Apa itu Showing Obligation dan Bagaimana Polanya? | Bahasa Inggris Kelas 8

Showing Obligation

Menunjukkan keharusan dalam Bahasa Inggris disebut dengan Showing Obligation. Hayoo, kamu sudah tahu, belum? Yuk, baca pembahasan mengenai Showing Obligation pada artikel berikut!

--

 

Teman-teman, pernah nggak, kamu bercakap-cakap dengan temanmu, lalu kamu mengucapkan kalimat yang menunjukkan suatu keharusan. Misalnya, kamu bilang kepada temanmu bahwa kamu harus segera pergi atau kamu harus segera pulang ke rumah karena hari sudah mulai malam.

Wah, udah kayak lagu aja, tuh!

Matahari terbenam, hari mulai malam~

Terdengar burung hantu, suaranya merdu~

Kukuk, kukuk, kukukukukukuk~ (Sumber: giphy.com)

Heyyy, malah nyanyi! Sekarang waktunya belajar Bahasa Inggris, tau!

Nah, dalam Bahasa Inggris, menyatakan atau mengekspresikan suatu keharusan disebut dengan Showing Obligation.

Apa itu Showing Obligation?

Pengertian Showing Obligation

Showing Obligation merupakan sebuah ekspresi dalam Bahasa Inggris yang digunakan untuk menyatakan sebuah keharusan atau sesuatu yang harus kamu lakukan sebagai suatu kewajiban. Supaya kamu lebih paham maksudnya, coba perhatikan contoh percakapan di bawah ini! 

Contoh Percakapan Showing Obligation

Dalam percakapan antara Kylie dan Drake di atas, terdapat beberapa pernyataan yang menunjukkan keharusan untuk melakukan sesuatu. Drake menggunakan ungkapan untuk menunjukkan keharusan dengan mengatakan “I have to complete all this week’s tasks.” dan “I must leave soon.” 

Baca juga: Contoh Kalimat Modals of Ability

Sekarang kita coba bahas pola Showing Obligation, yuk!

Pola Showing Obligation

Dalam Showing Obligation, kamu bisa menggunakan kata must atau have to/has to. Bedanya apa, tuh? Yuk, kita bahas satu per satu!

Menggunakan Must

Kata must yang bermakna ‘harus’ digunakan untuk menyampaikan keharusan yang berasal dari pendapat pribadi. Untuk polanya bisa kamu lihat pada infografik berikut.

Pola Showing Obligation Menggunakan Must

Contoh kalimat Showing Obligation dengan menggunakan must adalah Teddy must tidy up his bed.” (Teddy harus membersihkan tempat tidurnya).

Menggunakan Have to atau Has to

Have to atau has to digunakan untuk menyampaikan keharusan yang berasal dari pihak luar. Contohnya, You have to wear a white-blue uniform to school.” (Kamu harus mengenakan seragam putih biru ke sekolah).

Pola Showing Obligation Menggunakan Have to atau Has to

Psstt.. kamu harus ingat! Have to digunakan untuk subjek seperti I, You, They, We, serta bila subjeknya jamak (plural subject). Sedangkan has to digunakan untuk subjek seperti He, She, It, dan bila subjeknya tunggal (singular subject).

Perlu kamu ingat juga bahwa dalam Showing Obligation, verb yang digunakan selalu Verb 1, ya!

Bagaimana, teman-teman? Sudah paham, kan? Yuk, tetap semangat belajar supaya makin jago! Nah, biar nggak ketinggalan materi-materi penting, kamu bisa banget belajar dengan ruanglesonline. Di situ, kamu bisa tanya-tanya soal ke kakak tutor yang siap siaga untuk menjawab pertanyaanmu! Yuk, daftar sekarang! 

pembahasan soal

Referensi:

Wachidah, S. dkk. (2015). Bahasa Inggris untuk SMP/MTs Kelas 9: Think Globally Act Locally. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Sumber Gambar:

GIF ‘Owl’ [Daring]. Tautan: https://giphy.com/gifs/owl-bird-gRb1341rklANq (Diakses: 6 September 2021)

Artikel ini telah diperbarui pada 7 September 2021.

Profile

Embun Bening Diniari

Beri Komentar