. Melalui fitur-fitur unggulannya, semua aktivitas belajar bisa dilakukan secara daring tanpa dipungut biaya. Yuk, coba sekarang!ruangkelas untuk guru

Profile

Ruangguru

Beri Komentar