Apa Itu Class Meeting? Penting Nggak Sih Diadakan Setelah Ujian?

apa itu class meeting?

Setelah selesai ujian sekolah/PAT minggu lalu, biasanya sekolah akan mengadakan class meeting, nih. Apa yang dimaksud dengan class meeting? Seberapa penting class meeting itu diadakan, sih? Yuk, cari tahu di artikel ini!

 

Fyuhh…

Penilaian Akhir Tahun (PAT) akhirnya sudah selesai dilaksanakan. Gimana perasaan kamu setelah melewati ujian semester kemarin? Harusnya sih, kalau kamu belajar dengan tekun, terus sering-sering menjawab latihan soal yang disediakan di blog Ruangguru, kamu nggak perlu khawatir lagi ya dengan nilai PAT kamu nantinya. Hehehehe

Nah, biasanya, di beberapa sekolah itu setelah PAT akan diadakan class meeting. Kamu tahu nggak class meeting itu apa?

 

Apa itu Class Meeting?

Kalau dilihat dari arti bahasa Inggrisnya, class meeting adalah pertemuan antar kelas, ya. Secara lebih lengkap, class meeting merupakan kegiatan yang mempertemukan siswa-siswa antar kelas dalam bentuk lomba atau pertandingan. Agenda class meeting dilaksanakan secara rutin setiap tahun di akhir semester. Biasanya, kegiatan ini diselenggarakan oleh guru atau OSIS.

 

Tujuan Class Meeting

Menurut kakak sih, class meeting itu salah satu kegiatan yang membangun kebersamaan antarteman.

Yakin kak kebersamaan, bukan bersaing antar teman bahkan antar kelas?”

voli classmeeting sma

Class meeting pertandingan voli (sumber: smanjenangan.sch.id)

 

Oke… oke… nggak dipungkiri juga saat pertandingan class meeting, akan memunculkan perselisihan antar kelas. Misal, kelas IPA 2 melawan IPS 1. Biasanya, kalau ada hubungannya sama bidang olahraga, yang jago itu anak-anak IPS. Anak-anak IPA bakal ngebales kekalahannya lewat pertandingan cerdas cermat. Betul nggak?

Tapiiii, sebenarnya, jiwa-jiwa saling bersaing atau saling bales antara anak IPA dan IPS, hanya muncul saat class meeting berlangsung saja, ya. Istilahnya tuh terbawa suasana. Setelah itu, bakal akur lagi. Bahkan, bisa jadi kamu menambah teman baru dari kompetisi ini.

Baca Juga: 7 Ide Kegiatan Liburan Seru di Rumah Bersama Keluarga

Nah, secara umum, acara class meeting itu memiliki dua tujuan utama, yaitu:

1. Mengisi Jadwal Kosong

Begini teman-teman, setelah penilaian akhir semester itu selesai, maka selesai pula kegiatan belajar mengajarnya. Maksudnya, kegiatan belajar di semester itu ya. Bukan selesai belajar selamanya.

meme lucu spongebob dan tuan crab

 

Tapi, dengan selesainya kegiatan PAT itu, nggak serta merta tugas bapak dan ibu guru kamu juga selesai. Bapak dan ibu guru harus merekap dan memasukkan nilai selama satu semester yang sudah kamu lalui. Nah, proses pengisian nilai itu membuat bapak dan ibu guru harus fokus dan nggak bisa mengisi kelas. Otomatis bakalan banyak jam kosong di kelas, kan?

Oleh karena itulah diadakan class meeting. Biasanya sih class meeting dilaksanakan selama 2 atau 3 hari. Ketimbang di kelas nggak ada kegiatan, mending diadain kegiatan yang berfaedah dong.

contoh kegiatan classmeeting

Contoh kegiatan classmeeting (sumber: mamhtraso.com)

2. Menjalin Komunikasi Siswa dan Guru

Mending ngaku deh, kamu tuh di kelas ada geng-geng gitu nggak? Misal, geng pecinta Kpop, geng Sobat Ambyar, atau bahkan geng cowok/cewek keren di sekolah. Biasanya, di tiap kelas gitu ada, sih. Nah, dengan adanya class meeting ini diharapkan para geng-geng itu berbaur. Bahkan kalau bisa jangan ada geng lagi ya.

Class meeting bertujuan agar komunikasi sesama siswa, baik teman sekelas atau yang berbeda kelas pun terjalin lebih intensif. Oleh karenanya, kegiatan yang sering diadakan class meeting itu tentang perlombaan kan? Nggak mungkin dong ada lomba tapi nggak saling bertegur sapa.

