Point Nemo, Lokasi Paling Jauh di Bumi yang Jadi Kuburan Pesawat Luar Angkasa

Point Nemo Lokasi Mendarat Pesawat Luar Angkasa

Kamu pernah terbayang nggak, kalau di dunia ini ada tempat-tempat yang hampir tak pernah dikunjungi manusia? Tentunya, masih banyak misteri yang belum pernah terjelajahi di dunia ini, salah satunya tempat terjauh di belahan bumi, Point Nemo.

--

Pernah mendengar tentang Kapten Nemo? Ia adalah seorang nakhoda kapal selam tangguh yang menjelajah lautan dalam novel karya Jules Verne, Twenty Thousand Leagues Under the Seas. Karena obsesinya untuk mengungkap rahasia yang ada di lautan, nama dari karakter fiksi ini dijadikan sebuah istilah bernama Point Nemo. 

 

Apa itu Point Nemo?

Point Nemo adalah sebuah lokasi kecil di tengah samudra, yang paling jauh untuk ditempuh dari daratan. Jika kamu penasaran dengan lokasi ini, kamu bisa coba untuk mengecek Point Nemo di google maps, lalu masukkan lokasi berupa koordinat 48°52.6′S 123°23.6′W, sebuah titik merah lokasi yang tertera merupakan lokasi perkiraan dimana Point Nemo berada. 

Koordinat lokasi point nemo

Lalu pertanyaannya, bisakah kita mengunjungi lokasi tersebut? Well, kabar yang kurang baik untuk kamu para penjelajah, Point Nemo tidak benar-benar dapat kita lihat. Itu karena Point Nemo sebenarnya bukan daratan atau pulau yang kecil, tetapi tempat tak terlihat di Samudra Selatan yang luas, terjauh dari daratan, ke segala arah.

Agar kamu terbayang bagaimana terpencilnya Point Nemo, anggap saja tempat di mana kamu membaca artikel ini adalah Point Nemo. Agar kamu bisa bertemu dengan orang lain, jarak terdekat yang harus kamu tempuh yakni 2.700 km atau kurang lebih sepanjang perjalanan dari Kota Medan menuju Kota Malang!

Hrvoje Lukatela penemu lokasi point nemo

Fakta Point Nemo

  1. Point Nemo berusia 29 tahun


    Uniknya, lokasi Point Nemo ini baru diketahui pada tahun 1992 saat seorang surveyor Kroasia-Kanada bernama Hrvoje Lukatela menemukan Point Nemo melalui program komputer geospasial. Maka dari itu Point Nemo diketahui baru berusia 29 tahun sejak pertama kali ditemukan. Nah kira-kira, seberapa jauh usia kamu dengan Point Nemo?

  2. Penduduk yang tinggal di Point Nemo


    Bicara soal penduduknya, Point Nemo termasuk salah satu wilayah tanpa penduduk hingga saat ini. Jika kamu tersesat sendirian di Point Nemo, satu-satunya orang terdekat yang bisa kamu temui adalah para astronot yang tinggal di stasiun luar angkasa (ISS) sejauh 400 km di atas atmosfer bumi. Gimana, tertarik buat mengunjungi  point nemo?

  3. Digunakan sebagai “kuburan pesawat ruang angkasa”

     

    Point nemo Kuburan pesawat luar angkasa,

    Karena sifatnya yang terpencil dan tidak ditinggali oleh siapapun, maka Point Nemo dimanfaatkan sebagai lokasi pembuangan bangkai-bangkai pesawat luar angkasa. Salah satunya stasiun ruang angkasa MIR milik Rusia yang pada tahun 2001 telah selesai masa aktifnya dijatuhkan tepat pada titik Point Nemo berada.

  4. Mematikan untuk ditinggali

    Kalau sejenak kamu berpikir Point Nemo adalah tempat yang cocok buat kamu yang ingin menyendiri, nggak perlu ngerjain PR dan bisa bangun siang setiap hari, well kamu memang bisa seperti itu di Point Nemo. Akan tetapi, tidak disarankan ya untuk pindah kesana. Hal ini dikarenakan kondisi alamnya yang tidak memungkinkan buat kamu untuk terus tinggal disana.

    Kehidupan laut di Point Nemo dianggap hampir tidak berevolusi. Keterpencilan, dan arus laut yang lemah berarti hanya ada sedikit sekali nutrisi di dalam air untuk perkembangan hewan laut. Belum lagi faktor cuaca dan kebutuhan sosial yang tidak terpenuhi di  kondisi tersebut. Maka, justru menjadi amat sulit untuk terus bermukim di Point Nemo.

