Bedah Jurusan Matematika: Apakah Cuma Sekadar Ngitung?

Jurusan Matematika

Artikel ini mengulas tentang jurusan matematika, apa saja yang dipelajari, prospek kerja, dan daftar kampus yang memiliki akreditasi A.

Siapa nih yang saat mendengar kata Jurusan Matematika langsung mengernyitkan dahi? Salah satu problem besar orang Indonesia, kata dia, pada saat disodorkan kata “matematika”, langsung beranggapan bahwa itu sama dengan hitungan.

Padahal, matematika adalah tentang logika dan konsistensi logika kita. Matematika adalah soal kesepakatan. Kita sepakat satu tambah satu sama dengan dua kalau kita lagi ngomongin sistem bilangan persepuluhan. Kalau bilangan biner? Satu tambah satu sama dengan nol.

Sujiwo Tejo, budayawan asal Indonesia, mengaku mendapatkan “pengetahuan” soal matematika ketika berkuliah di ITB. Meski tidak sampai lulus, Sujiwo Tejo mengaku matanya terbuka dan jadi punya pandangan yang berbeda terhadap dunia berkat matematika.

Jadi ada apa sama Jurusan Matematika di kampus? Kenapa dia menyadarkan kita dalam membentuk kerangka berpikir? Emang belajar apa, sih, di sana? Kampus mana lagi selain ITB yang jurusan matematikanya cihuy?

Oke. Marihas. Mari kita bahas.

 

Mengenal Jurusan Matematika

Jurusan Matematika adalah ilmu yang mempelajari tentang angka dan kombinasi antara matematika murni dan terapan. Kamu akan belajar banyak tentang teori matematika secara mendalam seperti aljabar, geometri, statistika, komputasi, aktuaria, hingga matematika diskrit.

Perbedaan Matematika di Sekolah dengan Bangku Kuliah

Sebagaimana perbedaan belajar di kuliah dan sekolah Indonesia, pengajaran di sekolah-sekolah biasanya lebih fokus ke “menyuguhkan berbagai informasi”. Definisi ini dan itu. Rumus anu dan ono. Di sisi lain, jurusan Matematika di kampus mengajarkan kita soal “why”. Tentang mengapa sebuah hal bisa terjadi dan tentang “how”. Bagaimana ilmu-ilmu yang kita pelajari saling berhubungan satu sama lain.

Pola pikir ini, sih, yang kayaknya secara nggak langsung ngebentuk kita sebagai anak sekolahan auto panik kalau ngomongin matematika, fisika, dan berbagai pelajaran lain yang mereka-bilang-banyak-ngitung-itu. Kadang masalahnya nggak berhenti sampai di situ. Mereka yang terperangkap sama kerangka berpikir ini jadi menganggap orang yang demen matematika, atau mapel hitungan, sebagai murid yang aneh dan freak. Padahal, mah, biasa aja dong weeey.

Kita emang nggak bisa nyalahin kurikulum seratus persen. Situasi ruang kelas yang nggak fun juga bisa ngebuat orang-orang tumbuh dengan mindset kayak gini. Banyak yang menyayangkan kondisi kelas saat mereka sekolah dan baru sadar kalau matematika ternyata nggak sekaku itu. Kalau nggak salah, di ruangbaca juga ada, kok, tulisan tentang solusi untuk menghadapi ulangan matematika. Coba aja kamu baca.

Baca Juga: Jurusan Peternakan: Profil, Mata Kuliah, dan Prospek Kerja

 

Mata Kuliah Jurusan Matematika

Nah, buat kamu yang demen ngotak-ngatik dan memang tertarik di jurusan matematika, kita awali dari mata kuliah ya. Beberapa mata kuliah yang bakal kamu pelajari kalau kuliah di jurusan matematika adalah ini:

mata kuliah Jurusan Matematika

Materi yang akan kamu pelajari adalah campuran antara matematika murni dan aplikasi. Beberapa di antaranya juga merupakan matkul yang mengasah logika kayak Algoritma dan Pemrograman.

Semasa kuliah, kamu bakalan nemuin dari mana, sih, datangnya rumus-rumus yang didapatin sewaktu sekolah. Belajar teori, serta pembuktian dari teorema-teorema dalam matematika.

Berhubung matematika terkenal “keras”, nggak jarang anak matematika sering kumpul. Nggak, mereka kumpul bukan buat ngomongin indonesia, politik, dan kebijakan kayak anak Hubungan Internasional.