Tujuan class meeting

 

Manfaat Class Meeting

Oke, sampai ini, apakah menurutmu class meeting penting dilakukan? Selain mengisi jam kosong dan menjalin komunikasi, agenda class meeting juga punya banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan, loh!

1. Melihat Bakat Siswa

Dalam perlombaan class meeting, biasanya ketua kelas akan mengajak berdiskusi untuk menunjuk siapa saja siswa yang akan menjadi perwakilan kelas. Tidak menutup kemungkinan kalau seluruh siswa dituntut untuk berpartisipasi, ya. Dari sini, sekolah jadi bisa melihat bakat-bakat kamu atau teman-temanmu yang tidak terekspos saat masa pembelajaran berlangsung.

Kaget nggak kalau ternyata teman sekelasmu ada yang jago membaca puisi? atau bernyanyi? atau membuat desain baju kelas? Padahal, kalau di kelas, kesannya pendiam atau biasa-biasa saja. Nah, lewat class meeting, bakat-bakat ini akan terlihat dan bisa dikembangkan, sehingga mampu menghasilkan prestasi yang membanggakan untuk sekolah.

2. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Selanjutnya, class meeting juga dapat mengasah kepercayaan diri siswa, loh! Gimana nggak semakin pede, kalau satu kelas akan mendukung kamu untuk jadi juara. Hehehe… Bisa jadi, kalau kamu orangnya pemalu, setelah ikut ajang class meeting, pelan-pelan kamu akan berubah menjadi orang yang lebih berani dan banyak teman lagi.

3. Refreshing Setelah Ujian

Sehabis ujian, kamu butuh hiburan nggak sih? Class meeting bisa kamu jadikan kegiatan untuk menghilangkan penat setelah berminggu-minggu sebelumnya belajar keras untuk ujian, loh! Euphoria class meeting yang seru, penuh canda dan tawa, setidaknya bisa menyegarkan pikiran dan membuatmu istirahat sejenak dari lelahnya masa-masa ujian.

Baca Juga: Kenapa Harga Tiket Pesawat dan Kereta Semakin Mahal saat Musim Liburan?

 

Ide Kegiatan Class Meeting

Kegiatan lomba class meeting biasanya terbagi menjadi dua bidang, yaitu akademik dan nonakademik. Nah, buat kamu yang sedang mencari ide-ide menarik untuk perlombaan class meeting, berikut kakak kasih rekomendasinya:

  • 1. Lomba sepak bola
  • 2. Lomba futsal
  • 3. Lomba basket
  • 4. Lomba voli
  • 5. Lomba badminton
  • 6. Lomba tenis meja
  • 7. Lomba tarik tambang
  • 8. Lomba soft ball
  • 9. Lomba aerobik
  • 10. Lomba dance
  • 11. Lomba catur
  • 12. Lomba desain kelas
  • 13. Lomba menyanyi
  • 14. Lomba membaca puisi
  • 15. Lomba membuat poster
  • 16. Lomba membuat video/vlog
  • 17. Lomba fotografi
  • 18. Lomba membuat cerpen
  • 19. Lomba menggambar/melukis
  • 20. Lomba pidato
  • 21. Lomba fashion show
  • 22. Lomba stand up comedy
  • 23. Lomba cerdas cermat
  • 24. Lomba debat Bahasa Indonesia/Bahasa Inggris
  • 25. Lomba karya ilmiah

 

Oke deh, itulah penjelasan mengenai pengertian class meeting, tujuan, manfaat, hingga beberapa rekomendasi ide lomba class meeting yang menarik untuk dilaksanakan. Ingat ya, kalau class meeting sudah selesai, ya selesai juga persaingannya. Jangan karena timnya atau kamu kalah, terus sampai terbawa emosi ke luar lingkungan sekolah. Kan nggak lucu kalau ada sesama siswa dari sekolah X saling terlibat perkelahian.

Nah, buat kamu yang akan memasuki masa-masa class meeting, selamat menikmati class meeting ya dan bersainglah secara sehat!

Malam minggu nonton wayang golek

Wayang golek disusun berjajar

Kalau nilai raport semester ganjil kamu jelek

Saatnya semester depan langganan ruangbelajar

IDN CTA Blog ruangbelajar for desktop Ruangguru

Tedy Rizkha Heryansyah