Mengenal Sequence Conjunction | Bahasa Inggris Kelas 11

Sequence Conjunction

Artikel Bahasa Inggris kelas XI kali ini akan membahas mengenai Sequence Conjunction. Termasuk di dalamnya pembahasan mengenai contoh kalimat dan jenis-jenisnya. 

Squad, sudah pernah baca dan belajar tentang explanation text, kan? Kalian sebelumnya pernah memperhatikan nggak, kalau di explanation text itu ada yang namanya sequence conjunction? Wah wah, apa lagi tuh, ya? Nah, sequence conjunction ini adalah kata hubung yang digunakan untuk menjelaskan urutan-urutan kejadian yang ada dalam sebuah explanation text. Wah wah wah, seperti apa sih contohnya? Nah, seperti ini contohnya!

Baca Juga: Apa Itu Causality Conjunction?

  • First, the hurricanes happen when the oceans have been warmed during summer months.
  • In the beginning, the harvesters travel through the cocoa orchards with machetes and hack the pods gently off of the trees.
  • Next, the pulp is sent through filters.
  • After that, you can buy minnows, night crawlers, redworms and crickets at a bait shop.
  • Finally, the thunderstorm grows when it is helped by the released heat from the condensation.

Coba, sekarang perhatikan kata yang dicetak tebal dan diberi warna abu-abu. Kalian menyadari nggak sih, kalau kata-kata tersebut menjelaskan urutan kejadian? Meskipun diambil dari explanation text yang berbeda-beda, tapi yang harus kalian perhatikan penggunaan contoh-contohnya supaya urutannya jelas, ya! Oh iya, sequence conjunction ini berfungsi untuk mengetahui kejadian mana yang berlangsung terlebih dahulu, supaya kamu nggak bingung bacanya dan tertukar-tukar urutannya. Kira-kira, apa lagi ya contoh sequence conjunction yang lain? Yuk, simak gambar di bawah ini!

Example of Sequence Conjunction

Sekarang, coba buat contoh explanation text lengkap dengan sequence conjunctionnya, yuk! Kalau sudah selesai, coba tulis di kolom komentar, ya. Kamu ingin belajar lebih lanjut lagi supaya yakin? Yuk, belajar bersama guru privat terbaik di ruangles! Kamu bisa pesan guru privat sesuai dengan kriteriamu dan gurunya tersebar di seluruh Indonesia, lho! Kuy, pesan sekarang!

IDN CTA Blog ruangles-2 Ruangguru

Artikel ini terakhir diperbarui tanggal 15 Desember 2020.

Referensi:

Priyana, Joko. 2008. Interlanguage English for Senior High School Students XI. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Embun Bening Diniari