5 Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

motivasi siswa

Dalam artikel ini akan diinformasikan cara meningkatkan motivasi belajar pada siswa. Semoga bisa menjadi alternatif untuk Bapak/Ibu Guru dalam kegiatan belajar mengajar.

Sebagai seorang guru, tidak hanya berkewajiban mentransfer ilmu pengetahuan kepada siswa, tapi juga harus bisa menjadi motivator belajar untuk siswa. Terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini, siswa tentunya membutuhkan penyemangat belajar selain dari orang tuanya di rumah. Dengan berubahnya kegiatan belajar yang tadinya dilaksanakan dengan tatap muka lalu berubah menjadi daring, menjadi tantangan tersendiri bagi para guru.

Adanya pandemi ini menuntut para guru untuk bisa memanfaatkan teknologi secara apik. Buntut dari ketidakcakapan guru dalam menggunakan teknologi untuk belajar dari rumah (BDR) mengakibatkan penurunan keaktifan siswa. Dikhawatirkan, penurunan keaktifan siswa tersebut bisa menjadi salah satu indikator motivasi belajar siswa menurun.

Oleh karena itu, guru harus bisa mengembangkan cara meningkatkan motivasi belajar pada siswa. Nah, di artikel ini mungkin bisa menjadi alternatif untuk hal tersebut. Ada pun informasi dalam artikel ini dirangkum dari Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Kemendikbud, Provinsi Lampung.

 

1. Tingkatkan Kualitas Guru

Guru menjadi pioner dalam proses kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu, sebagai seorang guru harus secara sadar diri terus melakukan peningkatan kualitasnya. Tidak hanya berbicara soal kualitas mengajar pada mata pelajaran yang diampu, lebih dari itu, guru juga dituntut berkualitas dalam aspek psikologis anak. Hal ini sangat penting, demi terwujudnya motivasi belajar siswa yang tinggi. Tentunya Bapak/Ibu Guru bisa melakukan peningkatan kualitas dengan mengikuti berbagai macam seminar ya.

 

Ilustrasi guru yang mengikuti seminar daring

Ilustrasi guru yang mengikuti seminar daring (sumber: tomsguide.fr)

 

2. Maksimalkan Fasilitas Pembelajaran

Untuk membangun motivasi belajar siswa, Bapak/Ibu Guru harus bisa memaksimalkan fasilitas belajar yang tersedia. Di saat masa PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) seperti ini, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyalurkan bantuan kuota internet. Selain itu, Bapak/Ibu Guru juga sangat dianjurkan menggunakan sarana dan prasarana penunjang kegiatan belajar yang bisa memotivasi siswa. Anda bisa menggunakan layanan LMS (Learning Management System) yang bisa melayani Anda Live Teaching (mengajar secara virtual).

 

3. Pilih Metode Pembelajaran yang Tepat

Sebagai seorang guru, memang harus pandai dalam memilih metode belajar yang tepat. Pemilhan metode belajar ini bisa menjadi tolok ukur apakah siswa merasa jenuh dalam kegiatan belajarnya atau bahkan merasa antusias dengan metode yang Bapak/Ibu Guru terapkan. Anda bisa menerapkan metode belajar diskusi secara langsung melalui aplikasi belajar atau membagi siswa dalam beberapa kelompok guna memudahkan siswa dalam memahami materi.

 

4. Memanfaatkan Media Belajar

Media belajar yang menarik dan kreatif bisa menjadi daya tarik siswa untuk belajar. Dengan media yang demikian itu, fokus siswa dalam belajar bisa ditingkatkan. Ada pun media belajar yang bisa menjadi alternatif untuk menunjang kegiatan belajar siswa bisa berupa video belajar beranimasi atau website belajar online. Jika Anda menggunakan platform LMS untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, pastikan platform tersebut menyediakan layanan video belajar dengan animasi untuk membantu penjelasan yang Anda sampaikan.

Baca Juga: 5 Manfaat Menggunakan Learning Management System

 

5. Lakukan Evaluasi Pembelajaran

Evaluasi pada setiap kegiatan pembelajaran mutlak sangat perlu untuk dilakukan. Hal ini bertujuan melihat efektivitas kegiatan belajar tersebut sudah efektif atau belum. Evaluasi ini bisa dilakukan dengan menganalisis nilai yang diperoleh siswa dari soal atau tugas yang Bapak/Ibu Guru berikan.

 

memotivasi belajar siswa

Itu tadi 5 cara meningkatkan motivasi belajar pada siswa yang bisa Bapak/Ibu Guru terapkan. Anda bisa memaksimalkan fasilitas belajar dan media belajar sekaligus dalam satu layanan LMS (Learning Management System) dari Ruangguru secara gratis yakni ruangkelas.

Di ruangkelas, nantinya Bapak/Ibu Guru bisa mendapatkan berbagai macam manfaat untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Mulai dari melakukan live teaching, pemberian materi dengan video animasi, analisis nilai siswa, hingga berdiskusi bersama siswa. Semua bisa diakses di ruangkelas secara gratis. Daftar sekarang juga dan permudah kegiatan belajar mengajar secara daring.

ruangkelas guru

 

Sumber Referensi

Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Online Akibat Pandemi COVID-19. Ferismayanti, M.Pd. lpmplampung.kemdikbud.go.id (daring). Tautan: http://lpmplampung.kemdikbud.go.id/po-content/uploads/Meningkatkan_Motivasi_Belajar_Siswa_pada_Pembelajaran_Online_Akibat_Pandemi_COVID-19.pdf (diakses 24 November 2020)

Bantuan Kuota Data Internet 2020. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. kemendikbud.go.id (daring). Tautan: https://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/ (diakses 24 November 2020)

 

Sumber Foto

Ilustrasi guru mengikuti seminar daring. Tautan: https://www.tomsguide.fr/zoom-des-appels-detournes-vers-des-serveurs-chinois-le-service-de-visio-nous-espionne-t-il/

Photo by Emile Rose
https://www.pexels.com/id-id/foto/aktif-bagus-berlari-cantik-2062815/

Photo by Cottonbro
https://www.pexels.com/id-id/foto/meja-tulis-buku-catatan-catatan-sekolah-4769464/

Tedy Rizkha Heryansyah