Letak Geografis Indonesia sebagai Negara Maritim & Kepulauan | IPS Terpadu Kelas 5

letak geografis indonesia

Made kaget saat tau Indonesia mempunyai banyak pantai. Hal itu karena Indonesia merupakan negara maritim dan kepulauan. Mau tau selengkapnya? Yuk, kita baca!

Di siang hari yang panas, terlihat Dira dan Made sedang duduk di taman bermain. 

“Dir, kalau panas-panas gini aku jadi kangen Bali, pengen main di pantainya deh!” kata Made dengan wajah cemberut.

“Aku juga kangen, biasanya pas libur sekolah aku pergi ke pantai. Aku pernah ke pantai Kuta di Bali, pantai Senggigi di Lombok, dan pantai Parangtritis di Jogja!” ucap Dira.

Made kaget mendengar ucapan Dira, “Hah? Emang Indonesia punya banyak pantai yah? Aku kira pantai cuma ada di Bali aja?”

“Ya engga dong, dari letak geografis Indonesia aja, gak mungkin Indonesia hanya punya satu pantai!” ucap Dira sambil menggelengkan kepala.

“Letak geografis? Apa itu, Dir?” tanya Made dengan muka bingung.

Dira mencoba menjelaskan ke Made, “Letak geografis itu adalah posisi keberadaan suatu wilayah berdasarkan letak dan bentuknya di muka bumi.” 

“Nah berdasarkan letak geografisnya, Indonesia terletak disini.” lanjut Dira.

peta letak geografis indonesia

 

Made kaget mendengar penjelasan Dira, “Wah, dijepit dua samudera yah! Pantesan Indonesia jadi dikelilingi oleh laut.”

“Iya, makanya Indonesia disebut sebagai negara maritim. Terus, karena secara geografis wilayah Indonesia terdiri dari pulau-pulau, jadi Indonesia juga disebut sebagai negara kepulauan.” tambah Dira dengan bangga.

Made kembali bingung dengan ucapan Dira, “Hah? Kenapa Indonesia disebut negara maritim dan negara kepulauan?”

“Indonesia disebut sebagai negara maritim, karena Indonesia memiliki wilayah laut yang lebih luas dibandingkan wilayah daratannya.

“Sedangkan, kenapa Indonesia disebut negara kepulauan, karena Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak pulau.” lanjut Dira.

“Waah, keren, keren! Indonesia beruntung yah, udah punya banyak pulau, punya banyak air juga, hahahah…” ujar Made sambil tersenyum.

“Eh, kamu tau gak pengaruh karakteristik Indonesia sebagai negara maritim dan negara kepulauan?” ujar Dira.

Ga tau, Dir. Emang apa aja?” tanya Made dengan semangat. 

“Kalau pengaruh indonesia sebagai negara maritim ada banyak, laut bisa jadi mata pencaharian, jalur perdagangan, dan masih banyak lagi. Kalau pengaruh negara kepulauan, seperti kata aku tadi, Indonesia jadi punya banyak pantai dan banyak tempat pariwisata deh! ” jelas Dira.

pengaruh karakteristik indonesia sebagai negara maritim dan kepulauan

 

Made menganggukan kepala tanda mengerti, “Ahhh… jadi itu letak geografis Indonesia dan pengaruh karakteristik Indonesia sebagai negara maritim dan kepulauan.” 

Made terdiam sejenak lalu mengatakan, “Aku jadi pengen ke semua pantai di Indonesia, nanti ajak-ajak aku yah Dira, kalau kamu jalan-jalan lagi, hehehe.”“Boleh dong! Sekalian aja kita ajak teman-teman yang lain juga!” ujar Dira dengan semangat.

Nah, itulah cerita dari Made dan Dira kali ini. Kalian masih belum puas dengan pembahasan di artikel ini? Kamu bisa loh dapat informasi lebih banyak lagi dengan belajar di ruangbelajar SD! Yuk, belajar bareng sama Dafa, Lulu, dan teman-temannya!

IDN CTA Blog Dafa Lulu Ruangguru 2022

Materi oleh: Bagja Riyanto

Disunting oleh: Levina Sandra Supadi

Salsabila Perdita Putri