Otot: Pengertian, Fungsi, Jenis & Cara Kerjanya | Biologi Kelas 8

Otot Manusia

Artikel Biologi kelas 8 ini membahas segala sesuatu mengenai otot di tubuh manusia. Mulai dari pengertian, fungsi, jenis-jenis otot, serta cara kerja otot baik otot sinergis maupun antagonis.

Sewaktu pertama kali mendengar kata “otot”, pasti yang terbesit di pikiran adalah seorang cowok kekar, binaragawan yang hobinya bawa barbel ke mana-mana. Ya, otot memang selalu diidentikkan dengan kemachoan seorang laki-laki.

Padahal, tidak harus seekstrem itu untuk mendapatkan fungsi otot yang maksimal. Jadi, sebenarnya apa sih otot itu? Yuk, cari tahu pengertian, fungsi, jenis, dan cara kerja otot.

 

Pengertian Otot

Sebenarnya, apa sih yang dimaksud dengan otot? Jadi, otot merupakan jaringan pada tubuh manusia yang dapat berkontraksi (mengerut) dan relaksasi (mengendur). Pada saat berkontraksi, otot akan jadi lebih pendek. Sebaliknya, saat relaksasi, otot akan memanjang.

Berdasarkan pengertian itu, selain otot, kayaknya tiap akhir bulan kita juga mengalami kontraksi dompet deh hehe…

Fakta Seputar Otot

 

Fungsi Otot

Memangnya apa, sih, fungsi otot-otot ini pada tubuh manusia? Tentu, selain bikin laki-laki jadi keliatan macho, secara biologis, terdapat 5 fungsi otot:

  1. Membantu mempertahankan postur tubuh

  2. Mendukung tubuh agar bisa berdiri tegak

  3. Membantu menstabilkan sendi-sendi di dalam tubuh

  4. Mempertahankan suhu tubuh

  5. Menghasilkan panas dari berbagai proses metabolisme di dalam tubuh

fungsi otot manusia

 

Ya, memang sepenting itu fungsi dari otot. Makanya, kita perlu menjaga kesehatan otot kita dengan sering berolahraga. Supaya apa? Jelas dong. Biar nggak kaku kayak kelakuan kamu sewaktu deket sama dia. Oh iya buat yang cewek, jangan takut. Olahraga nggak lantas bikin kamu berotot kayak Ade Rai kok.

Baca Juga: Macam-Macam Sendi di dalam Tubuh Manusia dan Fungsinya

Satu hal yang menarik dari otot adalah otot ini selalu bekerja. Bahkan ketika kita tidak sadar, otot ini selalu bekerja. Jadi selain otot yang kita gerakin secara sadar (otot ini disebut sebagai otot volunter), ada juga berbagai otot yang bekerja meskipun tidak kita “suruh”. Otot jenis ini, disebut dengan otot involunter/otonom.

Saat kamu bernapas misalnya, ada otot-otot yang terus bekerja dalam mengatur sistem pernapasan kita. Begitu pula dengan sistem pompa darah di tubuh kita. Meskipun kita coba “berhenti” dengan cara tidur, otot ini tetap bekerja, lho!

Dasar otot, sukanya ngotot.

 

3 Jenis Otot Manusia

Kalo kamu bertanya-tanya, letak otot itu ada di mana aja ya? Nah, berdasarkan struktur dan fungsinya, ada 3 jenis otot di tubuh kita:

jenis-jenis otot

 

1. Otot Jantung

Otot jantung ini merupakan otot yang istimewa. Ya, seperti yang sudah dibahas di awal, otot jantung terus bekerja meskipun kita tidak sadar. Meskipun otak kita tidak menyuruhnya untuk bergerak, tapi si otot jantung ini tetap melakukan kerjanya untuk bekerja dan bergerak.

Ya.. kalo nggak. Jantung kita berhenti, dong?

Adapun ciri-ciri otot jantung:

  1. Inti sel banyak dan terletak di tengah.
  2. Bentuknya memanjang, silindris, dan serabut selnya bercabang dan saling menyatu.
  3. Hanya terdapat di jantung dan bekerja di luar kesadaran (involunter/otonom).
  4. Kontraksinya kuat dan berirama.
  5. Mempunyai garis melintang.

