Perbedaan Penggunaan Can dan Could dalam Showing Ability | Bahasa Inggris Kelas 11

showing ability

Apakah kamu masih bingung dengan perbedaan antara can dan could? Di artikel ini, kita akan membahas penggunaan can dan could dalam sebuah kalimat showing ability, lengkap disertai dengan contohnya.

--

Teman-teman, untuk menunjukkan suatu kemampuan (showing ability) yang kita miliki dalam bahasa Inggris, biasanya kita menggunakan modal can atau could. Namun, masih banyak di antara kita yang bingung, kapan harus menggunakan can, dan kapan harus menggunakan could. Sedangkan, keduanya memiliki arti yang sama, yaitu mampu/dapat/bisa. Nah, di artikel ini, kita bakal bahas perbedaan antara can dan could dalam sebuah kalimat showing ability. Jadi, biar kamu nggak bingung lagi, baca sampai habis, ya!

pengertian showing ability

 

1. Penggunaan Can dalam Showing Ability

Modal can dalam showing ability digunakan untuk menyatakan kemampuan yang kita miliki atau bisa dilakukan di waktu sekarang.

rumus can dalam showing ability

 

Sekarang, coba kita perhatikan penggunaan can dalam showing ability pada percakapan berikut ini, ya!

Bima: Wow! There’s a piano in your house? Amazing!

Ratu: That’s right. My sister can play the piano. She plays it every day.

Bima: Wow! I can play the piano too. I took piano lessons when I was five years old. Come on! Let's play together.

Ratu: Cool! But, I’m sorry, I can’t play the piano. I don’t really like playing musical instruments. 

Baca juga: Memahami Pola dan Contoh Kalimat Future Perfect Tense

 

2. Penggunaan Could dalam Showing Ability

Kebalikan dari can, modal could digunakan untuk menyatakan kemampuan yang pernah kita miliki di masa lalu/lampau. Jadi, misalnya, sewaktu kecil, kamu pernah jago bermain bola basket. Tapi, karena semakin dewasa kamu jarang bermain lagi, kemampuanmu jadi tidak sejago dulu. Nah, kalau situasinya seperti itu, kamu bisa gunakan modal could.

rumus could dalam showing ability

Lalu, gimana ya penggunaan could dalam sebuah percakapan? Simak contohnya di bawah ini!

Tedy: Do you like spicy food, Hani?

Hani: I used to like spicy food, but not anymore.

Tedy: Why? What happened?

Hani: I could eat spicy food until I got an appendicitis.

Tedy: Oh, I’m so sorry to hear that.

Hani: No problem. I can still eat spicy food, but not too often.



Sampai sini, kamu paham ya bedanya penggunaan can dan could dalam showing ability? Keduanya, punya arti yang sama. Bedanya, can digunakan untuk menyampaikan kemampuan di masa kini, sedangkan could untuk kemampuan yang pernah kita punya di masa lalu, ya.

perbedaan can dan could dalam showing ability

Oke, selesai sudah bahasan kali ini mengenai perbedaan penggunaan can dan could dalam showing ability. Semoga kedepannya kamu nggak merasa bingung lagi, ya. Nah, kalau kamu mau belajar bahasa Inggris biar tambah jago, kamu bisa gabung di English Academy, lho! Di sana, kamu bakal diajar oleh para pengajar internasional yang keren banget. Tunggu apalagi? Klik banner di bawah ini untuk informasi lebih lanjut, ya!

New call-to-action

Profile

Hani Ammariah

Anaknya seneng ngitung, tapi nggak perhitungan. Dulu pernah kuliah di Institut Pertanian Bogor jurusan Matematika. Sekarang jadi tukang nulis a.k.a Content Writer di Ruangguru.

Beri Komentar