  5. Arti dari “Nemo"

    Apa yang kamu duga ketika mendengar nemo sebagai nama dari lokasi ini? Apakah kamu mengira tempat tersebut adalah titik di mana Nemo ikan badut tersesat dan hilang dari ayahnya? Wah jika iya, anggapan tersebut kurang tepat, nih. 

    Nemo adalah bahasa Latin untuk "tidak seorang pun". Nama itu merujuk pada Kapten Nemo Jules Verne, kapten kapal selam dari buku petualangan best seller berjudul 20.000 Leagues Under the Sea.

    Point Nemo juga dirujuk oleh H. P. Lovecraft dalam sebuah cerita pendek dari tahun 1928, sebagai lokasi kota kuno R'lyeh, rumah bagi Cthulhu, mitologi manusia-naga bermulut tentakel. Wah, ternyata tempat ini juga penuh misteri, ya!

  6. Manusia yang berhasil mendekati Point Nemo

    Akibat lokasinya yang sangat sulit terjangkau, belum pernah ada seorangpun yang berhasil menginjakkan kaki di lokasi tersebut, bahkan penemu dari titik ini sendiri. Beberapa manusia yang pernah mendekati lokasi ini, hanyalah para atlet sebuah event lomba berlayar lintas samudera bernama The Ocean Race. 

    Lomba ini diadakan 3 hingga 4 tahun sekali dengan jadwal terdekat akan diselenggarakan Oktober 2022. Peserta lomba akan berlayar dengan sebuah kapal pesiar, dan akan berlayar memutari bumi melewati samudra. Salah satu lokasi terpanjang yang harus ditempuh, yakni pada rute Kota Auckland, Selandia Baru, menuju Itajai, Brazil yang berjarak lebih dari 14.000 KM melewati perairan terberat di dunia. Rute ini pula lah yang akan melewati Point Nemo.

m123783_route-21-22-scaledRute The Ocean Race yang melintasi perairan di sekitar point nemo (Sumber: yachtracing.com)

Point NemoLain Di Dunia

Bumi kita yang sungguh luas, di antaranya banyak tempat-tempat yang indah, namun sangat jauh untuk dituju. Berikut beberapa tempat terjauh untuk ditempuh dari pusat peradaban kita saat ini:

Pulau tristan da cunha(Pulau Tristan Da Cunha. Sumber: Wikimedia Commons)

1. Pulau Vulkanik Tristan Da Cunha di Samudra Atlantik Selatan
Tempat ini secara resmi sebagai titik paling terpencil di Bumi yang dihuni manusia. Tristan Da Cunha berjarak sekitar 2.800 km dari Afrika Selatan dan dengan luas daratannya hanya sekitar 98 km2.

Desa atau pemukiman di tempat ini bernama Edinburgh of the Seven Seas dan penduduknya hanya sekitar 250 jiwa. Uniknya, tempat ini tidak memiliki bandara atau fasilitas penerbangan. Jadi, satu-satunya cara untuk sampai kesana adalah dengan kapal penelitian kutub atau kapal penangkap ikan Afrika Selatan, yang perjalanannya bisa memakan waktu hampir tiga minggu.

Patung Moai di Pulau Paskah

(Patung Moai di Pulau Paskah, Sumber: Wikimedia Commons)


2. Pulau Paskah, Chili

Pulau Paskah, atau Rapa Nui. Pulau ini terletak sekitar 2.200 mil di lepas pantai, tetapi secara teknis merupakan bagian dari negara amerika selatan, Chili

Pulau ini terkenal dengan 887 patung monolitiknya, yang disebut moai, yang dipahat dari batu vulkanik oleh penduduk asli Rapa Nui antara tahun 1250 dan 1500 M. Pulau ini sekarang menjadi situs Warisan Dunia UNESCO, yang memiliki penduduk tetap sebanyak 8.000 jiwa. Pulau ini juga merupakan salah satu pulau yang dekat lokasinya dengan Point Nemo.


3. Oymyakon, Rusia

Penduduk Oymyakon, Rusia

(Penduduk Oymyakon yang kini hanya sekitar 500 orang. Sumber: Wikimedia Commons)

Lokasi ini terletak lebih dekat ke Lingkaran Arktik (Kutub Utara) dibanding ke kota besar terdekat. Terbayang betapa jauhnya? 

Untuk mencapai lokasi ini, diperlukan perjalanan sejauh 926 KM dari kota terdekat, yakni Yakutsk. Daerah ini memegang rekor sebagai tempat terdingin yang ditinggali oleh manusia. Hanya ada sekitar 500 orang yang tinggal di sudut Siberia ini. Tempat ini memegang rekor sebagai tempat berpenghuni terdingin di Bumi. Rekor suhu terendahnya mencapai -68 derajat Celcius.

