Belajar Unreal Conditional Sentences dari Berimajinasi | Bahasa Inggris Kelas 12

Unreal Conditional Sentences

Artikel Bahasa Inggris kelas 12 ini membahas mengenai definisi unreal conditional sentences beserta cara penggunaannya.

--

Kamu pernah nonton Avengers: Endgame? Inget nggak sama adegan Captain America melawan Thanos? Salah satu adegan yang bikin tercengang, waktu Captain America ngambil palunya Thor dan memanggil petir untuk menyerang Thanos. Keren banget, kan pertarungannya!

contoh kalimat conditional sentence type 2(Sumber: giphy.com)

 

Kamu tahu nggak, ternyata adegan-adegan keren yang kita lihat di film Avengers: Endgame, bahkan semua adegan di film Marvel bermula dari imajinasi Stan Lee. Kamu tahu siapa dia? Yap! Sang pembuat komik Marvel

Bayangkan, betapa hebatnya sebuah imajinasi yang kemudian berubah menjadi film dan menciptakan karakter-karakter pahlawan super, sampai bisa menginspirasi banyak orang untuk berbuat kebaikan.

Dalam berimajinasi, kita sering membayangkan hal-hal yang unik, ya. Saking uniknya, hal tersebut nggak bakal terjadi di kehidupan nyata. Contohnya kayak imajinasi pahlawan super tadi. Nah, dalam bahasa Inggris, kita bisa menyampaikan imajinasi yang kita pikirkan menggunakan Unreal Conditional Sentences.

 

Pengertian Unreal Conditional Sentences

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Unreal Conditional Sentences adalah tipe Conditional Sentences yang digunakan untuk menyatakan situasi atau kondisi yang tidak nyata atau tidak mungkin terjadi. Contohnya seperti di film Avengers tadi.

Pengertian Unreal Conditional Sentences

Baca Juga: Mengenal Kalimat Present Conditional

 

Tipe-Tipe Unreal Conditional Sentences

Kalau kamu sudah baca artikel tentang Contoh Kalimat If Clause pada Conditional Sentences, kamu pasti tahu bahwa Unreal Conditional Sentences merupakan tipe kedua dan ketiga pada Conditional Sentence. Nah, di artikel ini, kita akan bedah masing-masing tipenya secara rinci. So, simak baik-baik supaya kamu paham, ya!  

 

1. Second Conditional

Second Conditional menyatakan situasi yang bertentangan dengan kenyataan di masa sekarang, dan hampir tidak mungkin terjadi. Gampangnya sih, kamu mengkhayalkan sesuatu yang nggak bakal terjadi di waktu sekarang, maupun masa yang akan datang.

Misalnya, sekarang kamu lagi berandai-andai nih, “Duh, kalau gue punya kekuatan super kayak Captain America, gue mau melindungi negara gue dari para penjahat, ah!”. Kenyataannya, hal itu nggak bakal mungkin terjadi, dong. Nah, dalam bahasa Inggris, kalimat tersebut bisa kamu buat dengan pola seperti ini:

Nah, setelah mengetahui rumus yang harus dipakai, coba perhatikan gambar di bawah ini, untuk kamu belajar agar bisa menggunakan unreal conditional sentences dengan baik dan tepat.

rumus second conditional - Unreal Conditional Sentences

 

Biasanya nih, pada Unreal Conditional, kita juga diminta untuk menyampaikan faktanya. Untuk fakta dari kalimat Second Conditional, kita gunakan Simple Present Tense. Kenapa? Karena pada Second Conditional, pengandaiannya terjadi di waktu sekarang (present). Nah, fakta pada contoh kalimat di atas adalah “gue nggak punya kekuatan super kayak Captain America”. Jadi, “I don’t have a superpower like Captain America”.  

 

2. Third Conditional

Kalau Third Conditional menyatakan situasi yang bertentangan dengan kenyataan di masa lalu. Jadi, bedanya ada di keterangan waktunya, ya. Second Conditional itu menyatakan situasi yang bertentangan dengan kenyataan di masa sekarang, sedangkan Third Conditional itu menyatakan situasi yang bertentangan dengan kenyataan di masa lampau.

Contohnya gini, hari ini kamu ada ulangan Matematika. Sayangnya, semalam kamu nggak belajar dengan maksimal, sehingga hasil yang kamu dapatkan kurang memuaskan. Akhirnya nggak lulus, deh. Dalam bahasa Inggris, kalimat tersebut bisa kamu buat dengan pola seperti ini:

rumus third conditional - Unreal Conditional Sentences

 

Untuk pernyataan faktanya, karena pada Third Conditional, pengandaiannya terjadi di waktu lampau, maka kita menggunakan Simple Past Tense. Jadi, fakta kalimat di atas, bisa kita buat, “I didn’t study hard, and I didn’t pass the exam”. Paham ya, guys?

penggunaan kata had dan would

 

Contoh Percakapan dengan Unreal Conditional Sentences

Nah, setelah mengetahui rumus yang harus dipakai, coba perhatikan gambar di bawah ini, agar kamu bisa menggunakan Unreal Conditional Sentences dengan lebih baik dan tepat.

Contoh Percakapan dengan Unreal Conditional Sentences

 

Gimana nih? Sudah bisa, kan menggunakan bahasa Inggris untuk menyampaikan imajinasimu? Jadi penasaran deh, dengan apa yang kamu bayangkan. Tulis di kolom komentar, ya! Jangan lupa pakai bahasa Inggris, agar pengetahuan yang baru kamu dapatkan bisa segera kamu gunakan.

Apa itu imajinasi?

 

Kalau kamu masih ingin tahu cara berbicara bahasa Inggris yang lebih lengkap? Cobain gabung ke English Academy, yuk! Solusi belajar bahasa Inggris yang terjangkau dengan pengajar asing native speaker yang kece abis! Nah, daripada penasaran, langsung gabung sekarang juga, ya!

English Academy

 

Artikel ini pertama kali dibuat oleh Muhammad Azka Rais dan diperbarui oleh Hani Ammariah.

Profile

Hani Ammariah

Anaknya seneng ngitung, tapi nggak perhitungan. Dulu pernah kuliah di Institut Pertanian Bogor jurusan Matematika. Sekarang jadi tukang nulis a.k.a Content Writer di Ruangguru.