 

2. Otot Lurik

Otot lurik disebut juga dengan otot rangka. Letaknya menempel pada rangka tubuh dan digunakan sebagai alat pergerakan.

Lalu, kenapa disebut lurik?

Karena otot ini punya semacam “pola” serat bergaris. Itu, lho, kalau digambar yang semacam pola warna terang dan gelap (coba deh kamu zoom gambarnya kalau kurang jelas). Berbeda dengan otot jantung, otot lurik merupakan otot yang volunter, artinya kita harus secara sadar menggerakkan si otot ini.

Adapun ciri-ciri dari otot lurik:

  1. Inti sel banyak dan berada di bagian tepi.
  2. Bentuknya silindris, panjang, punya ribuan serabut yang membentuk jaringan otot
  3. Terdapat pada otot lengan, perut, pipi, dan menempel pada rangka tubuh.
  4. Termasuk otot volunter (harus bekerja dengan kesadaran)
  5. Mampu bekerja dengan kuat dan cepat, tapi mudah lelah.

 

3. Otot Polos

Otot polos ini bukan berarti ototnya nggak tahu apa-apa ya…

Dinamakan otot polos karena ototnya… polos. Ya, sungguh suatu penamaan yang kreatif abis. Otot polos berbentuk gelendong dan termasuk ke dalam jenis otot otonom. Tebak kira-kira ada di mana otot polos? Betul, dia biasanya melapisi organ-organ dalam di tubuh. Seperti misalnya, dinding usus, pembuluh darah, sampai dinding rahim wanita. Ya… bayangin aja kalau dia kerjanya harus nunggu perintah kita dulu, kan repot juga setiap hari harus mikir gimana caranya untuk mengalirkan darah di tubuh.

Adapun ciri-ciri otot polos:

  1. Hanya memiliki 1 inti sel yang berada di bagian tengah.
  2. Bentuknya gelendong dengan kedua ujung meruncing, bereaksi lambat tidak mudah lelah.
  3. Terdapat pada ototpembuluh darah, otot pada sistem pencernaan, dan organ-organ dalam tubuh.
  4. Termasuk otot involunter/otonom.
  5. Tidak mempunyai garis melintang.

Otot stapedius

Baca Juga: Kram Anthony Ginting, Satu dari Beberapa Gangguan Sistem Gerak

 

Cara Kerja Otot

Seperti yang kita tahu, tulang-tulang dapat bergerak karena adanya otot. Lalu, bagaimana, sih, caranya otot bekerja? Berdasarkan cara kerjanya, otot itu dibedakan menjadi 2 macam:

 

1. Otot Sinergis

Otot sinergis adalah otot yang bekerja sama secara searah. Maksudnya gimana tuh? Jadi, si otot-otot ini berkontraksi dan berelaksasi secara bersamaan. Saat satu otot berkontraksi, otot lainnya juga ikut berkontraksi. Saat satu otot relaksasi, otot lainnya juga ikut relaksasi. Ya, keduanya saling berjuang bersama-sama. Bukannya cuma satu pihak yang berjuang dan yang lain nuntut. Hmmmmm.

 

2. Otot Antagonis

Berkebalikan dengan sinergis, otot antagonis adalah otot yang bekerja berlawanan. Artinya, apabila satu otot mengalami kontraksi, otot yang lain melakukan relaksasi. Contohnya adalah pada otot bisep dan trisep.

otot-antagonis-1

Gerakan salah satu otot antagonis (sumber: Ted-ed via YouTube)

Nah sekarang tahu kan, apa itu pengertian otot, fungsi, jenis-jenis otot, serta cara kerja otot. Otot yang selama ini kita pikir sesuatu yang “cowok banget”, ternyata sebenarnya punya fungsi yang luas dan bukan hanya sebagai ajang macho-machoan aja kan. Kalau kamu ingin melihat gerakan otot yang sudah dijelaskan tadi dengan lebih lengkap, tonton aja lewat video animasi di ruangbelajar!

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Referensi:

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII SMP/MTS Edisi Revisi 2017. Jakarta: Balitbang Kemendikbud

 

Artikel ini diperbarui pada 23 Juni 2022.

Kresnoadi