Kota ini cukup ekstrim dengan keadaan langit gelap selama 21 jam sehari selama musim dingin. Di musim panas, hari hanya gelap selama tiga jam. Iklimnya sangat tidak bersahabat, sehingga pesawat tidak dapat mendarat selama musim dingin, membuat kota ini berjarak 2 hari perjalanan darat dari kota terdekat.

Tetapi penduduk setempat memiliki trik bertahan hidup. Di antaranya dengan berdiet rusa kutub dan susu kuda, yang mengandung mikronutrien, dan daging sapi, yang memasok tubuh dengan kalori yang cukup.


4. Titik Kutub Selatan Amundsen - Scott di Antartika

Titik Kutub selatan amundsen scott

Aurora borealis saat malam hari di langit kutub selatan. (Sumber: Wikimedia  Commons)

Stasiun Kutub Selatan Amundsen-Scott Antartika terletak 9.000 kaki di atas permukaan laut, di atas lapisan es kutub selatan. Jika kamu berada disini, kamu hanya akan melihat satu hari dan satu malam per tahun—masing-masing berlangsung enam bulan berturut-turut. Dan suhu bisa turun hingga -68 derajat Celcius, menjadikannya salah satu tempat terdingin di planet ini.

Walau suhunya sedingin Oymyakon, Rusia, Namun tidak ada penduduk tetap yang tinggal di lokasi ini. Walaupun begitu, stasiun ini terus-menerus ditempati oleh 50 hingga 200 peneliti Amerika sejak dibangun pada November 1956.

Wah, ternyata ada banyak tempat-tempat tersembunyi dari gemerlapnya dunia ini. Apakah salah satu tempat tersebut merupakan tujuan penjelajahan-mu suatu hari nanti? Jika iya, semoga berhasil! 

Nah, itu tadi sedikit cerita tentang Point Nemo, dan tempat-tempat terjauh lainnya dari peradaban kita. Semoga dapat memberikan manfaat buat kamu, ya! Jangan lupa juga terus belajar, untuk meningkatkan nilai-nilai sekolahmu. Yuk, cobain ruangbelajar dengan ribuan video materi yang seru, dan bakal bantu banget buat belajarmu! 

New Call-to-action

Referensi:

Point Nemo : Its name means “no one”, Escales [Daring] Tautan:  https://escales.ponant.com/en/point-nemo/  (Diakses 7 Desember 2021)

8 facts about Point Nemo, Archive.theoceanrace [Daring] Tautan:  https://archive.theoceanrace.com/en/news/11338_8-facts-about-Point-Nemo.html (Diakses 7 Desember 2021)

8 Facts About Point Nemo, History of yesterday [Daring] Tautan: https://historyofyesterday.com/8-facts-about-point-nemo-5ea0ca844795 (Diakses 7 Desember 2021)

Hrvoje Lukatela, Geodyssey [Daring] Tautan http://www.geodyssey.com/homepage/lukatela.html (Diakses 7 Desember 2021)

This Is Where The International Space Station Will Go To Die, Popular Science [Daring] Tautan: https://www.popsci.com/this-is-where-international-space-station-will-go-to-die/ (Diakses 7 Desember 2021)

 

Sumber foto:

The Ocean Race: 10 city route announced for 2021-22 edition, Yacht Racing [Daring] Tautan: 

https://yachtracing.life/the-ocean-race-10-city-route-announced-for-2021-22-edition/  (Diakses 7 Desember 2021)

Tristan De Cunha, Commons Wikimedia [Daring] Tautan: Https://commons.wikimedia.org/wiki/Category:Coasts_of_Tristan_da_Cunha#/media/File:Tristan_W_coast_45_(3450384900).jpg  (Diakses 10 Desember 2021)

Moai at Rano Raraku Easter Island, Wikimedia Commons, [Daring] Tautan:  https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/6/62/Moai_at_Rano_Raraku_-_Easter_Island_%285956405378%29.jpg  (Diakses 10 Desember 2021)

Oymyakon, Wikimedia Commons [Daring] Tautan: https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/0/01/Oymyakon_-_190228_DSC_5509.jpg  (Diakses 10 Desember 2021)

Amundsen-Scott_marsstation, Wikimedia Commons [Daring] Tautan: https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/7/7a/Amundsen-Scott_marsstation_ray_h_edit.jpg  (Diakses 10 Desember 2021)

Profile

Leo Bisma

Suka nonton film, liat bulan kalau malam, dan membaca semua kecuali pikiran. Oh ya, suka menulis juga di Ruangguru