Baca Juga: Jurusan Hubungan Internasional: Stereotip dan Dunia Perkuliahan

 

Dunia Perkuliahan di Jurusan Matematika

Anak matematika sering ngumpul buat belajar bareng. Saling bantu satu sama lain buat ngerjain tugas atau persiapan ujian. Secara gitu, mau gimana juga ini tetep matematika. Kalau lagi buntu, kita butuh orang lain untuk dapatin “insight” yang sebelumnya nggak kepikiran.

Anak matematika tuh punya support system yang asik banget. Kamu nggak akan dipandang aneh kalo lagi demen belajar. Orang-orang di sekitar malah ikut semangat juga buat ngejar dan saling sharing.

Kalau di UI, sebagai mahasiswa baru, kamu akan mendapat kakak asuh yang selisihnya dua tahun di atas kamu. Tujuannya, untuk mempererat hubungan sesama anak matematika dan sharing soal jurusan Matematika.

Baca juga: Kupas Tuntas Jurusan Kedokteran Gigi

 

Peminatan Jurusan Matematika

Ada beberapa peminatan di jurusan Matematika. Di UI, peminatannya terbagi menjadi 3. Matematika murni, riset operasi, dan komputasi. Di sisi lain, IPB punya 4 yaitu matematika murni, pemodelan, riset operasi, serta keuangan dan aktuaria. ITB lain lagi. Ada 5 bidang keahlian yang bisa kamu pilih. Mulai dari aljabar, kombinatorika, analisis dan geometri, statistik, serta matematika industri dan keuangan.

Meski keliatannya beda-beda, kita bisa membagi matematika jadi beberapa aja. Matematika murni (yang belajar aljabar, geometri, dan pembuktian teorema di matematika), pemrograman (belajar ngoding tapi dengan teorema matematika), riset operasi (belajar penggunaan model matematika yang optimal. Contoh kasarnya, kamu kerja di perusahaan mobil. Kamu pengin bikin mobil yang bisa nampung orang banyak/kuat, tapi juga tetap ngebut. Nah, desain mobilnya pake model matematika).

Prospek Kerja Lulusan dari Jurusan Matematika

Udah kebayang, kan, bagaimana belajar di jurusan matematika. Sekarang kita bahas pertanyaan sepanjang masa:

ANAK MATEMATIKA KERJANYA APAAN? NGAJARIN SEMPOA?

Tenang wey, tenang. Jangan ngegas.

Pertama, tidak semua kampus punya ini, maka bersyukurlah bagi kamu yang minat ke jurusan Matematika di ITB. Di sana, sewaktu semester 6, kamu akan mendapat mata kuliah Karir dalam Matematika.

Mata kuliah itu adalah semacam sharing session dengan para alumni dan pekerjaannya sekarang. Kamu jadi bisa ngebayangin mau kerja ke mana dan di bagian apa.

Karena matematika itu soal bepikir, ada banyak hal yang bisa dijamah kamu coba. Bagi mereka yang ngambil matematika murni, tentu besar peluangnya jadi dosen dan peneliti. Data analyst dan data scientist, salah satu profesi yang paling dicari di Indonesia ini juga bisa kamu coba. Biasanya, sih, mereka berasal dari peminatan riset operasi.

Kamu anak matematika yang senang ngoding? Masa depanmu menjadi programmer akan terbuka. Bahkan, salah satu penulis kami, Hani Ammariah, merupakan lulusan matematika murni dari IPB. Kamu bisa baca tulisan-tulisan Hani di sini.

Pilihan Kampus dengan Jurusan Matematika

Nah, daritadi pasti kamu sudah baca kan beberapa kampus yang membuka jurusan Matematika ini. Supaya lebih detail, lihat daftar kampus dengan Akreditasi A berikut ini.

  • Universitas Gadjah Mada
  • Universitas Diponegoro
  • Institut Teknologi Bandung
  • Universitas Padjadjaran
  • Institut Pertanian Bogor
  • Universitas Indonesia
  • Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Universitas Negeri Malang

 

kampus dengan Jurusan Matematika

Semoga tulisan ini ngebuka mata kamu soal jurusan Matematika ya. Yang udah minat jadi makin yakin, dan yang ragu jadi bisa nentuin. Tentunya, kamu butuh persiapan yang matang supaya bisa diterima di jurusan Matematika. Maka, jangan lupa pakai ruangbelajar untuk memperdalam materi pelajaranmu ya!

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Kresnoadi